Nanoflower Dan Kegunaannya Di Masa Depan

Nanoflower Dan Kegunaannya Di Masa Depan – Nanoflower mungkin tidak mengesankan kalau diberikan untuk pasangan anda pada dikala kencan, namun para peneliti mengatakan bahwa molekul berukuran sangat kecil yang bermotif menyerupai bunga ini berkhasiat lain. “Kelopak bunga” pada nanoflower (ditampilkan pada gambar) terdiri dari protein yang dibungkus fosfat tembaga. Anda memerlukan mikroskop elektron atau alat lain untuk melihatnya.
Selain terlihat cantik, kelopak tersebut melaksanakan dua fungsi penting. Pertama, mereka menstabilkan protein, sehingga terhindar dari kerusakan. Kedua, kalau protein tersebut memiliki sifat katalitik (yaitu, mempercepat suatu reaksi kimia), lalu nanoflower membungkus protein tersebut, hal ini akan meningkatkan efektifitas katalis protein tersebut.

Protein yang dibungkus katalis Nanoflower dapat bekerja lebih baik dan lebih tahan lama daripada protein tanpa pembungkus.
 Nanoflower Dan Kegunaannya Di Masa Depan  Nanoflower Dan Kegunaannya Di Masa Depan
Nanoflowers (Jen Gu et al., 2012/Nature Nanotechnology).
Temuan ini dimuat di Nature Nanotechnology (3/6/2012).
Dengan adanya temuan ini, Para peneliti telah memperkirakan bahwa mereka mampu meningkatkan kecepatan dan keakuratan tes untuk pheochromocytoma, yakni tumor langka pada kelenjar adrenal. Tes ini meliputi pengukuran tingkat hormon epinefrin (adrenalin) pada urin pasien. Ilmuwan dapat menggunakan nanoflowers untuk meningkatkan efektivitas katalis yang digunakan untuk mendeteksi hormon tersebut.
Di masa depan, mereka berpendapat, nanoflowers lebih efektif digunakan untuk mendeteksi polutan beracun dalam pedoman limbah pabrik daripada teknik yang digunakan dikala ini.
Referensi Jurnal:
Jun Ge, Jiandu Lei & Richard N. Zare. 2012. Protein–inorganic hybrid nanoflowers. NATURE NANOTECHNOLOGY. doi: 10.1038/nnano.2012.80
Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh Sciencemag.org. Naskah aslinya ditulis oleh Tim Wogan (5 Juni 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/