Menjadi Pemimpin yang Baik dan Disegani itu Mudah

Hai semua, setelah sekian lama saya tidak update artikel, nah kali ini saya memutuskan untuk banyak sekali lagi artikel, kali ini saya mengambil tema Menjadi Pemimpin yang Baik dengan beberapa tips yang mungkin bisa sobat coba.

Sebelum itu, saya ingin mengingatkan kepada sobat, jadi walaupun saya bisa membuat artikel dengan tema kepemimpinan ini, tetapi nyatanya jiwa kepemimpinan saya juga belum terlalu bagus, tapi kenapa saya memberanikan diri membuat artikel ini? Karena saya punya prinsip :

Ilmu wajib diamalkan walaupun sedikit, tak peduli kita sudah jago atau belum dalam hal itu

Keren kan? hehehehehe bercanda sob. Makara intinya jangan takut untuk menyebarkan sesuatu yang menurut sobat bermanfaat walaupun sobat belum terlalu menguasai hal tersebut, sebab kalau kita menunggu hingga kita jago ya kagak mungkin bisa, pasti akan ada yang lebih jago lagi, sebab mencari ilmu itu tidak ada batasan kecuali kematian.

Back to topic sob, jadi menjadi seorang pemimpin itu susah-susah gampang kalau menurut saya. Ada sebuah pernyataan yang saya ingat, kurang lebihnya menyerupai ini : “Setiap Manusia ialah Pemimpin”.

Menjadi Pemimpin yang Baik


Bagi yang tidak tahu maksudnya gini saya jelasin sedikit. Makara setiap insan itu terlahir menjadi seorang pemimpin, baik itu pemimpin bagi dirinya sendiri ataupun pemimpin bagi orang lain. Makara bisa dikatakan sekarang ini saya dan sobat ialah seorang pemimpin. Pemimpin bagi diri kita sendiri, walaupun bergotong-royong ada beberapa yang memang sudah menjadi pemimpin bagi orang lain, termasuk saya sendiri hehehhe.

Itu tadi penggambaran pemimpin dalam hal yang sangat simpel. Kalau memimpin diri sendiri saja saya dan sobat sudah kesulitan apalagi kalau memimpin orang lain? Makara menjadi pemimpin bagi diri sendiri sangat penting sob.

Menjadi Pemimpin yang Baik

Tanda-Tanda Pemimpin yang Baik

Dari tadi saya membahas pemimpin yang baik, tapi saya sendiri belum menjelaskan pemimpin itu apa ya? hmmm yaudah saya bahas aja langsung. Berikut definisi pemimpin menurut wikipedia dan saya sendiri.
Pemimpin ialah insan yang memiliki kelebihan, keberanian, dan pengaruh yang bisa merubah baik dirinya sendiri maupun orang lain, untuk melaksanakan hal yang sesuai dengan kehendaknya.
Dari definisi diatas, menurut saya pemimpin itu harus memiliki 3 hal, antara lain kelebihan, keberanian dan pengaruh. Oke kita bahas satu persatu ya :
# Kelebihan
Seorang pemimpin tentunya harus memiliki kelebihan yang membuatnya lebih unggul dari orang yang dipimpinnya. Kalau tidak memiliki keunggulan yang ada nanti orang tersebut akan minder atau tidak percaya diri kalau ia menjadi seorang pemimpin.
Tapi dibeberapa kasus termasuk saya sendiri, saya merasa kalau saya tidak memiliki keunggulan yang bisa membuat saya menjadi seorang pemimpin, namun kalau sobat sudah berada di posisi tersebut, jalani saja, nanti juga jiwa kepemimpinan akan muncul dengan sendirinya. Semua itu perlu proses dan praktek.
Makara itu, sobat harus tahu apa kelebihan Sobat dan apa yang bisa Sobat buat dengan kelebihan yang dimiliki tersebut.
Intinya : Carilah kelebihan yang bisa digunakan untuk merubah orang-orang yang Sobat pimpin.
# Keberanian
Sobat memiliki kelebihan daripada yang lain, apakah itu bisa menimbulkan Sobat sebagai “pemimpin yang baik”? Tentu tidak. Hal yang Sobat butuhkan selanjutnya ialah keberanian. Maksud keberanian disini ialah berani mengambil keputusan untuk dijalankan oleh orang-orang dibawah naungan Sobat.
Dengan bermodalkan kelebihan yang sebelumnya sudah Sobat miliki, selanjutnya Sobat bisa mengambil keputusan yang bisa Sobat gunakan untuk menunjukkan pengaruh bagi orang lain yang akan saya bahas pada point berikutnya. Setelah itu, sobat harus menjalankan keputusan yang sudah sobat buat tadi, tentunya dengan persetujuan anggota juga. Walaupun akhirnya nanti tidak sesuai dengan impian tapi masih ada evaluasi kok. Benahi dan Jalankan Kembali ialah pilihan yang tepat.
Intinya : Keberanian itu sangat diharapkan bagi seorang pemimpin, tanpa ada keberanian, maka semuanya akan stuck atau berhenti disitu saja, jadi jangan takut kalau Anda menjadi seorang pemimpin.

