Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Geraknya

Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Bergerak – Salah satu cara basil bergerak yaitu dengan pemberian flagela. Flagela yaitu struktur embel-embel alat pada beberapa basil berupa bulu cambuk yang berfungsi sebagai alat gerak. Berdasarkan letak dan jumlahnya, basil dikelompokkan ke dalam 4 tipe, yaitu monotrik, lofotrik, amfi trik, dan peritrik. Perhatikan Gambar 1.

Salah satu cara basil bergerak yaitu dengan pemberian flagela Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Geraknya
Gambar 1. Berbagai tipe flagella basil (a) monotrik, (b) lofotrik, (c) amfitrik, dan (d) peritrik

Bakteri monotrik yaitu basil dengan satu flagela pada salah satu ujung tubuhnya. Apabila jumlah flagelanya lebih dari satu disebut lofotrik. Sedangkan bakteri amfitrik yaitu basil yang memiliki lebih dari satu flagela dan flagela-flagela tersebut terletak pada kedua ujung tubuhnya. Apabila flagela-fagela tersebut terdapat pada seluruh permukaan tubuhnya disebut peritrik.

Anda sekarang sudah mengetahui Pengelompokan / Klasifikasi Bakteri (Eubacteria) berdasarkan Cara Geraknya. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Widayati, S., S. N. Rochmah dan Zubedi. 2009. Biologi : SMA dan MA Kelas X. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 290.


Sumber http://www.nafiun.com/