Matriks Matematika Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Hai sobat semua, kali ini kita akan menambah ilmu lagi ya, yaitu perihal pengertian matriks matematika dan macam-macamnya yang disertai dengan pola nanti supaya kalian makin paham.

Definisi Matriks sendiri yakni susunan dari bilangan-bilangan dalam bentuk persegi atau persegi panjang yang diapit oleh tanda kurung “(..)” atau tanda kurung siku “[..]”.

Matriks sendiri dinotasikan dengan abjad kapital dan angka-angka yang ada didalam matriks disebut dengan elemen.Banyaknya elemen didalam matriks tadi disebut dengan Ordo. Ordo sendiri ditulis dengan a x b untuk a yakni baris dan b yakni kolom.

Masih belum paham???? Oke untuk memudahkannya silahkan lihat pola dibawah ini:

Matriks Matematika Pengertian dan Jenis-Jenisnya
Nah dari pola diatas kita misalkan yakni Matriks A, nah didalam matriks A tersebut terdapat 2 baris dan 3 kolom jadi mampu kita tuliskan menjadi Matriks A2×3.
Nah itulah pengertian sederhana dari Matriks Matematika itu sendiri. Selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis dari matriks ini, untuk itu simak dan pahami terlebih dahulu hal-hal berikut ini.

Jenis-Jenis Matriks Matematika

Perlu diperhatikan sejenak, sebelum kita melanjutkan ke tahap berikutnya, ada hal yang harus kita pahami terlebih dahulu, yaitu mengenai Diagonal dalam Matriks. Didalam matriks, terdapat 2 diagonal yaitu diagonal utama dan diagonal sekunder. Nah untuk lebih jelasnya silahkan dilihat pola dibawah ini:
Matriks Matematika Pengertian dan Jenis-Jenisnya
Diagonal Utama dari matriks pertama yakni 3, 6, dan 2, sedangkan diagonal sekunder pada matriks nomor dua yakni 6, 3, dan 6.
Sudah pahamkan?? Mari Lanjut………………
Jenis-Jenis Matriks Berdasarkan Jumlah Baris dan Kolom

  • Matriks Persegi
Matriks Persegi yakni matriks yang mana jumlah baris dan kolomnya sama, Misalnya matriks berordo 3×3, 4×4, 5×5 dan seterusnya. Contohnya mampu kalian lihat pada gambar dibawah ini:

Matriks Persegi
  • Matriks Baris
Matriks baris yakni matriks yang terdiri dari satu baris dan beberapa kolom. Ingat, jumlah barisnya satu dan kolomnya lebih dari satu. Contohnya mampu kalian lihat dibawah ini:

Matriks Baris
  • Matriks Kolom
Matriks kolom yakni kebalikan dari matriks baris, yaitu matriks yang terdiri dari satu kolom dan beberapa baris. Contoh:

Matriks Kolom
  • Matriks Mendatar dan Matriks Tegak
⇒ Matriks mendatar yakni matriks yang jumlah kolomnya lebih banyak dari pada jumlah barisnya.
⇒Matriks tegak yakni matriks yang jumlah barinya lebih banyak dari pada jumlah kolomnya.
Matriks Tegak dan Mendatar
Jenis-Jenis Matriks Berdasarkan Pola

  • Matriks Nol
Matriks Nol yaitu Matriks yang dimana elemen-elemennya bernilai Nol. Contohnya:

Matriks Nol
  • Matriks Identitas
Matriks identitas yaitu matriks persegi yang nilai pada diagonal utamanya yakni satu dan selain itu elemen-elemennya bernilai nol.

Matriks Identitas
  • Matriks Diagonal
Matriks diagonal yakni matriks persegi yang elemen-elemen selain diagonal utamanya bernilai nol.

Matriks Diagonal
  • Matriks Segitiga
Matriks segitiga ini masih dibagi menjadi 2 lagi, yaitu segitiga atas dan segitiga bawah.

⇒ Matriks Segitiga atas yakni matriks yang elemen-elemen dibawah diagonal utama bernilai nol.
⇒ Matriks Segitiga bawah yakni matriks yang elemen-elemen diatas diagonal utama bernilai nol.
Matriks Segitiga
  • Matriks Skalar
Matriks Skalar yakni matriks yang diagonal utamanya bernilai sama dan elemen lainnya bernilai nol.

Matriks Skalar

  • Matriks Simetris
Matriks Simetris yakni matriks yang elemen-elemen dibawah dan diatas diagonal utama yakni simetris, artinya elemen pada sel mn sama dengan elemen pada sel nm.

Matriks Simetris
Nah itu lah bahan kali ini mengenai Matriks Matematika Pengertian dan Jenis-Jenisnya, agar bermanfaat bagi kalian. Untuk yang ingin bertanya mampu meninggalkan komentar anda pada kolom yang sudah tersedia dibawah, dan kalau ada yang ingin bertanya mengenai PR kalian, mampu juga kalian tanyakan langsung.