Pengertian, 11 Jenis, Ciri-Ciri, dan Unsur-unsur Novel Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Sastra Terlengkap

Pengertian, 11 Jenis, Ciri-Ciri, dan Unsur-unsur Novel Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Sastra Terlengkap – Novel ?? bagi para remaja wanita sudah tidak abnormal lagi yang nama nya novel, alasannya dikalangan remaja wanita,  Membaca novel menjadi favorit bagi kaum remaja wanita dalam mengisi luang saat bosan. Pada kesempatan kali ini akan membahas perihal pengertian novel, Jenis-jenis novel, dan unsur-unsur novel beserta contohnya. Untuk itu mari lah simak ulasan dibawah berikut.

Pengertian Novel 

Novel ialah suatu karya fiksi prosa yang ditulis dengan secara naratif dan biasanya ditulis dalam sebuah bentuk cerita. Kata novel berasal dari bahasa Italia yaitu “novella” yang artinya sebuah kisah atau sepotong cerita. Penulis novel disebut dengan novelis. Isi dalam sebuah novel lebih panjang dan lebih kompleks dari isi cerpen, serta tidak ada sebuah batasan struktural dan sajak. Pada umumnya sebuah novel bercerita perihal suatu tokoh-tokoh dalam kehidupan sehari-hari dan beserta semua sifat, watak dan tabiatnya. Untuk lebih meyakinkan lagi perihal pengertian novel disini akan menjabarkan definisi pengertian novel menurut para ahli.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

1. Drs. Jakob Sumardjo
Menurut Drs. Jakob Sumardjo menyatakan bahwa Novel ialah sebuah bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk sastra yang satu ini paling banyak beredar dan dicetak, alasannya daya komunitasnya yang sangat luas dalam masyarakat.

2. Drs. Rostamaji, M.Pd dan Agus Priantoro, S.Pd 

Menurut Rostamaji dan Agus menyatakan bahwa Novel ialah suatu karya sastra yang mempunyai dua unsur, yaitu: intrinsik dan ekstrinsik yang dimana keduanya saling berafiliasi alasannya mempunyai pengaruh dalam sebuah karya sastra.

3. Paulus Tukam, S.Pd

Menurut Paulus Tukam menyatakan bahwa Novel adalah  suatu karya sastra yang berbentuk suatu prosa dan memiliki sebuah unsur-unsur intrinsik didalamnya.

4. Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd, Dra. Abdul Roni, M. Pd

Menurut pendapat mereka, novel ialah sebuah bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat sebuah nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan moral.

Jenis-jenis Novel

 1.  Berdasarkan aktual atau tidaknya sebuah cerita, novel terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
  • Novel fiksi, Jenis novel yang satu ini yaitu yang sesuai dengan namanya,novel ini berkisah perihal hal yang fiktif dan tidak pernah terjadi, tokoh, alur maupun latar belakangnya hanya sebuah rekaan penulis saja. contohnya: Film Twillight dan film Harry Potter
  • Novel non fiksinovel ini kebalikan dari sebuah novel fiksi yaitu sebuah novel yang mencritakan perihal hal yang aktual yang sudah pernah terjadi, biasanya jenis novel ini berdasarkan sebuah pengalaman seseorang,dan kisah aktual atau berdasarkan sejarah. contohnya: Film Laskar Pelangi
2. Jenis novel berdasarkan genre cerita, jenis novel ini di bagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
  • Novel romantic jenis novel yang satu ini bercerita perihal seputar percintaan dan kasih sayang dari awal hingga akhir. contohnya : Pada film Ayat Ayat Cinta, Gita Cinta dari SMU
  • Novel horror jenis novel yang satu ini mempunyai dongeng perihal yang menegangkan, angker dan pastinya membuat para pembaca novel ini berdebar debar, pada umumnya novel ini bercerita perihal hal hal yang mistis atau seputar dunia gaib. contohnya : Film Bangku Kosong, Hantu Rumah Pondok Indah. dan lain sebgainnya
  • Novel misteri jenis novel ini cerita nya lebih rumit alasannya dongeng jenis novel ini akan menjadikan rasa penasaran hingga selesai cerita. contohnya: Jenis-jenis Novel karangan Karen Rose dan Agatha Christie
  • Novel komedi Jenis novel yang satu ini sesuai dengan namanya, jenis novel ini mengandung sebuah unsur kelucuan atau membuat orang tertawa dan benar benar tertidur. contohnya : Novel Masuk Masukin Saja, Kambing Jantan, 30 Hari Mencari Cinta, dan lain sebgainya.
  • Novel Inspiratif jenis novel yang satu ini yang ceritanya bisa menginspiri banyak orang, pada umumnya novel ini sarat akan sebuah pesan moral atau pesan yang tersirat tertentu yang bisa di ambil oleh sih pembaca sehingga pembaca merasa menerima suatu dorongan dan motivasi untuk melaksanakan suatu hal yang lebih baik. contohnya : Novel Negeri  5 Menara, Laskar Pelangi, dan lain sebgainya.
3. Jenis novel berdasarkan isi,tokoh dan pangsa pasar
  • Teenlit berasal dari sebuah kata teen yang artinya remaja dan lit dari kata literature yang artinya sebuah goresan pena /karya tulis. Jenis novel ini berceritakan perihal seputar permasalahan para remaja, pada umumnya, perihal duduk perkara percintaan atau persahabatan. Tokoh dan target pasar novel ini ialah pada anak usia remaja, usia yang di anggap labil dan mempunyai banyak permasalahan. contohnya: pada novel Me vs Heighells, Dealova, dam lain sebgainya.
  • Chicklit chick ialah bahasa slang dari amerika yang artinya wanita muda, jadi jenis novel yang satu ini menceritakan perihal seputar kehidupan atau permasalahan yang di alami oleh seorang wanita muda pada umumnya. Jenis buku novel ini bahwasanya bisa di nikmati oleh siapa saja, namun umumnya dongeng dari novel ini lebih kompleks, rumit bahkan kadang mengandung sebuah unsur cukup umur yang tidak terlalu mudah di tangkap oleh sih pembaca usia remaja. contohnya : Pada novel Miss Jutek, Testpack, dan lain sebagainya.
  • Songlit jenis novel yang satu di tulis berdasarkan sebuah lagu contohnya ruang rindu, di mana judul novel ini ialah judul sebuah lagu ciptaan band letto yang berasal dari band indonesia yang terkenal lewat sebuah lagu ini yang menjadi soundtrack sinetron intan yang melambungkan nama naysila mirdad dan dude harlino menjadi artis sinteron, novel jenis ini bisa di nikmati oleh siapa saja baik remaja maupun orang dewasa.
  • Novel dewasa novel jenis ini tentu saja hanya di peruntukkan hanya bagi orang cukup umur alasannya umumnya menceritakan perihal seputar percintaan yang mengandung sebuah unsur sensualitas orang dewasa. contohnya : pada novel Saman dan Larung penulis Ayu Utami

