Pemberontakan APRA, Latar Belakang dan Akhir

Bertemu lagi nih sob, kali ini aku akan mengembangkan bahan wacana ringkasan Pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil). Nah kita nanti akan mencari tahu, menyerupai apa latar belakang APRA ini dan juga selesai pemberontakan APRA itu sendiri.

Materi sejarah ini cukup penting untuk kita pahami, alasannya yakni didalamnya mengandung nilai-nilai penting yang mampu kita ambil dan kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. Makara berguru sejarah yakni hal yang wajib.

Pemberontakan APRA merupakan salah satu tragedi Politik dan Ideologis Nasional pada masa Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia. Perstiwa tersebut terjadi di kota Bandung tanggal 23 Januari 1950 yang dipimpin oleh Raymond Westerling dengan delapan ratus serdadu.

Latar Belakang Pemberontakan APRA

Latar Belakang Pemberontakan APRA
Latar belakang pemberontakan APRA ini sendiri alasannya yakni impian Belanda untuk mengamankan kepentingan ekonominya di Indonesia dan mempertahankan sedadu Belanda dalam sistem federal.
Serangan tersebut terjadi tanggal 23 Januari 1950, dimana pasukan APRA menyerbu anggota Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS/TNI). Markas Staf Divisi Siliwangi berhasil dikuasai oleh APRA dari serangan tersebut.
Jumlah anggota APRA sendiri waktu itu sekitar 150 orang, dan akhir serangan ke APRIS, membuat 79 tentara Apris meninggal dunia.
Hal tersebut pribadi mendapat respon dari pemerintahan Hatta, yaitu dengan mengadakan perundingan dengan Komisaris Tinggi Belanda dan mengirimkan pasukan ke kota Bandung untuk menghadapi serangan tersebut.
Setelah mengadakan perundingan tersebut, kesudahannya Komandan Tentara Belanda Mayor Jenderal Engels mendesak Westerling untuk segera meninggalkan Bandung. Dan pada akhirnya, APRA berhasil dilumpuhkan oleh APRIS yang dibantu oleh rakyat. Tindakan Westerling inilah yang mengakibatkan tinggina tuntutan rakyat untuk kembali ke bentuk negara Kesatuan.

Nah sekian artikel dari aku mengenai latar belakang pemberontakan APRA, supaya dengan adanya artikel peristiwa APRA ini mampu mencegah terjadinya pemberontakan-pemberontakan pada masa sekarang ini, supaya bangsa ini tetap aman dan damai.