Meningitis Neonatal Pada Bayi Baru Lahir

Meningitis Neonatal Pada Bayi

Meningitis Neonatal ialah penyakit meningitis yang sering ditemukan pada bayi yang gres lahir, yang disebabkan karena  virus (coxsackie dan herpes simplex) atau abses akhir paparan basil (streptococcus, basil E.coli, Haemophilus influenza / Listeria / HiB. Bakteri meningitis neonatal sangat harus diwaspadai, karena dapat menular melalui plasenta ketika janin masih di dalam rahim atau  saat proses persalinan.

Gejala Meningitis Neonatal

Gelaja Penyakit Meningitis Neonatal memang tidak begitu jelas. Namun, apabila buah hati anda mengalami sering lesu atau kehilangan nafsu muntah, ruam, kesulitan bernapas, menggigil, demam tinggi, sakit kuning dan bahkan beberapa bayi yang menderita meningitis akan mencicipi kejang-kejang, maka segera lakukan pemeriksaan kedokter dan melaksanakan pengujian laboratorium.

Cara Menangani Meningitis Neonatal

Apabila diagnosa dokter manyatakan buah hati anda positif meningitis neonatal, maka harus segera dilakukan penanganan intensif dengan rawat inap sebagai penanganan awal. Untuk pasien Meningitis Neonatal yang masih bayi, maka akan dilakukan pertolongan antibiotik spektrum terlebih dulu.

Apabila telah diketahui bahwa Meningitis Neonatal disebabkan karena bakteri, maka dokter menangani dengan pertolongan antibiotik khusus untuk bakteri penyebab meningitis. Namun apabila disebabkan karena virus atau virus herpes maka akan dilakukan pengobatan dengan menggunakan anti-virus obat asiklovir. Penanganan Meningitis Neonatal yang disebabkan karena virus memang cukup sulit, bahkan kebanyakan kasus dilakukan pertolongan antivirus hanya untuk meringankan gejala dan menjaga bayi biar tetap hangat dan terhidrasi akhir virus meningitis.

Cara Mencegah Meningitis Neonatal pada Bayi

Untuk mencegah Meningitis Neonatal pada bayi, Ibu Hamil mampu melaksanakan perawatan postnatal dan prenatal dibarengi dengan menghindari makanan yang mungkin terkontaminasi basil Listeria atau E.coli. Untuk mengindarkan resiko bayi terjangkit virus atau basil yang menjadi penyebab meningitis neonatal,  biasanya dokter akan melaksanakan tes grup B strep ketika ibu hamil mendekati usia kelahiran. Dan apabila ketika pengujian, diketahui bayi terinfeksi virus, maka ibu hamil diberikan obat-obatan anti-viral, atau lebih disarankan untuk melaksanakan persalinan Caesar untuk mencegah penularan abses virus kepada bayi.

Dengan mengetahui info Meningitis Neonatal pada Bayi, maka dibutuhkan anda tidak terlalu khawatir dan siap menangani penyakit Meningitis Neonatal dengan cara yang tepat.

Ringkasan:

  • Meningitis Neonatal banyak ditemukan pada bayi gres lahir dan disebabkan oleh virus dan bakteri,
  • Penyakit Meningitis Neonatal sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian,
  • Mencegah Meningitis Neonatal mampu dilakukan dengan pertolongan antivirus dan menghindari penularan ke bayi,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *