Pengertian, Bagian-Bagian Otak Beserta 9 Fungsinya Menurut Para Ahli Biologi Secara Lengkap

Pengertian, Bagian-Bagian Otak Beserta Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap – Pada kesempatan sebelumya sudah membahas perihal organ mata, organ jantung, organ hati, organ lambung, dan organ paru-paru. Pada kesempatan kali ini akan mengulas organ yang lain nya yaitu pengertian otak, bagian-bagian otak beserta fungsinya. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.

Pengertian Otak

Otak ialah sebuah sentra sistem saraf pada vertebrata serta banyak beberapa invertebrata lainnya. Otak insan yaitu struktur sentra pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc serta terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mempunyai fungsi untuk mengatur serta dalam mengkordinir sebagian besar sebuah gerakan, perilaku, dan juga dalam fungsi tubuh homeostasis contohnya yaitu mirip detak jantung, keseimbangan cairan tubuh, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Otak insan mempunyai tanggung jawab terhadap pengaturan semua tubuh serta pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat korelasi yang akrab antara otak dan pemikiran. Otak serta sel saraf yang ada didalamnya dipercayai mensugesti kognisi manusia. Pengetahuan perihal otak bisa mensugesti perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab dalam fungsi yaitu mirip emosi, pengenalan, pembelajaran motorik ingatan, serta segala bentuk pembelajaran yang lainnya. Otak memiliki beberapa fungsi, yaitu :

  • Sebagai sentra regulasi yang sebagian dari tindakan yang dialami 
  • Otak sebagai sentra pengatur suatu organ-organ tubuh.
                

 

 

Bagian-Bagian Otak

1. Otak Besar (Cerebrum)
Sesuai dengan namanya, otak besar ialah sebuah bab yang terbesar pada organ otak. Otak besar ialah suatu bab yang membedakan antara otak insan dengan otak binatang. Dengan otak besar, insan bisa berpikir, mengendalikan pikiran, berbicara, mengingat, dan bahkan berbicara. suatu kecerdasan seseorang juga turut diukur berdasarkan sebuah kemampuan otak besar.
Otak besar terbagi menjadi beberapa bab yang menyusunnya, yaitu :
  • Lobus Frontal, ialah sebuah bab otak besar yang menduduki suatu bab terdepan dari sturktur otak besar. Lobus temporal mempunyai korelasi dengan perilaku manusia, mirip kemampuan dalam bergerak, kognitif, perencanaan, penyelesaian masalah, kreativitas, sentra control perasaan, seks, dan dalam kemampuan berbahasa.
  • Lobus Parietal, yaitu sebuah bab otak besar yang berada di tengah. Lobus Parietal yang berafiliasi dengan sebuah proses sensorik tubuh berupa tekanan, sentuhan, rabaan, dan lain sebgainya.
  • Lobus Occipital, yaitu suatu bab otak besar yang berada paling belakang. Bagian otak besar ini mempunyai sebuah korelasi dengan penglihatan (visual) manusia, yang sehingga tubuh bisa membedakan segala hal yang dilihat oleh sebuah mata.
  • Lobus temporal, yaitu suatu bab otak besar yang berada di bab samping kiri dan kanan otak. Lobus temporal yang berafiliasi dengan bunyi (verbal) manusia, sehingga dengan adanya sebuah lobus temporal ini, insan bisa berbicara serta membedakan banyak sekali bahasa yang digunakan.

2. Otak Kecil (Cerebellum)
Otak kecil ialah suatu bab otak yang berada di bawah lobus occipital otak besar, yang tepatnya di bab belakang kepala, dan otak kecil ini berafiliasi dengan leher bab atas. Otak kecil mempunyai korelasi dengan suatu fungsi gerakan manusia, mirip dalam mengontrol gerakan manusia, mengontrol gerak koordinasi antar otot, untuk mengatur keseimbangan tubuh, dan untuk mengatur sikap dan posisi tubuh. Tanpa adanya suatu otak kecil, maka bisa dibayangkan betapa sengsaranya hidup manusia. Gerakan akan menjadi tidak terkoordinasi dengan baik, yang sehingga menimbulkan seseorang tidak bisa menggunakan fungsi otot-ototnya untuk melaksanakan aktivitas.

3. Batang Otak (Brainsteam)
Batang otak yaitu suatu bab otak yang tidak kalah penting dengan otak besar dan otak kecil. Batang otak berada di leher bab atas dan memanjang hingga hingga ke sumsum tulang belakang manusia. Batang otak untuk mengatur fungsi dasar manusia, mirip dalam mengatur proses pernapasan, proses denyut jantung, serta proses kerja ginjal, dan hal lain yang vital bagi manusia. Oleh karena itu, di dalam medis dikenal dengan mati batang otak, yaitu sebuah keadaan cederanya batang otak yang menimbulkan orang tersebut mati biologis.
Batang otak terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

