Materi Pengertian Kebugaran Jasmani, Unsur-Unsur dan Manfaat

Kesehatan yakni harta yang tak ternilai harganya, ya memang sangat benar sekali. Untuk itulah kita harus menjaga kebugaran jasmani kita supaya tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari penyakit.

Nah pada artikel ini saya akan mengembangkan wacana pengertian kebugaran jasmani untuk sahabat semua. Tapi saya tidak hanya membahas sebatas pengertian saja, melainkan saya juga akan membahas unsur-unsur dan manfaat kebugaran jasmani bagi kita.
Banyak orang mungkin termasuk saya dan sahabat yang kurang memerhatikan kebugaran tubuh. Contoh sederhananya ibarat jarang berolahraga dan sering mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak bergizi, atau istilah sederhananya tidak menjaga pola hidup sehat.
Memang, ketika usia muda mungkin belum terlalu terasa efeknya, namun percayalah jikalau kebiasaan buruk tersebut dilakukan secara terus-menerus, dampaknya akan terasa sangat buruk ketika kita sudah beranjak sampaumur nanti, tentunya kita tidak ingin kan dalam usia bau tanah kita malah sering sakit-sakitan.
Untuk itu, agar dengan artikel ini saya dan sahabat semua sadar akan pentingnya menjaga kebugaran badan dan menjaga pola hidup sehat semenjak dini, sebab Sehat yakni harta yang tidak bisa diganti dengan materi.
Point-Point Penting, Silahkan klik untuk melompat ke bahan yang sahabat inginkan:

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani
Nah bagi sahabat yang belum tahu apa yang dimaksud kebugaran jasmani itu, berikut ini saya akan jelaskan untuk sahabat semua.

Kebugaran jasmani yakni kemampuan badan kita untuk melaksanakan segala kegiatan keseharian tanpa harus mengalami kelelahan yang teramat sangat atau kelelahan yang berlebihan.

Setiap orang memiliki tingkat kebugaran yang berbeda-beda, semua itu tergantung kondisi badan dan kebiasaan yang dilakukan oleh orang tersebut. Biasanya, orang-orang dengan kegiatan fisik yang intens akan memiliki kebugaran badan yang bagus. Hal itu sebab ia melatih fisiknya secara terus menerus setiap harinya, sehingga ketika ia mengerjakan kegiatan kesehariannya, ia tidak akan merasa kecapean atau masih memiliki energi yang cukup untuk melaksanakan kegiatan lainnya.

Kebugaran jasmani seseorang akan semakin baik seiring ia sering melaksanakan latihan-latihan dasar kebugaran jasmani yang materinya akan saya bagikan pada simpulan artikel ini. Makara jikalau sahabat ingin tahu kelanjutannya, silahkan sahabat baca artikel ini hingga selesai.

Sampai disini saya percaya kalau sahabat semua sudah paham apa itu kebugaran jasmani, nah tapi sahabat tahu nggak latihan-latihan ibarat apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani kita? Oke jikalau sahabat tidak tahu dan penasaran, berikut ini beberapa komponen dan bentuk latihan kebugaran jasmani.

Oh ya sob, kan sahabat semua rata-rata masih sekolah, nah jikalau sahabat ingin mencari kawasan mencar ilmu yang asik dan seru, kunjungi aja Ruangguru.com, ada beberapa penawaran yang mungkin sahabat suka. Berikut ini sedikit penjelasannya.

Ruangguru menyediakan sarana untuk menonton lebih dari 2000 video pembahasan mengenai konsep dan soal-soal pelajaran yang dikemas secara menarik serta menyenangkan dengan tujuan membuat mencar ilmu menjadi lebih efisien dan efektif. Makara jangan lupa cek link diatas ya 🙂

Komponen Latihan Kebugaran Jasmani

#1. Kekuatan (Strenght)

Komponen yang pertama yakni kekuatan atau istilah kerennya disebut strenght. Kekuatan disini bisa diartikan sebagai keadaan badan yang bisa mempergunakan otot ketika dibebankan untuk menjalankan suatu aktivitas. Untuk memiliki otot yang kuat, sahabat bisa melaksanakan beberapa model latihan berikut ini:

