Materi Sistem Informasi Geografis Kelas XII IPS

Materi Sistem Informasi Geografis Kelas XII IPS – Kali ini admin akan sedikit memberikan wacana materi kelas 12 wacana materi sig ips semester 2 , dalam mata pelajaran geografi sig biasanya dimanfaatkan sebagai rujukan penggunaan penglihatan jarak jauh yang mana akan di sampaikan pada materi kali ini

Sistem Informasi Geografi

Sebelum ke materi, admin akan memberi sedikit rujukan dari sig, rujukan dari sig itu sendiri bisa dalam bentuk aplikasi software, google map, aplikasi android, pemetaan pariwisata, dan sebagainya. Bentuk dari materi yang akan di sampaikan bisa berupa pengertian, pemetaan, tujuan, dan perangkat keras software, maupun hardware.

Sistem Informasi Geografis

Pengertian SIG

SIG ialah alat yang bermanfaat untuk mengumpulkan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan, serta pengubahan dan penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

Sistem Informasi Geografi menurut para ahli

Menurut Aronaff (pada tahun 1989 )SIG ialah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data serta memberi uraian

Tujuan pokok dari pemanfaatan Sistem Informasi Geografis 

Tujuan SIG ialah memudahkan mencari informasi dalam bentuk atribut suatu lokasi atau obyek. Ciri utama data yang bisa dimanfaatkan dalamnya ialah data yang telah terikat dengan lokasi dan merupakan data dasar yang belum dispesifikasi.

#Ini ialah Alasan mengapa perlu menggunakan SIG, diantaranya adalah:

  • sistem informasi geografis menggunakan data spasial
  • sistem informasi geografis dapat digunakan sebagai alat bantu interaktif memudahkan dalam usaha meningkatkan dan memperudah pemahaman unsur-unsur geografi yang ada dipermukaan bumi.
  • sistem informasi geografis dapat memisahkan antara bentuk database
  • sistem informasi geografis mempunyai kemampuan menguraikan unsur-unsur yang ada dipermukaan bumi kedalam beberapa layer atau coverage data spasial
  • Sistem informasi geografis mempunyai kemapuan yang baik dalam bentuk visual data spasial
  • sistem informasi geografis dengan mudah menghsilkan peta-peta tematik
  • sistem informasi geografis dapat di costumize dengan menggunakan perintah-perintah dalam bahasa script
  • Software dari sig menampilkan sistem pemetaan
Baca Juga:  KISI-KISI USBN SMP SMA SMK SMAK DAN SMTK TAHUN 2018 (2017/2018)

Secara lengkap terdiri atas perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia.

  • Perangkat Keras SIG bisa berupa flashdisk , hardisk , floopy disk , cpu , mouse , yang bekerjasama dengan komputer
  • Komponen insan sebagai pengguna, untuk pengumpulan, pengolahan, analisis dan geografis penyebaran data. GIS mempunyai berbagai elemen, aneka macam tugas insan atau komputer, dilema alat (software / hardware) dan benda-benda. SIG ialah sistem .

Memanfaatkan teknologi digital untuk melaksanakan analisis spasial. Sistem ini memanfaatkan perangkat keras dan lunak komputer untuk melaksanakan pengolahan data-data berikut ini.

  1. Perolehan dan verifikasi
  2. Kompilasi
  3. Penyimpanan
  4. Pembaruan dan perubahan
  5. Manajemen dan pertukaran
  6. Manipulasi
  7. Penyajian
  8. Analisis

Contoh Pemanfaatan SIG ( sistem informasi geografis )

Global Positioning System(GPS), yang terdiri dari perangkat Android.Sistem informasi ini diperlukan dapat membantu orang lebih mudah dalam pencarian lokasi menggunakan google map yang kini populer di dunia , dengan mudah seseorang dapat melacak lokasi kita menggunakan software tersebut , hal ini dapat mempermudah kita dalam pencarian lokasi .

Ada beberapa macam macam sistem informasi geografis ialah  bisa berupa file pdf , pemetaan , berbasis web, pariwisata, bahkan dalam bentuk android aplikasi, dan komputer software, bisa di bidang pertanian, dan kesehatan .