Pengertian Antigen dan Antibodi

Hai teman semua, kali ini aku akan membahas perihal Pengertian Antigen dan Antibodi kepada teman semua. Materi biologi ini akan teman dapatkan ketika duduk kursi kelas 11 atau kelas 2 SMA/MA. Nah antigen dan antibodi memiliki kekerabatan dengan sistem pertahanan badan manusia.

Mengapa antigen dan antibodi penting bagi pertahanan tubuh? Untuk tahu jawabannya, silahkan baca dan pahami artikel dari aku ini.

pengertian antigen dan antibodi

Antigen dan Antibodi

  • Antigen
Antigen adalah substansi kimia yang dapat merangsang respons imun dan dapat bereaksi dengan antibodi. Substansi kimia yang termasuk antigen dibedakan menjadi 2, yaitu imunogen (substansi kimia yang dapat merangsang respons imun) dan hapten (substansi kimia yang dapat bereaksi dengan antibodi).

Ada beberapa macam antigen antara lain sebagai berikut :
  1. Berdasarkan kandungan materi kimianya dibedakan menjadi 4, yaitu antigen yang mengandung protein, antigen yang mengandung karbohidrat, antigen yang mengandung lipid, dan antigen yang mengandung asam nukelat.
  2. Berdasarkan spesifikasinya dibedakan menjadi 5, yaitu alloantigen, xenoantigen, heteroantigen, antigen organ spesifik, dan autoantigen.
  3. Berdasarkan determinannya dibedakan menjadi 4, yaitu unideterminan, univalen; unideterminan, multivalen; multideterminan, univalen; dan multideterminan, multivalen.
  4. Berdasarkan ketergantungan pada sel T dibedakan menjadi 2, yaitu T dependen dan T independen.
  • Antibodi
Antibodi merupakan protein serum yang mempunyai respons kekebalan pada tubuh. Antibodi mengandung imunoglobulin (Ig) yang dibentuk oleh sel plasma (proliferasi sel B) alasannya yakni adanya kontak dengan antigen atau rangsangan oleh antigen. Ada beberapa macam imunoglobulin (Ig) antara lain IgG, IgA, IgM, IgE, dan IgD.

Nah sekian artikel dari aku mengenai antigen dan antibodi, supaya bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ke sobat-sobat lainnya ya, alasannya yakni satu share teman sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog kita tercinta ini, .