Media Pembelajaran Seni Budaya.ppt

Pelajaran seni budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat bersahabat hubungannya dengan tradisi-tradisi local. Maka dari itu sangat penting sekali mata pelajaran ini digunakan di sekolah-sekolah ibarat SMA sederajat. Namun, aneka macam yang tidak menyukai mata pelajaran ini, alasannya yaitu dianggap kurang keren. Sehingga ini menjadi tantangan terberat seorang guru yang dituntut untuk mengampu pelajaran ini. Karena guru harus bisa memberikan pelajaran ini dengan baik, semoga disukai para murid-muridnya.

Nah, dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya perihal media pembelajaran Seni Budaya , yang dalam artikel ini nanti kami akan memperlihatkan sedikit ulasan perihal media apa yang sempurna di dalam memberikan pelajaran Seni budaya tersebut. Adapun penggunaan media yang sempurna dan baik dalam pembelajaran Seni Budaya ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi berguru siswa dan bisa mendorong siswa untuk memahami pelajaran ini. Selain itu, media pembelajaran yang akan dipakai nanti juga difungsikan sebagai alat komunikasi dalam memberikan pesan (materi pembelajaran) yang lebih konkret. Sehingga bisa dipahami oleh siswa. Nah, maka dari itu media pembelajaran ini harus yang kontekstual, inovatif, dan menarik.

Dewasa ini di masa perkembangan Iptek yang begitu pesatnya, profesionalisme guru tidak cukup hanya dengan kemampuan memperlihatkan pelajaran bagi siswa saja, akan tetapi juga harus bisa mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi aktivitas berguru siswa. Konsep lingkungan meliputi daerah belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mengemas pembelajaran dan mengatur bimbingan berguru sehingga memudahkan siswa belajar.

Karena kalau kita lihat, dampak dari perkembangan Iptek terhadap proses pembelajaran, yakni dapat diperkaya melalui sumber dan media pembelajaran, ibarat buku teks, modul, overhead transparansi, film, video, televisi, slide, hypertext, web, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, guru dituntut untuk bisa memperlihatkan hal-hal yang inovatif dalam memberikan mata pelajaran Seni Budaya ini. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses berguru mengajar nanti.

Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bab yang tidak dapat terpisahkan dari proses berguru mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Maka dari itu, juga diperlukannya seni administrasi gres yang lebih kreatif, inovatif sehingga dapat merangsanga penerima didik dalam menyebarkan dan mememahami konteks pembelajaranya tersebut. Dalam pemilihan media pembelajarannya pun juga harus selektif khususnya pembelajaran Seni Budaya.

Media pembelajaran Seni Budaya harus diubahsuaikan dengan bahan pelajarannya, mengingat pelajaran Seni Budaya sangat luas yang terdiri dari konsep ajaib dan konsep konkret. Sehingga pemilihan dan pemilahan dalam memilih media yang akan disajikan menjadi penting untuk diperhatikan oleh semua guru. Selanjutnya silahkan …

Demikian informasi perihal media pembelajaran Seni Budaya yang dapat kami sampaikan kepada Anda semuanya, semoga dapat memberikanr acuan yang konkrit.