Manfaat Senam Nifas Setelah Persalinan

Tips Senam Nifas Setelah Persalinan

Senam Nifas Setelah Persalinan dapat membantu anda yang kurang percaya diri dengan penampilan, alasannya yaitu ketidaknyamanan dalam menyesuaikan perubahan yang terjadi setelah persalinan. Adapun Senam Nifas yaitu latihan gerak yang dilakukan untuk menunjukkan kenyamanan pada otot-otot tubuh, dan mampu dimulai enam jam setelah persalinan yang dilakukan bertahap dan berkelanjutan.

Senam nifas akan menunjukkan kenyamanan dalam bentuk fisik, menunjukkan kelancaran dalam proses pengembalian rahim ke bentuk semula, membantu mempercepat kembalinya kondisi badan setelah persalinan dan mencegah beberapa komplikasi setelah persalinan. Senam Nifas juga bermanfaat memperbaiki sirkulasi darah setelah persalinan. Namun tentu senam nifas hanya mampu dilakukan pada ibu yang mempunyai kondisi yang sehat, tidak mengalami kelainan pada masa hamil maupun persalinan.

Senam nifas untuk persalinan normal dapat dilakukan pada hari pertama setelah persalinan dengan melatih pernapasan dengan tujuan melancarkan peredaran darah, sehingga organ badan akan kembali pulih setelah persalinan. Senam nifas untuk persalinan normal perlu memperhatikan kontraksi otot panggul sebelum duduk, dan dikala duduk pilih dasar dingklik yang besar lengan berkuasa dan agak keras dengan tujuan dapat menahan otot panggul. Saat duduk dan berdiri anda tidak boleh terlalu lama. Senam Nifas yang paling mudah yaitu dengan melaksanakan senam kegel, alasannya yaitu selain bermanfaat gerakan ini aman dilakukan tanpa takut jahitan. Dengan senam kegel, dapat menguatkan otot otot sekitar vagina dan mempercepat penyembuhan jalan lahir.

Sedangkan Manfaat Senam Nifas untuk Persalinan Caesar yaitu dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kandung kemih dan usus besar. Namun untuk melaksanakan latihan fisik senam nifas tentu harus dengan seizin dokter. Untuk persalinan caesar, senam nifas mampu dimulai setelah ahad pertama setelah  persalinan. Anda harus memperhatikan posisi bangkit dari tidur, yang harus sangat perlahan lahan, dan untuk mengurangi rasa sakit  bisa dengan menempelkan bantal kecil.

Selain bermanfaat terhadap kebugaran tubuh, Senam nifas juga dapat mengurangi nanah yang terjadi pada involusi uterus, yang diakibatkan ada sisa darah yang tidak dapat keluar sehingga mengurangi resiko pendarahan abnormal dan menghindari pembekuan darah yang menyumbat vena. Senam Nifas mampu dilakukan di klinik persalinan dikala anda bersalin dan selanjutnya dapat melakukannya dirumah anda untuk tetap menjaga kesehatan setelah persalinan yang berkelanjutan.

Ringkasan:

  • Senam nifas dapat menunjukkan kenyamanan dan rasa rileks setelah persalinan,
  • Salah satu gerakan senam nifas yang paling sederhana yaitu melaksanakan senam kegel,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *