Negara Indonesia Termasuk ke Benua Oseania Bersama Benua Australia

Jika kita melihat daftar negara-negara yang termasuk ke dalam benua oseania maka kita akan menemukan negara kita termasuk ke dalamnya.  Setahu kita negara kita berada di benua asia bahu-membahu dengan negara India, Thailand, Cina, Jepang, Arab Saudi, dan lain sebagainya.  Akan tetapi faktanya Indonesia juga masuk dalam daftar negara Oseania bersama dengan negara Australia, Papua Nugini, Selandia Baru, Fiji, dan lain-lain.

Daftar negara Benua Oseania berdasarkan isu di Wikipedia ialah Indonesia, Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Fiji, Palau, Kiribati, Kepulauan Marshall, Tuvalu, Tonga, Vanuatu, Kepulauan Solomon, Samoa, Nauru, dan Federasi Mikronesia.  Indonesia masuk ke dalam benua oseania alasannya ialah di Indonesia terdapat pulau di wilayah yang dikategorikan sebagai tempat Melanesia di benua oseania (jika oseania diartikan secara sempit).

Kepulauan Maluku dan Papua dimasukkan ke dalam zona oseania alasannya ialah antara Sulawesi dengan Kepulauan Maluku terdapat laut dalam sebagai pemisah benua.  Yaitu pemisah antara benua asia dengan benua oseania.  Dengan begitu maka Negara kita Negara Indonesia mampu masuk ke dua benua sekaligus, yaitu benua asia dan benua oseania.  Sesuatu hal yang cukup membanggakan di mana negara kita yang sangat luas ini ternyata punya beberapa fakta unik yang mampu membuat kita berdecak kagum.