Mendikbud Sedang Susun Aturan Baru: Guru Minimal 8 Jam Di Sekolah

Sahabat guru Indonesia. berganti Menteri pendidikan tentunya kebijakan maupun aturan yang menjadi penghalang majunya dunia pendidikan mampu saja dirubah. Kabar terbaru yang admin baca dan sedang dihebohkan di media umum yaitu mengenai 12 Wacana terbaru mendikbud. (baca disini) Ingat ya ! “Wacana” bukan “kebijakan” maupun “aturan” alasannya belum ada permendikbud nya. Admin tidak menyalahkan kalau para guru belum percaya dengan informasi tersebut bahkan di komentar yang saya baca isu ini Hoax dan salah satu pengomentar dilaman fanspage saya “info Pendidikan Indonesia” juga menyebutkan bahwa :

Terkait deng postingan yang mengatas namakan aba-aba Mendikbud untuk menyebarkannya dapat dijelaskan sebagai berikut

  1. Asal usul postingan tsb tidak jelas. Tidak benar ada pertemuan jm 7.45 – 9.00 pagi Jumat 21 Okt denga pak Mendikbud yang dijadikan dasar asal usul bahan postingan yg beredar luas di WA grup tsb.
  2. Soal bahan yg dipost sebagian mmg bbrp kali disampaikan olh Mendikbud dlm banyak sekali forum, tetapi substansinya kurang pas kalau disampaikan scr singkat spt itu. Mendikbud memiliki konsep yg lebih komprehensif.
  3. Sebagian bahan tsb sdh digodok dan disiapkan utk diimplementasikan, tetapi sebagian yg lain masih hrs dikaji konsekuensi regulasinya. Kemdikbud telah memiliki naskah akademik ttg hal ini namun blm mampu dipublikasikan.
  4. Atas dasar tsb, mohon tidak mengakibatkan postingan tsb sbg kebijakan mendikbud melainkan sbg gagasan yg perlu kita cermati bersama2 utk kebaikan pendidikan kita ke depan.

Terima kasih
Dari Mas Nasrul Staff khusus Mendikbud. Maturnuwun

Sumber posting lihat pada penampakkan dibawah

gambar info terbaru kemdikbud

Selain itu, ketika ini sudah dipublikasikan juga salah satu website yang menuliskan isu perihal “Klarifikasi Berita ‘Hoax’ Arahan Mendikbud” untuk lengkapnya silahkan bapak ibu baca di alamat web berikut: . Lalu mana isu yang benar? ada satu lagi nih info terbaru dari situs TRIBUNNEWS.COM. selamat membaca

gambar Mendikbud Sedang Susun Aturan Baru: Guru Minimal 8 Jam Di Sekolah

Mendikbud Sedang Susun Aturan Baru: Guru Minimal 8 Jam Di Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan sedang menyusun aturan gres untuk guru. Nantinya, guru yang berstatus PNS atau bersertifikasi diwajibkan berada di sekolah selama delapan jam menyerupai PNS pada umumnya. “Ini sedang kita proses legal drafting-nya. Kita lihat secara perundang-undangan. Tapi intinya itu akan menjadi bab dari reformasi organisasi pembelajaran di SD maupun SMP, termasuk SMK,” katanya ketika menghadiri Seminar Nasional di Kota Malang, Sabtu (22/10/2016).

Menurut Muhadjir, aturan itu akan berlaku untuk seluruh guru, baik di sekolah negeri maupun swasta. Apalagi, dalam waktu bersahabat full day school atau yang disebut sebagai agenda penguatan pendidikan huruf (PPPK) akan diterapkan. Halaman selanjutnya

“Pokoknya semua guru yang sudah PNS dan sudah mendapat santunan profesi, maupun guru swasta yang bersertifikat, otomatis ia guru profesional dan harus mempertanggungjawabkan profesionalitasnya, delapan jam minimum ia harus berada di sekolah,” jelasnya. Bagi guru yang tidak melakukan aturan itu akan dikenakan sanksi. Mulai dari sanksi manajemen hingga sanksi penundaan dana sertifikasi. Untuk menerapkan itu, Mendikbud sudah meminta jajarannya untuk membuat ketidakhadiran nasional bagi guru. “Kita minta Dirjen untuk membuat ketidakhadiran nasional,” ungkapnya.

“Jadi ketika itu kepala sekolah merupakan guru yang kebetulan disuruh menjadi kepala sekolah saja,” jelasnya. Mendikbud juga sedang mengkaji pengurangan mata pelajaran untuk SD dan SMP. Jika diketahui terlalu banyak beban mata pelajaran untuk siswa, sejumlah mata pelajaran akan dihapus. “Lebih baik banyak waktu dibanding terlalu banyak beban mata pelajaran,” ungkapnya.

sumber

Demikian info terkait dengan kebijakan perihal aturan gres mendikbud Guru Minimal 8 Jam Di Sekolah dan juga kenaikan pangkat tanpa PTK. Semoga memperjelas