Ciri-ciri Novel

  • Mempunyai Jumlah katanya lebih dari 35.000 buah.
  • Mempunyai Jumlah waktu rata-rata nya  yang dipergunakan dalam membaca sebuah novel yang paling pendek memakan waktu nya minimal 2 jam atau 120 menit.
  • Mmepunyai Jumlah halaman novel nya minimal 100 halaman.
  • Novel bergantung pada pelaku dan mungkin bisa lebih dari satu pelaku.
  • Dalam Novel menyajikan lebih dari satu impresi, efek dan emosi.
  • Mempunyai Skala novel nya luas.
  • Pada Seleksi dalam novel lebih luas.
  • Pada Kelajuan dalam novel kurang cepat.
  • Mempunyai sebuah unsur-unsur kepadatan dan intensitas dalam sebuah novel kurang diutamakan.

Unsur-Unsur Novel

1. Unsur Intrinsik 
Unsur interinsik ialah sebuah unsur yang membangun sebuah karya atau karangan novel yang dari dalam yang akan mewujudkan suatu struktur karya sastra, yang seperti: tema, tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, sudut pandang, gaya bahasa yang digunakan dan amanat.
  • Tema ialah pokok dari sebuah permasalahan yang terdapat pada sebuah dongeng didalam novel yang dibuat
  • Penokohan ialah sebuah perlindungan watak atau yang disebut abjad pada sebuah pelaku yang ada dialam sebuah cerita. Para pelaku atau tokoh bisa diketahui dari suatu karakternya yaitu dari ciri fisik, bertindak, maupun dari lingkungan daerah tinggal.
  • Alur ialah suatu rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya sebuah dongeng novel. Alur bisa dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: Alur maju atau progresif yaitu jikalau dalam ceritanya bergerak secara beraturan dengan berdasarkan urutan dari suatu kronologis menuju sebuah alur cerita, dan sedangkan pada alur mundur atau flashback progresif, yaitu: jalan ceritanya terjadi alasannya ada sebuah kaitannya dengan peristiwa yang sedang berlangsung.
  • Gaya Bahasa ialah sebuah alat utama pengarang dalam menggambarkan atau melukiskan serta menghidupkan sebuah dongeng secara estetika. Jenis dari gaya bahasa ini yaitu sebagai berikut:
    • Personifikasi, ialah salah satu gaya bahasa yang menggambarkan atau mendeskripsikan macam-macam sebuah benda mati yaitu dengan cara menunjukkan banyak sekali macam sifat mirip manusia.
    • Simile atau perumpamaan, ialah salah satu gaya bahasa yang menggambarkan sesuatu dengan perumpamaan atau pengibaratan.
    • Hiperbola, ialah salah satu gaya bahasa yang menggambarkan sebuah dongeng dengan cara berlebihan dengan tujuan menunjukkan efek yang berlebihan pula.

     

  • Latar / Setting Latar ialah sebuah penggambaran akan terjadinya sebuah peristiwa dalam sebuah dongeng yang meliputi yaitu waktu, tempat, sosial budaya, dan juga pada keadaan lingkungan.
  • Sudut Pandang Bisa disimpulkan bahwa sudut pandang ialah sebuah penempatan diri pengarang dan juga cara pengarang dalam melihat banyak sekali macam sebuah kejadian dalam dongeng yang diceritakan atau dipaparkannya.
  • Amanat Amanat ialah sebuah pesan yang disampaikan yang terdapat pada sebuah dongeng dalam novel.

2. Unsur Ekstrinsik  
Unsur eksterinsik ialah sebuah unsur yang membangun dari luar sebuah karya sastra (novel), mirip pada sebuah aspek ekonomi penulis, budayanya, agama, latar belakang penulis, pendidikan penulis, dan lain sebgainya
  • Pada kapankah karya sastra itu dibuat.
  • Unsur latar belakang pada kehidupan si pengarang.
  • Unsur latar belakang sosial pada sih pengarang.
  • Haru ada Biografi Pengarang.
  • Sejarah dan lian-lain.
Novel merupakan salah satu karya tulis dalam bentuk dongeng dan tidak jarang novel ini dijadikan film layar lebar. Itulah penjelasan perihal Pengertian, Jenis-Jenis, Ciri-Ciri, dan Unsur-unsur Novel Beserta Contohnya Menurut Para Ahli Bahasa Terlengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca sekian dan terimkasih.


Baca juga :