Memory Kristal Superman Bisa Menyimpan Data 13,8 Miliar Tahun

Memory Kristal Superman Bisa Menyimpan Data 13,8 Miliar Tahun
Menggunakan beling berstruktur nano, para ilmuwan di University of Southampton telah berbagi cara untuk menyimpan data selama miliaran tahun.
Kredit: University of Southampton
Salinan Magna Carta, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan King James Bible kini telah disimpan secara digital pada sepotong beling yang dikenal sebagai “Superman memori kristal” yang memiliki kapasitas untuk menyimpan sejumlah besar isu hingga 13,8 miliar tahun.

Menggunakan metode laser etsa, para peneliti di University of Southampton, di Inggris, mengarsipkan dokumen-dokumen ini, bersama dengan risalah ilmiah  Isaac Newton “Opticks,” pada kepingan koin-ukuran kaca. Cakram kecil dapat bertahan selama miliaran tahun pada suhu 374 derajat Fahrenheit (190 derajat Celsius). Dan pada suhu kamar, mereka mampu bertahan hampir selamanya, kata para peneliti.

Peter Kazansky, seorang profesor di Optoelektronik Research Centre universitas, mengatakan dalam sebuah pernyataan :
“Ini ialah hal yang sangat mendebarkan untuk berpikir bahwa mereka telah menciptakan teknologi untuk melestarikan dokumen dan isu dan menyimpannya dalam ruang untuk generasi mendatang,”  . “Teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita, semua yang kita pelajari tidak akan dilupakan.”

Kazansky dan rekan-rekannya pertama kali melaporkan adanya “penyimpanan data 5D” pada 2013 pada Konferensi Laser dan Electro-Optics di San Jose, California. Para peneliti menggunakan laser fematosecond, dimana laser yang menghasilkan pulses yang sangat singkat, untuk menuliskan isu di titik-titik berstruktur nano yang 5 mikrometer terpisah. lukisan ukuran nano ini polarisasi cahaya yang bergerak melalui kaca. Kombinasi lensa polarisasi dan mikroskop optik ialah semua yang diharapkan untuk “memecahkan kode” pesan, kata para peneliti.

5D moniker mengacu pada posisi 3D dari struktur nano serta ukuran dan orientasi mereka.

Pada tahun 2013, para peneliti mencatat file teks 300-kilobyte, tetapi kapasitas disk data gelas ialah 360 terabyte (1000000000 kilobyte), mereka melaporkan. Cakram stabil hingga 1.832 derajat F (1.000 derajat C).

peneliti Southampton menunjukkan salinan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia sebagai hadiah ke United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada awal Februari, bab dari upacara penutupan yang organisasi Tahun inisiatif Cahaya. Para peneliti sekarang mencari mitra industri untuk lebih berbagi teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *