Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Organ Pada Manusia dan Hewan

Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Organ Pada Manusia dan Hewan – Organ-organ insan tidak jauh beda dengan organ hewan. Untuk itu disini akan mengulas ihwal pengertian, bagian-bagian organ pada insan dan hewan, dan banyak sekali fungsi yang ada di organ pada insan dan hewan. biar menambah wawasan para pembaca setia. Mari simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Organ Pada Manusia dan Hewan

Organ merupakan kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuksatu kesatuan untuk melaksanakan fungsi tertentu. Organ pada insan dan hewan antara lain, mata, paru-paru, jantung, hati, lambung, telinga, dan kulit. setiap organ memiliki fungsi nya masing-masing.

Bagian-Bagian Organ Pada Manusia dan Hewan

1. Mata
Mata berfungsi untuk melihat. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf.
2. Paru-Paru
Paru-paru berfungsi sebagai alat pernafasan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf.

3. Jantung
Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah supaya beredar ke seluruh tubuh. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot jantung., jaringan pengikat, dan jaringan saraf.

4. Hati
Hati berfungsi sebagai kawasan menunjukkan racun yang terbentuk dalam tubuh. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot, jaringan pengikat, dan jaringan saraf.

5. Lambung
Lambung merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan otot polos, dan jaringan pengikat.

6. Telinga 
Telinga berfungsi sebagai alat pendengaran dan keseimbangan tubuh. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.

7. Kulit
Kulit berfungsi sebagai pelindung badan dan pengaturan suhu. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.