  • Push-Up, untuk melatih kekuatan otot lengan
  • Sit-up, untuk melatih otot perut
  • Squat-jump, untuk melatih kekuatan tungkai dan otot perut
Saya yakin sahabat semua sudah pada tahu cara melaksanakan latihan-latihan diatas tadi jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi hehehehe. Sebenarnya ada latihan lain untuk memiliki otot yang kuat, misalnya untuk melatih otot lengan, kita bisa berlatih dengan menggunakan barbel, namun guru saya pernah menjelaskan, sebaiknya kita menggunakan badan kita terlebih dahulu untuk melatih otot, jangan menggunakan media lain ibarat barbel misalnya.
#2. Daya Tahan (Endurance)
Komponen selanjutnya yakni daya tahan atau endurance. Daya tahan disini maksudnya yakni kemampuan seseorang dalam menggunakan organ badan ibarat jantung, paru-paru dan organ badan lainnya secara efektif dan efisien untuk melaksanakan aktivitas.

Bentuk latihan daya tahan yang bisa sahabat praktekan setiap harinya yakni dengan jogging atau lari-lari kecil sejauh sekian kilometer. Tentunya ini sangat mudah untuk dilakukan bagi semua orang termasuk sahabat semua.
#3. Kecepatan (Speed)
Untuk menunjang produktivitas, tentunya kecepatan yakni komponen yang utama. Banyak sekali kegiatan keseharian kita yang menuntut kita untuk memiliki kecepatan, contohnya tidak lain yakni para atlet yang tentunya harus memiliki kecepatan, hampir semua cabang olahraga membutuhkan yang namanya kecepatan.
Untuk melatih kecepatan, sahabat bisa mencoba lari jarak pendek 100 dan 200 meter secara cepat atau sprint. Banyak latihan lain yang bisa sahabat untuk meningkatkan kecepatan sobat, dan tentunya saya yakin semua orang dengan fisik yang tepat bisa melakukannya, termasuk sahabat sendiri.

#4. Koordinasi dan Keseimbangan (Coordination and Balance)
Setiap orang memiliki tingkat koordinasi dan keseimbangan yang berbeda, tergantung seberapa sering kita melatihnya. Berikut ini penjelasan koordinasi dan keseimbangan.
Koordinasi adalah kemampuan untuk mengintegrasikan gerakan badan berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif. Kemampuan koordinasi badan dapat dilatih dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan ajun dan menangkapnya kembali menggunakan tangan kiri.
Keseimbangan adalah kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot dalam kondisi yang baik. Latihan-latihan fisik yang berkhasiat untuk melatih keseimbangan antara lain yakni latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan bangun dengan tangan sebagai tumpuannya.
#5. Kelincahan (Agility)
Kelincahan yakni kemampuan seseorang untuk bergerak dengan cepat dan tepat. Contoh kelincahan bisa sahabat lihat ketika Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo menggocek bola di laparang hijau. Itu merupakan referensi kemampuan kelincahan.
#6. Reaksi (Reaction)
Kemampuan selanjutnya yang perlu sahabat kuasai yakni rekasi yang bagus. Kemampuan reaksi sangat penting untuk kita latih, pasalnya dengan memiliki reaksi yang baik kita bisa menjaga diri kita dari kemungkinan ancaman disekitar kita. 
Contohnya jikalau ada barang jatuh dan hendak menimpa kita, dengan memiliki reaksi yang rupawan maka seketika kita bisa menghindarinya. Bentuk latihan yang bisa sahabat coba antara lain ibarat lempar tangkap bola.
#7. Ketepatan (Accuracy)
Selanjutnya yakni ketepatan atau akurasi. Memiliki akurasi yang baik yakni hal yang wajib bagi setiap atlet, contohnya atlet bola basket. Mereka harus memiliki akurasi menembak bola yang baik untuk bisa memasukkan bola kedalam ring dalam jarak yang jauh.
Contoh lain yakni pemain sepak bola harus memiliki akurasi tembakan yang tepat untuk bisa mencetak gol.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani
Ada berbagai manfaat dari kebugaran jasmani bagi badan kita, berikut ini beberapa diantaranya:
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah obesitas
  • Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi
  • Mencegah depresi
  • Membuat semua kegiatan keseharian menjadi lancar
Nah itu ia artikel kali ini, semoa bermanfaat dan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan tubuh, sebab kesehatan yakni harta yang tak ternilai harganya. Salam hangat dari admin .