Materi Hukum Archimedes Fisika Beserta Contoh

Hai semua, kali ini aku akan mengembangkan bahan hukum archimedes fisika beserta contohnya untuk teman semua. Nah sudah lama aku nggak membuat artikel untuk mapel fisika ini, dikarenakan aku masih resah untuk membuat rumus-rumus secara online dan membuatnya tampak rapi jikalau aku tulis di blog ini. Untuk itu bagi teman yang tahu aplikasi atau website untuk membuat rumus-rumus silahkan komen dibawah ya.

Oke, bahan ini sudah dipelajari semenjak teman duduk dibangku SMP seingat saya, dan akan dibahas lebih detail lagi saat SMA kelas 10 atau 11 dan seingat aku juga hukum archimedes menjadi salah satu bahan yang diujikan pada ujian nasional SMA dan tes SBMPTN.

Oh ya berbicara sedikit perihal UN dan SBMPTN, kedua ujian ini akan sangat menguras pikiran teman semua, terutama SBMPTN yang mana nantinya menentukan nasib teman apakah diterima di PTN atau tidak. Untuk itu teman harus mempersiapkan baik fisik maupun mental untuk menghadapi kedua ujian tersebut.

Nah untuk mempersiapkan itu, teman mampu berkunjung ke Ruangguru.com, disana teman mampu menemukan aneka macam macam materi-materi UN dan SBMPTN beserta teladan soal dan pembahasannya. Tidak hanya berbasis web, ruangguru juga tersedia dalam versi aplikasi ponsel yang mampu teman download secara pribadi di Play Store. Kaprikornus jangan lupa kunjungi ruangguru.com ya 🙂

Point-point penting, silahkan klik salah satu untuk melompat ke bahan yang ingin sobat pelajari:

Materi Hukum Archimedes Fisika

# Pengertian Gaya Archimedes
Gaya archimedes atau hukum archimedes ialah hukum yang menyatakan bahwa setiap benda yang tercelup baik seluruh atau sebagian dalam fluida, maka benda itu akan mendapatkan gaya apung atau gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat fluida (bisa air atau benda cair lain) yang dipindahkan oleh benda tersebut dan mempunyai arah gaya yang berlawanan.
Berikut ini suara gaya archimedes:

Zat cair akan menunjukkan gaya angkat terhadap suatu benda sebesar berat zat cair yang dipindahkan benda itu.

Gaya archimedes atau selanjutnya disebut sebagai gaya apung ini menimbulkan suatu benda dengan berat yang sama menjadi lebih ringan jikalau diangkat di dalam zat cair. Untuk membuktikannya, teman mampu mencoba mengangkat sebuah kerikil di luar kolam, kemudian teman berengan dan cobalah untuk mengangkat kerikil tersebut. Silahkan dicoba.

# Penerapan Hukum Archimedes

Jika teman ingin tahu benda apa saja yang prinsip kerjanya menggunakan hukum archimedes, berikut ini aku akan jelaskan.

⏩ Kapal Selam

Hukum Archimedes Fisika

Sobat pasti sudah tahukan apa itu kapal selam, nah ternyata kapal selam itu prinsip kerjanya menggunakan hukum archimedes ini. Jika kapal hendak menyelam, maka air laut dimasukkan ke dalam ruang cadangan sehingga membuat berat kapal bertambah. Untuk mengatur posisi kedalaman kapal selam, maka ada bab yang mengatur banyak sedikitnya air laut yang dimasukkan.

Sebaliknya, jikalau ingin mengapung, air laut dikeluarkan untuk membuat berat kapal selam menjadi berkurang. Jika suatu kapal selam menyelam terlalu dalam, maka akan menimbulkan kapal hancur, hal ini alasannya ialah tekanan hidrostatis yang semakin ke dalam semakin besar.

⏩ Hidrometer

Penerapan Hukum Archimedes

Bagi yang belum tahu apa itu hidrometer, jadi itu ialah alat untuk mengukur massa jenis suatu zat cair. Berbentuk tabung  yang berisi pemberat dan ruang udara sehingga akan terapung tegak dan stabil seketika.

Hidrometer terbuat dari beling dengan bab bawahnya diberi butiran timbal yang fungsinya sebagai beban sehingga tabung beling akan tetap tegak dalam zat cair.

⏩ Bejana Berhubungan

Contoh Soal Hukum Archimedes

Bejana berafiliasi ialah wadah yang tidak besekat atau saling berhubungan. Jika diisi zat cair yang sejenis, maka permukaannya akan sama tinggi, sedangkan jikalau diisi zat cair yang berbeda jenis, maka permukaannya akan berbeda tingginya.

Nah itu beberapa teladan penerapan hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari, sebetulnya masih ada teladan lain, jikalau teman ingin tahu silahkan sobat cek link berikut ini Penerapan Hukum Archimede dalam kehidupan sehari-hari.

# Rumus Gaya Archimedes

➤ Berat Benda di Air

w’ = w – Fa

Keterangan:
w’ : berat semu dalam air (N)
w : berat di udara (N)

Fa : gaya Archimedes (N)

➤ Gaya Archimedes

Fa = ρ . g . V

Keterangan:
ρ : massa jenis zat cair yang didesak benda (kg/m3)
g : percepatan gravitasi (10 m/s2)
V : volume zat cair yang didesak benda (m3)


# Contoh Hukum Archimedes

1. Sebuah balok dengan masssa 4 kg di udara. Bila volume balok 1.000 cm3, tentukan berat balok dalam air yang memiliki massa jenis 1.000 kg/m3 ??

Penyelesaian:

Diketahui:
m = 4 kg
V = 6.000 cm3 = 0,006 m3
ρ = 1.000 kg/m3

Ditanyakan:
w’ = . . . ?

Jawab:
w’ = w – Fa
w ‘ = m . g – ρ . g . V
w’ = 4. 10 – 1.000 . 10 . 0,001
w’ = 30 N
Jadi, berat balok tersebut dalam air adalah 30 N.

(UPDATING……)

Nah itu dia materi kali ini, jikalau teman banyak yang meminta model teladan lain silahkan sobat komen dibawah, jikalau ada waktu aku akan update.