Pantangan Makanan untuk Bayi bawah Satu Tahun

Pantangan Makanan untuk Bayi
Add caption

Bayi memang telah boleh diberikan makanan padat pendamping ASI mulai usia 6 bulan, namun selama usia belum lebih dari satu tahun, sebaiknya anda berhati-hati dalam memilik makanan. Jangan sembarangan memilih makanan padat untuk bayi, karena dapat menjadikan alergi atau gangguan kesehatan lainnya.

Adapun  beberapa makanan yang sebaiknya tidak diberikan sebelum usia bayi lebih dari satu tahun adalah:

  • Kacang, karena karena kacang ialah alergen yang paling umum. Akan lebih aman apabila menawarkan kacang atau makanan olahan dari kacang setelah usia bayi lebih dari satu tahun. Adapun gejala alergi pada bayi setelah mengkonsumsi kacang ialah munculnya ruam pada kulit.
  • Madu, tidak cocok untuk bayi dibawah satu tahun karena dapat menjadikan kondisi lengket di tenggorokan. Madu juga mengandung gula, yang tidak baik apabila bayi diberikan makanan yang terlalu manis sebelum berusia satu tahun. Spora Clostridium botulinum pada madu, dapat menjadikan botulisme pada bayi, dengan gejala sembelit, kurang nafsu makan, dan lesu.
  • Susu sapi, sulit dicerna oleh bayi dibawah satu tahun, bahkan kandungan protein dan mineral yang tinggi pada susu sapi dapat menekan ginjal bayi dan mengiritasi lambung dan usus. Kandungan zat besi dan vitamin C pada Susu sapi juga tidak cukup ibarat pada susu formula atau ASI. Sehingga memang lebih baik apabila susu sapi diberikan pada bayi berusia lebih dari satu tahun.
  • Gandum, dapat bersifat sebagai alergen, yang disebabkan karena adanya kandungan gluten pada gandum serta protein yang sulit dicerna oleh bayi. Hal ini dapat menjadikan ruam kulit, sembelit, diare, atau kesulitan tidur karena rasa tidak nyaman pada perut pada bayi bawah satu tahun.
  • Jus dalam kemasan, sangat tidak disarankan untuk bayi berusia di bawah 6 bulan, Hal ini karena jus instant atau jus dalam kemasan mengandung gula yang tidak menawarkan manfaat gizi yang tidak dapat Anda temukan dalam buah alami.
  • Putih telur, dapat memicu alergi pada bayi sehingga apabila ingin menawarkan telur kepada bayi berusia di bawah 1 tahun sebaiknya hanya kuning telurnya saja.   
  • Buah Stroberi, merupakan buah yang sehat karena mengandung antioksidan dan vitamin C yang baik dikonsumsi oleh seluruh anggota. Namun anda sebaiknya menghindarkan dari bayi, karena dapat buah ini bersifat asam dan dapat menjadikan alergen yang berpotensi menjadikan ruam atau reaksi alergi yang lain.
  • Coklat, mengandung kafein dan gula yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi bayi di bawah usia satu tahun.

Ringkasan:

  • Makanan padat pendamping ASI boleh diberikan kepada bayi setelah berusia 6 bulan,
  • Beberapa makanan padat sebaiknya dihindari untuk bayi karena dapat memicu terjadinya alergi,
  • Pantangan Makanan untuk Bayi diantaranya kacang-kacangan, Madu, Susu sapi, Gandum, Jus Instant, Putih telur, Stroberi dan Coklat.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *