Metode Alat Kontrasepsi Yang Sangat Penting Diketahui

Metode Alat Kontrasepsi

Bunda, tidak semua alat untuk kontrasepsi itu cocok lho untuk bunda. Dalam usaha untuk menunda kehamilan, memang banyak sekali macam dan metode alat kontrasepsi beraneka ragam disuguhkan. Akan tetapi, penggunaannya harus diadaptasi dengan situasi dan kondisi dari bunda. Cocok atau tidak penggunaan alat kontrasepsi tersebut akan tergantung pada kondisi kesehatan bunda secara menyeluruh. Selain itu, frekuensi aktifitas seksual, usia, dan juga riwayat penyakit juga akan kuat terhadap cocok atau tidaknya.

Menurut nichd.nih.gov, beberapa jenis dari metode  alat kontrasepsi wanita dan juga pria disediakan dalam bentuk berikut ini. Metode Barrier merupakan metode yang dirancang semoga mampu mencegah masuknya sperma ke dalam rahim. Contoh atau jenis alat yang termasuk ada metode ini yaitu kondom pria, kondom wanita, dan juga diafragma.

Selain itu, terdapat pula metode hormonal. Metode tersebut termasuk kontrasepsi yang menggunakan hormon sebagai pengatur ovulasi semoga mencegah kehamilan. Hormon tersebut mampu dimasukkan ke badan dengan beberapa cara. Misalnya dengan suntikan, pil, gel utransdermal, ataupun patch kulit.

Metode Intrauterine merupakan metode ketiga yang biasanya ditemui di masyarakat. Metode ini dikenal sebagai alat kontrasepsi iud atau terkenal dengan sebutan spiral.

Metode ini merupakan penggunaan alat yang berbentuk T serta dimasukkan ke dalam rahim sebagai alat pencegah kehamilan. Alat Kontrasepsi IUD mampu berfungsi selama bertahun-tahun. Bahkan mampu hingga 12 tahun. Alat kontrasepsi tersebut tidak dianjurkan untuk wanita yang mempunyai bisul panggul ataupun memiliki problem yang bekerjasama dengan rahim selama terjadinya insersi IUD pada masa sebelumnya.

Yang terakhir yaitu dengan sterilisasi. Metode tersebut merupakan metode control kelahiran yang permanent untuk mencegah kehamilan. Contoh dari jenis sterilisasi yaitu dengan ligasi tuba, implant sterilisasi, dan vasektomi. Sterilisasi tersebut biasanya dilaksanakan dengan pembedahan.

Nah sekarang sudah tahu kan metode-metode apa saja yang biasanya digunakan oleh para wanita semoga menunda kehamilan. Menunda kehamilan mungkin mampu dilakukan saat kedua pasangan benar-benar belum siap untuk mendapatkan momongan. Hal ini mampu dibantu dengan mengunakan alat kontrasepsi yang sempurna dan aman. Tepat saja tidak cukup sebab setiap alat kontrasepsi pastinya akan mempunyai efek samping.

Oleh karenanya, berlaku bijak saat memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi sangat diperlukan. Hal ini mampu dilakukan dengan cara konsultasi kepada dokter sebagai ahlinya problem kandungan. Dengan cara menyerupai ini, keputusan Anda dan pasangan akan lebih sempurna dan aman.

Ringkasan:

  • Tidak semua alat kontrasepsi cocok untuk masing-masing wanita
  • Kecocokan mampu tergantung pada usia, kegiatan seksual, serta riwayat penyakit
  • Beberapa metode kontrasepsi yang Beredar di masyarakat yaitu menyerupai Metode Barrier, Metode Hormonal, Metode Intrauterine, dan Sterilisasi.
  • Konsultasikan ke dokter saat ingin memprogram penundaan kehamilan dengan alat kontrasepsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *