Pemberontakan APRA : Sejarah, Dampak dan Tujuan

Hai sob, kali ini saya mau share artikel perihal Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil). Nah bahan sejarah ini menjadi salah satu bahan penting alasannya ialah berkaitan dengan kelangsungan dari negara Indonesia itu sendiri.

Bagi teman yang sedang mencari isu perihal Pemberontakan APRA baik itu sejarah pemberontakan, Dampak Pemberontakan APRA dan juga tujuannya akan saya bahas secara terang dan pastinya mudah untuk dipahami, jadi eksklusif saja kita mulai artikel kali ini….

Baca Juga : Pemberontakan DI/TII di banyak sekali daerah

Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)

Pemberontakan APRA

Gerakan APRA muncul di kalangan KNIL yang mana dipimpin oleh Kapten Westerling. Gerakan ini dipelopori oleh golongan kolonialis Belanda yang ingin mengamankan ekonominya di Indoesia dan bermaksud utnuk mempertahankan kedudukannya di negara Pasundan.

Tujuan Gerakan APRA ialah untuk mempertahankan bentuk negara federal di Indonesia dan memiliki tentara sendiri bagi negara-negara RIS. APRA mulai melaksanakan pemberontakan-pemberontakan. Awalnya yaitu saat pada bulan Januari 1950, APRA mengajukan ultimatum kepada pemerintah Republik Indonesia dan negara Pasundan.

Isi dari ultimatum tersebut ialah tuntutan semoga APRA diakui sebagai tentara Pasundan dan keberadaa negara Pasundan tetap dipertahankan. Tidak hanya sebatas mengultimatum saja, APRA juga melaksanakan teror pada tanggal 23 Januari 1950 yaitu dengan menyerang markas Divisi Siliwangi di Bandung dan berhasil menguasainya. 79 orang anggota APRIS tewas termasuk Letnan Kolonel Lembong.

Dampak Pemberontakan APRA

Untuk mengakhiri pemberontakan APRA tersebut, pemerintah melaksanakan 2 cara, yaitu dengan melaksanakan tekanan terhadap pemimpin tentara Belanda dan melaksanakan operasi militer. Perdana Menteri RIS kala itu Moh. Hatta mengutus pasukannya ke Bandung dan mengadakan perundingan dengan komisaris tinggi Belanda di Jakarta. Hasilnya ialah Westerling didesak untuk segera meninggalkan kota Bandung dan pada karenanya Pemberontakan APRA berhasil di lumpuhkan.

Nah itu ia sejarah pemberontakan APRA, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya sob. Terima kasih.