Pengertian, Bagian-Bagian, dan 10 Fungsi Hati Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap

Pengertian, Bagian-Bagian, dan Fungsi Hati Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap – Semua organ insan memiliki fungsinya masing-masing. sebelumnya kita sudah membahas ihwal organ lainnya ibarat Organ Jantung, dan organ Paru-Paru. Pada kali ini kita akan membahas ihwal organ Hati, untuk itu mari simak ulasan dibawah berikut. 


Pengertian Hati

Hati yakni suatu kelenjar terbesar dan organ penting dalam tubuh,  yang berwarna merah kecoklatan, yang memiliki banyak fungsi, termasuk dalam membantu suatu pencernaan makanan dan membantu metabolisme zat gizi dalam sistem pencernaan, serta dalam menetralkan racun.

Hati insan cukup umur yang normal mempunyai berat sekitar 1,4 Kg atau sekitar 2.5% dari berat tubuh. Letaknya yang berada di adegan teratas rongga abdominal, disebelah kanan, dibawah diagfragma dan menempati hampir semua adegan dari hypocondrium kanan dan sebagian epigastrium abdomen. Permukaan atasnya berbentuk cembung dan berada dibawah suat diafragma, permukaan bawahnya tidak rata dan membentuk lekukan fisura transverses. Permukaannya dilapisi suatu pembuluh darah yang keluar masuk hati.

Bagian-Bagian Hati  

1. Lobus Kiri, yaitu adegan sebelah kiri
2. Lobus Kanan, yaitu adegan sbeelah kanan
3. Kapsula Hepatis yang sering disebut selaput pelindung hati
4. Suatu saluran-saluran yg menghubungkan dengan hati, yaitu :
a. Portal triad yang terdiri dari 3 susukan yaitu:
  • yang pertama Kapilari portal hati. Fungsinya membawa darah dari suatu vena portal hepar ke sebuah lobus hati.
  • Yang kedua Arteri hati yang fungsinya membekalkan darah beroksigen kepada sebuah lobus-lobus hati.
  • Dan yang terakhir Duktus hempedu yg fungsinya membawa suatu cairan empedu dari lobus ke sebuah pundi empedu untuk disimpan.
b. Vena hati yang fungsinya membawa sebuah darah terdeoksigen dari hati. vena hati terdiri dri dua yaitu 1. vena hati kanan dan 2. vena hati kiri. Kedua vena ini tersambung terus dengan sebuah vena kava inferior 

Fungsi-Fungsi Hati

1.Menetralkan racun (detoksifikasi)
Hati Mampu menghilangkan sebuah racun yang masuk ke dalam darah dengan suatu cara membersihkannya terhadap sebuah zat-zat yang berbahaya. Contohnya alkohol dan obat-obatan yang di minum baik secara sengaja ataupun tidak sengaja.

2. Metabolisme karbohidrat 

Metabolisme karbohidrat yaitu sebuah Glukosa dan monoksarida lain ibarat galaktosa dan fluktosa yang diubah ke glikogen. Glikogen yakni karbohidrat yang pembentukannya dari ratusan unit glukosa yang terikat secara bersama. Keuntungan menyimpan suatu karbohidrat menjadi glikogen yakni untuk memudahkan dalam menghasilkan energi, produksi energi yang tinggi, dan tidak mengganggu kandungan dari suatu cairan antarsel.
 
3 Membantu membuang zat bilirubin 
Zat Bilirubin yakni zat yang tidak baik untuk badan sehingga harus dibuang melalui sebuah sistem ekskresi.

4. Melancarkan Metabolisme lemak Dalam Tubuh

Hati juga memiliki fungsi untuk mengeluarkan lemak, lemak akan keluar dikala diperlukan badan dari sebuah daerah penyimpanannya lalu  diangkut melalui darah menuju ke hati dan dipecah menjadi sebuah asam lemak dan gliserol

5. Sebagai Tempat Untuk Pembentukan dan Pembongkaran Sel Darah Merah 

Dalam jangka 6 bulan kehidupan janin, hati akan menghasilkan sebuah sel darah merah yang berangsur-angsur diambil alih oleh sebuah sumsum tulang yang dimana terdiri dari 3 juta sel darah yang melewati hati yang akan dihancurkan dalam setiap detiknya. dan suatu zat yang masih terdapat dalam darah akan digunakan untuk membentuk sel darah merah yang baru.

6. Metabolisme protein 

Fungsi untuk metabolismekan protein, yaitu Terdapat asam amino yang tidak diperlukan oleh badan yang akan dikeluarkan dalam bentuk urea dan asam urat yang melalui sel hati ke dalam darah untuk diekresi oleh ginjal dan selanjutnya dibuang melalui urine.

7. Untuk penyimpanan banyak sekali zat
 
Hati juga memiliki fungsi untuk daerah dalam penyimpanan banyak sekali suatu zat ibarat lemak, glikogen, vitamin A, B12, D, dan K, serta zat besi.

8.Sintetis kolesterol dan protein plasma 

Hati juga memiliki fungsi untuk dapat mensintetis koleterol, steroid, dan produk protein plasma yang misalnya prtorombin, fibrinogen, dan sebagian besar globulin.

9. Menghasilkan suatu zat yang dapat melarutkan sebuah lemak
Hati juga menghasilkan sekitar 0,5 – 1 liter suatu cairan empedu dalam setiap hari. Cairan empedu tersebut akan melarutkan sebuah lemak yang ada didalam usus.

10. Untuk Mengatifkan vitamin DHati juga salah satu yang berperan dalam mengaktifkan vitamin D, sama ibarat ginjal.


Hati merupakan salah satu organ petning insan oleh sebab itu jaga lah organ Hati mu dengan baik. Itulah penjelasan ihwal Pengertian, Bagian-Bagian, dan 10 Fungsi Hati Menurut Para Ahli Biologi Terlengkap. Semoga apa yang dijelaskan diatas bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan nya. Sekian dan terimakasih.


Baca juga :