Penemuan Fosil Dinosaurus Pemakan Daging di Cina

Penemuan Fosil Dinosaurus Pemakan Daging di Cina – Sisa fosil yang ditemukan oleh jago biologi dari George Washington University di tempat barat laut China, telah diidentifikasi sebagai spesies gres theropoda kecil, yaitu salah satu dinosaurus pemakan daging. Penemuan ini terjadi berkat penelitian yang dilakukan oleh James Clark, seorang Profesor Biologi, di Departemen Ilmu Biologi Universitas Kolumbia. Dr. Clark, bersama dengan rekannya, mahasiswa doktoral Yunus Choiniere dan tim peneliti internasional. Mereka menemukan spesimen dinosaurus ini di wilayah terpencil Xinjiang di Cina pada tahun 2006.
Pada makalah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Systematic Paleontology, Dr. Clark dan Choiniere menjelaskan mengenai rekonstruksi tengkorak, rahang bawah dan kerangka parsial dinosaurus. Theropoda jenis gres ini diperkirakan berukuran 1 meter sampai 3 meter dengan berat sekitar 3 pon.
Penemuan Fosil Dinosaurus Pemakan Daging di Cina Penemuan Fosil Dinosaurus Pemakan Daging di Cina
Fosil dinosaurus yang hidup pada masa jurassic awal dan diperkirakan berumur kurang dari satu tahun. (Credit: Photo courtesy of James Clark, George Washington University)
“Pada penemuan tersebut, awalnya kami hanya menemukan sebagian kecil dari kakinya saja yang kebetulan muncul di permukaan tanah” kata Dr Clark. “Selanjutnya, kami sangat terkejut alasannya ialah kami juga menemukan fosil tengkorak di area yang sama.”
Dinosaurus ini diberi nama Aorun zhaoi, nama ini diambil dari Raja Naga dari cerita epik Cina :Perjalanan ke Barat”. Dinosaurus ini belum tentu berukuran kecil, alasannya ialah Aorun masih muda dikala menjadi fosil.
“Kami bisa melihat rincian mikroskopis dari tulang Aorun dan hal ini menyampaikan bahwa dinosaurus ini berumur kurang dari setahun sudah ketika meninggal di tepi sungai,” kata Dr. Choiniere.
Dr. Choiniere, seorang peneliti senior di Evolutionary Studies Institute, Universitas Witwatersrand di Johannesburg, Afrika Selatan, ialah seorang mahasiswa doktor dalam bidang Biologi dikala penemuan itu dibuat. Dia juga merupakan anggota Kalbfleisch dan Gerstner Scholar di American Museum of Natural History.
Aorun hidup pada masa lebih dari 161 juta tahun yang lalu, di bab awal Periode Jurassic Akhir. Fosil giginya yang kecil dan banyak telah menyampaikan bahwa dinosaurus ini memangsa hewan-hewan kecil menyerupai kadal, mamalia dan buaya kecil.
Dinosaurus ini merupakan jenis gres theropoda kelima yang ditemukan di wilayah Wucaiwan oleh tim, yang dipimpin oleh Dr. Clark dan Dr Xu Xing dari Chinese Academy of Sciences.
Penelitian ini didanai oleh National Science Foundation Divisi Ilmu Bumi dan Chinese National Natural Science Foundation.

Referensi Jurnal :

Jonah N. Choiniere et al. A juvenile specimen of a new coelurosaur (Dinosauria: Theropoda) from the Middle–Late Jurassic Shishugou Formation of Xinjiang, People’s Republic of China A juvenile specimen of a new coelurosaur (Dinosauria: Theropoda) from the Middle–Late Ju. Journal of Systematic Palaeontology, 2013 DOI: 10.1080/14772019.2013.781067

Artikel ini merupakan bahan yang disediakan oleh George Washington University via Science Daily. (3 Mei 2013).


Sumber http://www.nafiun.com/