Mata-Mata yang Ada di Teknologi Sekitar Diri Kita (Senjata Makan Tuan)

Mata-mata ialah sesuatu hal yang wajar dalam keseharian kita di mana adanya pihak yang berusaha untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh pihak lain untuk aneka macam kepentingan.  Tidak hanya lembaga intelejen saja yang melaksanakan kegiatan spionase, organisasi bisnis, organisasi nirlaba dan fatwa sesat pun terkadang melaksanakan kegiatan memata-matai pihak yang lain.  Beberapa tujuan kegiatan mata-mata yaitu untuk harta, tahta, wanita, kedamaian, dan lain sebagainya.

Kegiatan memata-matai tidak hanya dilakukan oleh pihak yang berwenang dan berkuasa di suatu wilayah saja, namun biasanya pihak-pihak yang tidak berwenang dari dalam dan luar wilayah tersebut juga mampu melaksanakan kegiatan mata-mata.  Pihak yang berwenang pun tak jarang menjadi korban spionase oleh pihak asing.  Entah hingga kapan kegiatan mata-mata akan berakhir di dunia yang fana ini.  Kita sebagai orang biasa pun mungkin saja juga telah menjadi korban mata-mata sehingga aneka macam data-data langsung kita telah berada di tangan mereka yang akan mereka gunakan untuk melawan atau menjerat kita suatu ketika nanti.

Berikut ini ialah beberapa teknologi yang kita miliki yang mampu memata-matai diri kita sendiri :

1. Pencitraan Satelit

Seperti yang kita lihat di film bioskop atau televisi bahwa teknologi untuk melihat seseorang dari kamera satelit yang ada di ruang angkasa sangat memungkinkan sekali untuk diwujudkan.  Apalagi ketika ini kita telah mempunyai peta dunia yang dibuat dari gabungan foto-foto satelit asli hingga jarak yang cukup dekat.  Jadi bila pihak-pihak yang memiliki kontrol atas satelit mata-mata tersebut ingin melihat kita yang sedang berada di luar rumah mungkin dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.  Apalagi negara kita yang berada di garis khatulistiwa di mana kebanyakan satelit luar angkasa berada.

2. Jaringan Telepon

Handphone alias ponsel dan juga telepon sambungan tetap alias telepon kabel sangat mungkin untuk diperintahkan untuk menyadap segala kegiatan yang kita lakukan.  Perkembangan teknologi telepon ketika ini yang semakin menjadi ibarat komputer juga sangat mempermudah banyak pihak untuk memata-matai kita.  Hape kita pun mampu saja terus-menerus merekam bunyi pembicaraan kita dan juga gambar video dari kameranya untuk kemudian di kirim ke pihak-pihak tertentu walaupun handphone kita matikan.  Komputer milik langsung kita saja mampu digunakan orang untuk menjadi mata-mata pemiliknya, begitu pun juga pada telepon.  Bebagai kegiatan di hp ibarat telepon, sms, mms, messenger, browsing, email, dan lain sebagainya mampu diketahui oleh aneka macam pihak.

3. Jaringan Internet

Komputer yang terhubung dengan internet mampu jadi telah disusupi acara jahat untuk memantau diri kita baik dari segi rekaman bunyi maupun rekaman gambar video.  Setelah direkam, lalu komputer secara otomatis mengirimkannya kepada pihak-pihak tertentu lewat jaringan internet yang ada.  Salah satu cara yang aman untuk tidak dimata-matai ialah tidak memasang internet sama sekali pada komputer yang ada di sekitar kita.  Termasuk juga piranti keras yang diharapkan untuk terkoneksi dengan internet dan pertukaran data ibarat lan, wi-fi, bluetooth, infra red, dan lain sebagainya.  Bebagai kegiatan online ibarat browsing, email, chatting, blogging, tele confrence, dan lain sebagainya mampu diketahui oleh aneka macam pihak.

4. Kamera CCTV

Tanpa kita sadari mungkin di sekitar kita telah terpasang banyak kamera cctv khususnya di tempat-tempat publik ibarat jalan raya, sekolah, rumah sakit, pasar, mall, kantor pemerintah, kantor swasta dan lain sebagainya.  Kamera tersebut mungkin saja terhubung dengan internet atau jaringan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh aneka macam pihak untuk memata-matai orang-orang yang dikehendakinya.

5. Kartu Identitas

Bukan sesuatu yang tidak mungkin di dalam kartu identitas yang kita bawa sehari-hari ibarat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Kredit, dan lain sebagainya telah disusupi oleh alat yang mampu terlacak oleh suatu mesin khusus.  Jadi nantinya di mana pun eksistensi kita dapat dengan mudah dilacak oleh alat tersebut tanpa kita sadari.  Perkembangan teknologi yang serba canggih belakangan ini sangat memungkinkan hal ini mampu terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di mana pun kita berada walau secanggih apa pun kita, tetap saja kita akan sulit untuk bersembunyi dari pihak-pihak yang memiliki perangkat mata-mata yang canggih.   Terlebih lagi kita tidak akan pernah mampu bersembunyi dari Tuhan kita Yang Mahakuasa SWT yang Maha menghidupkan dan mematikan kita.