Baca Juga:  Arti peribahasa Bagai bajak wangkang makan diangkat - Website Peribahasa

# Pengaruh

Setelah sobat tahu kelebihan yang sobat miliki, dan juga sobat sudah memiliki keberanian, selanjutnya yang sobat butuhkan ialah bisa menunjukkan pengaruh kepada orang-orang yang sobat pimpin.

Pada adegan inilah yang sangat susah kalau menurut saya. Kita bisa melihat, banyak pemimpin yang pintar, memiliki ide-ide cemerlang, memiliki keberanian dan tidak takut apapun, tapi tidak bisa membawa bawahannya ke arah yang lebih baik.

Itu bisa terjadi sebab ketidak mampuannya dalam memberi pengaruh kepada orang-orang yang dipimpinnya. Jadi, dari ketiga point yang sudah saya sampaikan ini, paling susah ialah pada adegan ini. Menjadi orang yang besar lengan berkuasa memang tidak mudah, tetapi kita bisa berguru sedikit demi sedikit dengan melihat atau mempelajari para tokoh-tokoh pemimpin dunia, bagaimana cara mereka bisa menghipnotis para bawahannya dengan sangat baik.

Susah memang, tapi kalau hal itu sudah kita dapatkan, maka kita akan memperoleh keuntungan baik untuk kelompok yang kita pimpin, atau untuk diri kita sendiri.

Setelah tahu hal-hal yang bisa membuat Sobat menjadi pemimpin yang baik, selanjutnya sobat bisa berguru bagaimana cara mengemplementasikannya kedalam kehidupan sehari hari Sobat ketika sedang memimpin suatu organisasi atau lainnya.

Tanda-Tanda Pemimpin yang Baik

Ciri-Ciri Pemimpin yang Baik

Setelah mengamalkan beberapa point diatas, sekarang Sobat bisa menilai diri Sobat sendiri, apakah jiwa kepemimpinan Sobat sudah baik dan benar, kalau Sobat ingin tahu tanda-tanda apakah Sobat berhasil menjadi pemimpin yang baik, silahkan simak ulasan dibawah ini…
Ciri-Ciri Pemimpin yang Baik :
#1. Mampu menghipnotis orang lain (persuasif)
Jika Sobat ingin tahu apakah kepemimpinan Sobat itu sudah baik, Sobat bisa melihat apakah semua hal yang sobat sampaikan itu dilaksanakan oleh orang lain atau tidak. Jika misalnya hal-hal yang Sobat sampaikan itu dilaksanakan oleh orang lain, maka bisa dikatakan 50% Sobat telah menjadi pemimpin yang baik.
Namun apabila masih ada beberapa yang tidak melaksanakan, mungkin penyampaian Sobat kurang memuaskan mereka, jadi mereka enggan atau tidak mau untuk melaksanakan apa yang sobat perintahkan kepada mereka.
#2. Percaya Diri

Jika Sobat menjadi seorang pemimpin, Sobat harus percaya diri, baung jauh-jauh kata “malu” yang akan menghambat Sobat. Maksud percaya diri disini ialah sobat berani berbicara didepan orang lain dengan pembawaan yang tidak tegang, luwes, dan tidak ragu-ragu.
Dengan sikap percaya diri selain berkhasiat bagi Sobat sendiri, nyatanya juga bisa membuat para anggota Anda menjadi ikutan percaya diri. Makara seorang pemimpin yang percaya diri itu sangat berkhasiat baik untuk Sobat maupun anggota Sobat sendiri.
#3. Terbuka
Seorang pemimpin yang baik tidak hanya sebatas menentukan sesuatu dengan pendapatnya sendiri dan meminta orang lain untuk melaksanakan kehendaknya tersebut, bukan. Pemimpin yang baik ialah pemimpin yang terbuka, mau mendapatkan banyak sekali saran, kritikan, masukan, dan pendapat dari para anggotanya.
Dengan sikap terbuka, maka Sobat akan jauh lebih tahu lagi permasalahan apa yang terjadi dan bagaimana solusi cerdasnya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Karena pada dasarnya seorang pemimpin itu menuntut para anggotanya untuk bekerja sama memecahkan problem bersama dengan cara-cara yang cerdas.
#4. Dekat dengan yang lain
Hal yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin yang baik ialah bersahabat dengan yang lain. Sobat sebisa mungkin membuat suasana yang tidak tegang di dalam organisasi yang Sobat pimpin. Jangan hingga para anggota takut dengan eksistensi Sobat.
Buatlah suasana dimana mereka merasa kalau sedang berkumpul dengan sahabat sebayanya, dengan catatan tidak menghilangkan wibawa Sobat sebagai seorang pemimpin. Anda bisa juga meminta saran kepada para anggota ihwal bagaimana agar kedekatan antara Sobat dan mereka itu semakin erat.
#5. Disiplin
Menjadi pemimpin tidak lantas membuat Sobat bersantai-santai, justru malah pemimpin membuat Sobat harus bekerja lebih keras dari yang lain. Disiplin menjadi hal yang harus Sobat pegang teguh terus menerus.
Dengan disiplin, anggota Sobat bisa melihat kalau Sobat benar-benar ialah pemimpin yang baik, pemimpin yang benar-benar mereka butuhkan untuk membimbing mereka ke arah yang lebih baik.
#6. Memiliki Tujuan yang Rasional
Selanjutnya seorang pemimpin yang baik itu selalu memiliki goal atau tujuan yang ingin dicapai bersama. Tentunya tujuan tersebut memiliki dampak yang baik bagi organisasi atau keanggotaan tersebut.

