Pengertian, 4 Macam, Fungsi, dan Manfaat Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Pengertian, 4 Macam, Fungsi, dan Manfaat Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli Secara Lengkap – Setelah sebelumnya sudah membahas perihal lembaga pendidikan, lembaga sosial, dan lembaga keluarga, selanjutnya akan membahas perihal lembaga keuangan. Untuk itu mari simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Lembaga Keuangan Secara Umum

Lembaga keuangan ialah suatu tubuh usaha yang mengumpulkan suatu asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pendanaan suatu proyek pembangunan serta aktivitas ekonomi dengan memperoleh hasil dalam bentuk bunga sebesar presentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan.

Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli

1. Pasal 1 UU No. 14/1967 dan diganti dengan UU No. 7/1992
Menurut Pasal 1 UU No. 14/1967 dan diganti dengan UU No. 7/1992 menyatakan bahwa lembaga keuangan ialah suatu tubuh ataupun lembaga yang kegiatannya untuk menarik hasil dana dari masyarakat yang kemudian menyalurkannya kepada masyarakat kembali.

2. keputusan SK Menkeu RI no. 792 Th 1990
Menurut keputusan SK Menkeu RI no. 792 Th 1990menyatakan bahwa lembaga keuangan ialah semua tubuh usaha yang berada di suatu bidang keuangan yang melaksanakan penghimpunan dana, menyalurkan dana kepada masyarakat yang paling utama dalam menunjukkan biaya investasi pembangunan.

3. kasmir (2005:9)
Menurut kasmir menyatakan bahwa Lembaga keuangan ialah untuk semua perusahaan yang berada dibidang keuangan dimana suatu kegiatannya, ataukah hanya menghimpun dana atau hanya untuk menyalurkan dana atau mungkin kedua-duanya.

4. Dahlan Siamat
Menurut Dahlan Siamat menyatakan bahwa lembaga keuangan ialah suatu tubuh usaha yang kekayaannya terutama yaitu dalam berbentuk suatu aset keuangan yang dibandingkan dengan suatu aset nonfinansial atau aset Riil.
5. Ahmad Rodoni
Menurut Ahmad Rodoni menyatakan bahwa Lembaga keuangan ialah suatu tubuh usaha yang kekayaannya terutama didalam suatu bentuk-bentuk aset keuangan ( Financial assets) maupun non-finansial asset.


Macam-Macam Lembaga Keuangan Beserta Fungsinya

1. Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi simpan pinjam ialah suatu lembaga keuangan bukan bank yang berbentuk suatu koperasi yang kerjaannya di bidang perkreditan, yaitu untuk mendapatkan simpanan uang dan untuk meminjamkan modal pada anggota. 
Fungsi Koperasi Simpan Pinjam
  • Sebagai pendorong aktivitas menabung atau menyimpan uang di kalangan anggota
  • Sebagai pendorong yang melayani anggota yang membutuhkan pinjaman
  • Sebagai pembimbing anggota biar memanfaatkan uang pemberian untuk aktivitas yang produktif.
2. Perum Pegadaian 
Perum pegadaian ialah suatu lembaga keuangan bukan bank dalam bentuk perusahaan yang dimiliki pemerintah yang usahanya untuk melayani kepentingan umum yang membutuhkan pemberian uang dalam modal kecil dengan jaminan berupa barang yang mempunyai nilai harga.

Fungsi pegadaian ialah untuk lembaga pemberi kredit kepada rakyat dalam jumlah kecil dengan memperoleh suatu imbalan berupa bunga dan peminjam harus menunjukkan jaminan berupa barang.
 

3. Perusahaan asuransi
Perusahaan asuransi ialah suatu perusahaan yang memberi jaminan atau pertanggungan kepada nasabah yang mengalami suatu kerugian sesuai dengan surat perjanjian ( polis ), jikalau terjadi suatu kejadian yang menjadikan suatu kerugian, Contohnya kebakaran, kecelakaan, meninggal dunia, dan lain sebagainya. Uang pertanggungan yang dibayarkan oleh nasabah dinamakan yaitu premi. 
Fungsi Perusahaan Asuransi yaitu Untuk menunjukkan jaminan kepada nasabah dalam kehidupan jikalau terjadi yang menjadikan suatu kerugian.
 
4. Dana pensiun 
Dana Pensiun ialah suatu perusahaan yang diperoleh melalui suatu pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama seseorang masih aktif dalam bekerja, dana tersebut akan dikembalikan jikalau pegawai yang bersangkutan sudah pensiun. Dengan adanya suatu lembaga yang mengelola dana pensiun tersebut, maka pegawai yang sudah tidak aktif bekerja lagi alasannya ialah sudah mencapai usia tertentu mampu memenuhi suatu kebutuhan uang dari dana pensiun. Perusahaan yang mengelola dana pensiun ialah P.T. Taspen ( Tabungan Asuransi Pensiunan )

Manfaat Lembaga Keuangan 

  • Perusahaan Pegadaian untuk menunjukkan peminjaman kepada yang memerlukan dana
  • Untuk menunjukkan jaminan suatu risiko yang mungkin terjadi yang sesuai dengan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Untuk menunjukkan suatu kesejahteraan kepada karyawan perusahaan yang terutama yang telah pensiun
  • Untuk menunjukkan suatu pemberian kepada masyarakat dalam hal pendanaan suatu aktivitas konsumsinya.
  • Untuk menunjukkan suatu manfaat kepada semua anggota dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha.
Pada zaman sekarang masyarakat tidak lepas dari suatu lembaga keuangan alasannya ialah masyarakat membutuhkan lembaga keuangan untuk meminjam dan menjamin kehidupan masyarakat itu sendiri. Itulah penjelasan tentang  Pengertian, 4 Macam, Fungsi, dan Manfaat Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli Secara Lengkap. Semoga apa yang telah diulas diatas bermanfaat bagi ang membtuhkannya. Sekian dan terimakasih.