Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Online Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2016

Sahabat Kepala Sekolah maupun pembaca blog guru-id yang sedang berbahagia. Sudah tahukah anda jikalau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sudah mempubikasikan agenda gres untuk kepala Sekolah/Madrasah yaitu Pembelajar moda dalam jejaring yang merupakan salah satu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Tahun 2016. pkbks.kemdikbud.go.id merupakan alamat resmi dari agenda PKB online bagi kepala Sekolah yang mampu di susukan secara online. nah, kali ini admin akan membahas sedikit perihal Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). berikut tampilan website PKB online moda pembelajar dari yang admin maksud.

gambar tampilan website Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Online kepala Sekolah

Apa itu PKB KS/M moda daring?

Kepala sekolah/madrasah (KS/M) memiliki peran yang sangat strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan terutama berkaitan dengan upaya pengembangan sekolah/madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 13 Tahun 2007 perihal Standar KS/M menetapkan dimensi kompetensi yang harus dimiliki oleh KS/M dalam menjalankan peran dan fungsinya (tusi). Tusi KS/M semoga dapat dijalankan dengan baik, maka kompetensi KS/M harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan kompetensi KS/M dapat diperoleh melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berdasarkan isyarat Dirjen GTK istilah PKB KS/M diubah menjadi KS/M Pembelajar. Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 menjelaskan bahwa KS/M harus melaksanakan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan dan berbasis kebutuhan.

Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah (Dit. Pembinaan Tendik dan Dikdasmen), sebagai koordinator dan sekretariat yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) pada agenda peningkatan kompetensi bagi KS/M terus berupaya mendorong pelaksanaan acara KS/M Pembelajar. Salah satu upaya tersebut yaitu berbagi sistem KS/M Pembelajar Moda Daring. Selain itu Beberapa PPPPTK telah melaksanakan diklat dasar Literasi TIK, yang merupakan acara persiapan sebelum melaksanakan PKB online.

Demikian isu terkait Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Online Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2016. Berikutnya silahkan unduh Buku manual PKB kepala Sekolah Moda daring. Terima kasih