Baca Juga:  Arti peribahasa Jangan bagai orang patah selera, banyak makan

Berbicara ihwal tujuan, setiap pemimpin pasti akan selalu menunjukkan penjelasan ihwal apa yang ingin dicapai, alasan mengapa hal tersebut ingin dicapai dan juga bagaimana cara tersebut bisa tercapai. Sebagai pemimpin yang baik tentunya Sobat harus bisa menjawab semua pertanyaan semacam itu.

Bagi Sobat yang membuat sebuah tujuan dengan melaksanakan ajaran yang sungguh-sungguh sebelumnya, tentu akan sangat mudah sekali kalau dibrondong pertanyaan-pertanyaan semacam itu oleh orang lain. Tapi bagi pemimpin yang hanya asal-asalan atau sekedar ingin memuaskan tujuannya saja hal tersebut menjadi pertanyaan yang sangat-sangat susah, melebihi soal ulangan fisika atau matematika mungkin ya hehehee.

Makara intinya, sebagai seorang pemimpin, Sobat harus bisa membuat sebuah tujuan yang rasional atau kemungkinan besar bisa dicapai. Jangan terlalu muluk-muluk untuk mengejar target yang terlalu tinggi, awali dengan hal-hal yang simpel terlebih dahulu.

#7. Optimistis

Selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik ialah optimistis. Sebagai seorang pemimpin, Sobat harus bisa optimis dan memberi keyakinan kepada orang lain bahwa apa yang Sobat lakukan akan berhasil. Walaupun tidak secara instan, tetapi kalau Sobat optimis pasti lambat laun tujuan yang kalian ingin capai akan terwujud.

Sikap optimis ini akan memacu seseorang untuk terus berusaha, walaupun awalnya mengalami kegagalan, optimis akan membawa orang tersebut tidak akan berhenti atau mengalah begitu saja. Makara sebagai seorang pemimpin Sobat harus bisa meyakinkan kepada orang lain bahwa tujuan yang kalian kehendaki akan tercapai suatu saat.

#8. Jujur Apa Adanya

Seorang pemimpin haruslah jujur apa adanya, jangan ada apanya. Kejujuran dan keterbukaan kepada para anggota Sobat akan membuat kalian menjadi solid antara satu dengan yang lain. Tidak ada orang yang bekerja sendiri, kalian akan berkeraja sebagai tim.

Baca Juga:  Kerajaan Melayu : Sejarah, Peninggalan, Raja, Prasasti, Perkembangan, Sistem Politik, Militer, Ketatanegaraan, Runtuhnya, Kemunduran

Kejujuran pastinya akan membawa dampak yang baik, tidak hanya bagi Sobat sendiri, melainkan juga bagi orang-orang yang Sobat pimpin. Maka dari itu selalu berbuat jujur ialah ciri seorang pemimpin yang baik.

#9. Bertanggung Jawab

Setiap apa yang terjadi pasti pemimpin ialah orang pertama yang akan dimintai pertanggung jawaban. Makara jangan kaget kalau misalnya ada orang lain yang komplain mengenai kinerja Sobat. Terimalah kritikan dan saran yang orang lain berikan agar nantinya apa yang Sobat putuskan bisa lebih baik lagi.

Jangan takut akan kesalahan, tetapi ingat jangan pernah mengulang kesalah untuk yang kedua kalinya, jangan masuk kedalam lubang yang sama.

#10. Tegas

Menjadi seorang pemimpin harus tegas. Tegas dalam artian membimbing orang lain dibawah naungan Sobat menuju Goal atau tujuan yang hendak dicapai bersama. Makara menjadi pemimpin yang tegas ialah keharusan dan tidak bisa diganggu gugat.

Itu tadi Ciri-Ciri pemimpin yang baik menurut saya pribadi, dengan memiliki beberapa sifat diatas, Sobat sudah bisa dikatakan sebagai pemimpin yang baik menurut versi saya, tapi untuk versi yang lebih tinggi lagi Sobat tinggal melihat contoh-contoh artikel dari pemimpin dunia yang sudah terbukti kehebatannya dalam memimpin.

Semoga artikel ini membantu Sobat yang sedang mencari bacaan mengenai bagaimana sih cara menjadi pemimpin yang baik itu? Untuk yang mau ngasih komplemen atau kritikan kepada saya, jangan sungkan untuk menunjukkan komen cerdas Sobat dibawah. Oke sekian dan Terima Kasih.