Paham Ekonomi Kapitalisme, Pengertian, Ciri-ciri, Ideologi, Tokoh, Sejarah

Artikel dan Makalah ihwal Paham Ekonomi Kapitalisme, Pengertian, Ciri-ciri, Ideologi, Tokoh, Sejarah – Secara sederhana, kapitalisme yaitu sistem dan paham ekonomi yang modalnya (penanaman modal dan acara industrinya) bersumber pada modal langsung atau modal perusahaan swasta guna bersaing bebas di pasaran internasional atau nasional atau pun lokal. Kapitalisme merupakan respons terhadap merkantilisme yang menempatkan negara sebagai pemilik kekayaan negara. Kapitalisme, sebaliknya, menempatkan individu sebagai pemilik modal yang menguasai kekayaan alam. (Baca juga : Hubungan Antara Paham Rasionalisme, Merkantilisme, Revolusi Industri, Dan Kapitalisme)
Seorang kapitalis yaitu mereka yang memiliki modal (capital), biasanya berbentuk uang, guna menyebarkan usaha industrinya. Dalam istilah Karl Marx, kapitalis yaitu pemilik alat-alat industri atau mesin dalam tataran infrastruktur; dan seorang buruh/karyawan yang bekerja dalam perusahaan kapitalis maka dia memiliki hak atas alat-alat tersebut: dia hanya diharuskan bekerja dan mendapatkan upah atau gaji sebagai konsekuensi.
Paham kapitalisme ini bergandengan dekat dengan liberalisme, di mana pihak swasta atau partikelir diberikan kebebasan oleh negara untuk mengolah dan memperjualbelikan kekayaan alam. Dalam hal ini, pemerintah atau negara tak berhak ikut campur dalam mengatur kaum kapitalis-liberalis dalam memperkayai diri mereka. Tokoh-tokoh kapitalisme-liberalisme antara lain: Adam Smith, David Ricardo, Robert Malthus,dan John Locke.
Anda sekarang sudah mengetahui Kapitalisme. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :

Suwito, T. 2009. Sejarah : Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) Kelas XI. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 368.


Sumber http://www.nafiun.com/