Masa Subur Seorang Wanita Setelah Melahirkan

Setelah beberapa bulan gres melahirkan, selang beberapa bulan kemudian wanita tersebut hamil lagi. Sering terdapat pertanyaan kenapa bisa. Bunda, jangan khawatir, keadaan ini bukan hal yang aneh, bahkan hal ini sering terjadi dan normal. Setelah melahirkan, biasanya wanita tersebut akan mengeluarkan banyak darah menyerupai halnya pada dikala menstruasi. Hal ini lebih dikenal dengan nifas. Sebenarnya hal ini terjadi karena  dinding rahim sedang dibersihkan serta mengeluarkan sisa-sisa plasenta dalam rahim.

Ketika terjadi kehamilan lagi setelah beberapa bulan melahirkan, hal ini karena bunda memang dalam keadaan subur. Nah, kapankah wanita tersebut masuk dalam masa subur? Biasanya, bunda akan memperlihatkan ASI ekslusif bagi bayi akan mengalami menstruasi lagi sekitar 6 ahad kemudian setelah melahirkan. Namun, ada pula yang hingga 8 hingga 10 ahad setelahnya. Jika dihitung, sebulan pasca melahirkan, anda akan dalam masa subur wanita.

Ketika kemudian akan ada pertanyaan lagi apakah masa wanita subur ini akan teratur, hal ini tentunya akan tergantung pada masing-masing individu. Nah, khusus bagi bunda yang menyusui ASI ekslusif, biasanya masa subur akan menjadi teratur setelah 12 hingga 18 bulan. Adaptasi badan akan menghipnotis masa kesuburan wanita setelah melahirkan. Dengan pengaruh dari pembiasaan badan ini, masa kesuburan seorang wanita mampu lebih cepat ataupun lambat.

Setelah melahirkan, kemudian bunda mengandung lagi, hal ini terjadi karena bunda mengalami menstruasi setidaknya selama 6 minggu. Kemungkinan wanita hamil setelah melahirkan tentu saja setelah melaksanakan kekerabatan suami istri di masa kesuburan wanita setelah melahirkan. Pada umunya, setelah 14 hari terhitung mulai sebelum menstruasi, wanita tersebut tergolong dalam masa subur wanita setelah melahirkan. Sehingga, kalau anda dan pasangan belum menginginkan mempunyai keturunan lagi, maka akan ebih baik kalau menggunakan alat kontrasepsi pilihan pada dikala berafiliasi suami istri. Hal ini untuk mencegah terjadinya kehamilan setelah melahirkan.

Mengetahui keadaan dan masa subur wanita pasca melahirkan membuat pasangan akan lebih menjaga dan memahami kapan waktunya memakai alat kontrasepsi. Dengan demikian, perencanaan mempunyai keturunan pasca melahirkan akan lebih terkontrol. Sehingga bunda tidak akan merasa kaget ketika hamil setelah melahirkan dalam waktu yang bersahabat atau beberapa ahad saja. Yang pada dasarnya, hal ini disebabkan oleh ketentuan masa subur pada wanita tersebut.

Ringkasan:

  • Pasca melahirkan, dinding rahim wanita akan dibersihkan dari sisa-sisa plasenta dan dinamakan dengan masa nifas.
  • Pemberian ASI ekslusif pada bayi oleh seorang ibu mampu menghipnotis masa subur wanita tersebut.
  • Pada umumnya wanita pasca melahirkan akan masuk masa subur setidaknya 6 ahad pasca melahirkan.
  • Masa subur wanita akan kembali teratur setealh kurang lebih antara 12 hingga 18 bulan pasca melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *