Membuat Dompet Ganda Untuk Mencegah Kecopetan dan Hilang

Kita pasti telah mengetahui bahwa salah satu tindakan kriminal yang paling umum di dunia ialah pencopetan.  Para pencopet dengan keahliannya akan berupaya semampu tenaga untuk mengambil benda-benda berharga yang ada pada calon korbannya.  Contoh benda-benda yang paling sering diambil para copet yaitu ibarat dompet, handphone (ponsel), uang, perhiasan, dan lain-lain.  Para copet biasanya melaksanakan aksinya secara diam-diam, kecuali aksinya diketahui oleh orang-orang yang ada di sekitarnya.

Salah satu benda yang paling merepotkan jikalau hilang karena kecopetan ialah dompet.  Dompet pada umumnya memuat banyak sekali benda penting yaitu uang, identitas, kartu anggota, uang, foto-foto, catatan penting, dan lain sebagainya.  Jika dompet hilang, maka semuanya pun juga turut hilang tidak diketahui di mana rimbanya.  Untuk mendapatkannya kembali tentu butuh banyak biaya, waktu, tenaga, pikiran dan perasaan.  Misalnya harus mengurus KTP, SIM, STNK, Kartu Pelajar, Kartu Keanggotaan Organisasi, Kartu Kredit, Kartu ATM, Kartu E-Money, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu hendaknya kita selalu waspada terhadap copet yang ada di sekitar kita.  Tukang copet bisa beraksi di daerah sepi dan juga di daerah yang ramai.  Copet yang sudah profesional dapat melaksanakan aksinya dengan lancar dalam tempo waktu yang sangat cepat dan hasil kerja yang rapi tanpa meninggalkan jejak bukti.  Para pencopet pun bisa berpura-pura sebagai orang baik yang mengajak bicara, orang yang sedang berbelanja, orang yang menggunakan pakaian seragam kerja lengkap, anak-anak di bawah umur, dan lain-lain.

Untuk itu kita harus mengantisipasi kejadian hilangnya dompet karena kecopetan dengan membuat membawa dua dompet.  Satu untuk banyak sekali benda penting termasuk uang, dan yang satunya untuk menyimpan sebagian uang dan benda-benda yang tidak penting.  Simpan dompet yang berisi benda-benda yang kurang penting di daerah kita biasa menyimpan dompet, yaitu ibarat di kantong belakang celana atau tas.  Sedangkan dompet yang berisi benda berharga dan sebagian besar uang ditempatkan di daerah yang tersembunyi.  Usahakan dompet utama yang berisi benda penting memiliki ukuran yang kecil dan ramping.  Dengan begitu maka kita bisa menghindari kehilangan banyak sekali barang penting akhir kelalaian kita sehingga hilang tercopet orang jahat.