  • Otak Tengah (Mesencephalon), ialah suatu bab batang otak yang menjadi penghubung antara sebuah otak besar dan otak kecil. Otak tengah yang berafiliasi dengan sebuah proses penglihatan pada manusia.
  • Medulla Oblongata, ialah suatu titik awal dimulainya suatu saraf yang akan menuju ke tulang belakang yang sehingga seterusnya akan dilanjutkan ke seluruh tubuh. Medulla oblongata yang berafiliasi dengan pengontrolan sebuah fungsi otomatis pada organ-organ manusia.
  • Pons, yaitu sebuah bab batang otak yang terletak di bawah pada medulla oblongata dan untuk mengatur serta meneruskan segala informasi ke bab otak yang lain.
4. Sistem Limbik
System limbic ialah suatu bab otak yang terletak di tengah-tengah otak. Komponen sistem limbic yaitu hipotalamus, thalamus, amigdala, korteks limbic, dan hippocampus.
System limbic ialah suatu bab otak yang berafiliasi dengan alam sadar manusia. yaitu mirip Pusat emosi, sentra data, sentra haus, sentra lapar, sentra dorongan seks, dan lain sebagainya. Bahkan LeDoux mengistilahkan system limbic sebagai wadah duduk segala nafsu manusia, sebagai daerah penghargaan, kejujuran, dan daerah bermuaranya sebuah cinta dan benci.

 

Struktur Otak

Otak insan terbentuk melalui dua buah sel, yaitu sel glia dan sel neuron. Glia ialah sebuah sel untuk melindungi neuron, atau bisa disebut jugs dengan sel pelapis neuron. Sedangkan pada sebuh sel neuron yaitu sel saraf yang membawa sebuah informasi yang diperlukan tubuh ke otak. Neorun membawa informasi tersebut ke dalam bentuk potensial aksi.

Antara neuron yang satu dengan neuron yang lain saling berafiliasi yang  sehingga bisa diibaratkan sebagai rantai yang tidak pernah terputus. Neuron yang satu akan membawa sebuah informasi yang berupa potensial agresi ke neuron yang lainnya dengan turut serta membawa sebuah materi kimia yang disebut dengan sebuah neurotransmitter. Neurotransmitter ini dibawa dan dikirimkan melalui sebuah sinapsis (sebuah celah antara neuron). Manusia atau bahkan makhluk hidup lain memiliki ratusan bahkan jutaan neuron yang saling terkait untuk membawa semua macam informasi ke otak.

 

Fungsi Otak

    Tanpa adanya organ otak, insan tidak bisa hidup dan berkembang. Hal ini dikarenakan fungsi otak sangat penting bagi tubuh. Berikut fungsi otak manusia, antara lain yaitu :
    • Otak memiliki fungsi sebagai sebuah sentra regulasi guna melaksanakan sebuah acara seperti, yaitu kognisi, dalam menyelesaikan masalah, untuk merangsang kreativitas manusia, dalam membuat perencanaan, untuk mengontrol perasaan, dalam berbahasa secara umum, dalam memperlihatkan penilaian, dan lain sebagainya.
    • Fungsi otak sebagai alat sensor terhadap suatu perasaan, misalnya mirip tertekan, untuk merespon segala sentuhan, tekanan, serta dalam menghasilkan rasa sakit.
    • Sebagai sebuah Alat dalam menerjemahkan sebuah lisan yang sehingga bisa mendengar, menangkap serta memaknai sebuah informasi dan bisa menangkap bahasa dalam bentuk suara.
    • Sebagai Pusat dalam mengatur semua gerakan koordinasi antar otot pada tubuh dan pengaturan dalam sebuah keseimbangan, yang sehingga seseorang dapat untuk bergerak dan tidak terjatuh.
    • Sebagai sentra masuknya semua informasi visual untuk diterjemahkan ke dalam sebuah bentuk penglihatan yang sesuai dengan bentuk aslinya.
    • Otak mempunyai fungsi sebagai penerjemah visual manusia, mirip dalam membesarkan atau mengecilkan sebuah pupil mata, yang menggerakkan bola mata, serta untuk mengatur gerakan tubuh manusia.
    • Sebagai dalam pengontrolan terhadap fungsi otomatis otak, contohnya mirip untuk mengatur detak jantung, mengatur sebuah pernafasan, mengatur sirkulasi peredaran darah, serta dalam mengatur sebuah sistem pencernaan.
    • Untuk penjaga tubuh baik itu dalam keadaan tertidur maupun dalam keadaan sedang terjaga.
    • Otak juga Menghasilkan sebuah perasaan, emosi, menciptakan rasa lapar, dalam pengaturan sebuah produksi hormon, untuk merangsang sebuah perasaan senang, menciptakan rasa haus, mengatur metabolisme tubuh, memelihara homeostasis, serta dalam mengatur memori jangka panjang manusia.

      Salah satu organ yang sangat penting didalam tubuh insan karena berperan dalam sentra regulasi untuk melaksanakan sebuah acara atau bergerak, kognisi, bisa membuat perencanaan, bisa menyelesaikan masalah, untuk memperlihatkan penilaian, merangsang sebuah kreativitas pada manusia, mengontrol perasaan, serta untuk mengontrol perilaku yang berafiliasi dengan seksual dan juga bisa berbahasa secara umum. Itulah ulasan perihal Pengertian, Bagian-Bagian Otak Beserta 9 Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.

      Baca juga :