Media Pembelajaran Penjaskes SMA/SMK

Di kala modern ini, masih sering timbul keraguan dari banyak sekali kalangan terhadap pentingnya mata pelajaran Penjaskes terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak didik di SMA, baik secara pribadi maupun tidak langsung. Hal tersebut tentu sangat mengusik pikiran kita yang sehari hari bergelut dengan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Karena mengingat kesehatan merupakan hal yang paling penting.

Namun, tidak jarang pula mata pelajaran ini tidak disukai oleh para siswa, barangkali dalam menyampaikannya kurang menarik. Maka dari itu hari ini guru harus bisa menunjukkan rangsangan bagi siswa untuk bisa menyukai mata pelajaran ini, salah satunya dengan melalui media pembelajaran.

Dalam artikel kali ini kami akan menginformasikan kepada Anda semuanya perihal media pembelajaran Penjaskes SMA. Karena pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yakni merupakan bab integral dari pendidikan keseluruhan yang bertujuan untuk membuatkan aspek kebugaran jasmani, ketrampilan gerak, ketrampilan berpikir kritis, ketrampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek contoh hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui kegiatan jasmani, olah raga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Dari pernyataan di atas terperinci bahwa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan mempunyai tugas dan fungsi yang strategis dalam membuatkan anak didik secara totalitas. Olahraga itu sendiri menjadi bab yang tidak terpisahkan dari sejarah manusia. Olahraga berfungsi sebagai barometer kemajuan dan alat ukur harapan manusia. Olahraga juga menunjukkan mafaat bagi yang melakukannya.

Dewasa ini di kala perkembangan Iptek yang begitu pesatnya, profesionalisme guru tidak cukup hanya dengan kemampuan menunjukkan pelajaran bagi siswa saja, akan tetapi juga harus bisa mengelola informasi dan lingkungan untuk memfasilitasi kegiatan berguru siswa. Konsep lingkungan meliputi daerah belajar, metode, media, sistem penilaian, serta sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mengemas pembelajaran dan mengatur bimbingan berguru sehingga memudahkan siswa belajar.

Oleh karenanya, guru dituntut untuk bisa menunjukkan hal-hal yang inovatif dalam memberikan mata pelajaran Penjaskes ini. Media sebagai alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses berguru mengajar nanti. Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bab yang tidak dapat terpisahkan dari proses berguru mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Maka dari itu, juga diperlukannya seni administrasi gres yang lebih kreatif, inovatif sehingga dapat merangsang penerima didik dalam membuatkan dan mememahami konteks pembelajaranya tersebut. Dalam pemilihan media pembelajarannya pun juga harus selektif khususnya pembelajaran Penjaskes. selanjutnya silahkan …

Demikian informasi perihal media pembelajaran Penjaskes SMA yang dapat kami samapaikan kepada Anda semuanya, biar dapat memberikanr rujukan yang konkrit.