Mikroba Usus Membantu Tubuh Untuk Memperoleh Lebih Banyak Kalori

Mikroba Usus Membantu Tubuh Untuk Memperoleh Lebih Banyak Kalori – Anda mungkin berpikiran bahwa semua makanan yang anda makan yaitu untuk diri sendiri. Namun, kenyataannya anda benar-benar harus menyebarkan makanan tersebut dengan komunitas mikrobia yang terdapat di dalam jalan masuk pencernaan. Studi terbaru dari University of North Carolina School of Medicine mengungkapkan bahwa beberapa mikrobia usus dapat membantu meningkatkan peresapan lemak dari makanan sehingga memungkinkan organisme inang untuk mengekstrak lebih banyak kalori dari makanan.
“Untuk pertama kalinya, studi ini telah menunjukkan bahwa mikrobia dapat menstimulasi peresapan lemak makanan di dalam usus dan metabolisme selanjutnya di dalam tubuh. Hasil studi ini menggarisbawahi korelasi antara mikrobia, menu makanan, dan fisiologi mikroorganisme inang.” Kata John Rawls, Ph.D, professor di Department of Cell and Molecular Physiology, UNC.
Mikroba Usus Membantu Tubuh Untuk Memperoleh Lebih Banyak Kalori Mikroba Usus Membantu Tubuh Untuk Memperoleh Lebih Banyak Kalori
Gambaran sel epitel usus (warna merah) pada zebrafish menggunakan Confocal microscopy (teknik penggambaran optik yang digunakan untuk meningkatkan resolusi optikal dan kontras warna). Gambar tersebut menunjukkan bahwa eksistensi mikrobia dapat menstimulasi serapan asam lemak makanan dan akumulasi bintik-bintik lemak epitel (warna hijau). (Credit: Image created by Ivana Semova, PhD)
Studi sebelumnya telah menunjukkan tunjangan mikrobia usus terhadap pemecahan karbohidrat kompleks, namun peranan mereka di metabolism lemak makanan masih menjadi misteri hingga sekarang.
Penelitian ini diterbitkan di jurnal Cell Host & Microbe (13/09/2012).
Penelitian ini dilakukan terhadap zebrafish (ikan zebra), yang tubuhnya transparan ketika masih muda. Para peneliti memberi makan ikan tersebut menggunakan asam lemak ikan yang ditandai dengan pewarna fluoresen. Dengan adanya hal ini, maka peneliti bisa mengamati secara pribadi terhadap peresapan dan transportasi lemak pada ketika ada atau tidaknya mikrobia usus.
“Temuan kami ini menunjukkan bahwa mikrobiota usus dapat meningkatkan kemampuan mikroorganisme inang untuk “memanen” kalori dari makanan dengan cara menstimulasi peresapan lemak. Implikasi lain dari studi ini yaitu bahwa menu makanan dapat menghipnotis peresapan lemak. Hal ini alasannya yaitu makanan dapat mengubah kelimpahan mikrobia tertentu, ibarat Firmicutes, dimana mikrobia ini dapat menstimulasi peresapan lemak.
Meskipun studi ini hanya melibatkan ikan saja, bukan manusia, namun para peneliti mengatakan bahwa temuan ini dapat menunjukkan wawasan yang dapat membantu menginformasikan pendekatan gres untuk mengobati obesitas dan penyakit lainnya. “Misalnya, jikalau kita dapat memahami bagaimana kuman usus spesifik bisa merangsang peresapan lemak dari makanan, maka mungkin kita dapat menggunakan gosip tersebut untuk mengembangkan cara-cara gres untuk; a. mengurangi peresapan lemak dalam kaitannya dengan obesitas dan penyakit metabolic yang terkait, b. meningkatkan peresapan lemak dalam kaitannya dengan kekurangan gizi.
Peneliti lain yang terlibat pada studi ini yaitu Lantz Mackey dari UNC, Juliana Carten dan Steven Farber dari Carnegie Institution for Science, dan Jesse Stombaugh dan Rob Knight dari University of Colorado di Boulder.
Referensi Jurnal :
Ivana Semova, Juliana D. Carten, Jesse Stombaugh, Lantz C. Mackey, Rob Knight, Steven A. Farber, John F. Rawls. Microbiota Regulate Intestinal Absorption and Metabolism of Fatty Acids in the Zebrafish. Cell Host & Microbe, 2012; 12 (3): 277 DOI: 10.1016/j.chom.2012.08.003
Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh University of North Carolina School of Medicine via Science Daily (13 September 2012). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/