Manfaat Minum Anggur Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita

Manfaat Minum Anggur Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita – Mengkonsumsi alkohol yang cukup sebagai bab dari gaya hidup sehat, dapat meningkatkan kesehatan tulang wanita dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.
Sebuah studi gres memperlihatkan mengenai pengaruh alkohol terhadap wanita postmenopause. Para peneliti dari Oregon State University menemukan bukti bahwa, terjadi peningkatan pergantian tulang yang signifikan pada wanita yang berhenti minum alkohol selama dua minggu.
Tulang merupakan jaringan hidup, dimana tulang yang sudah bau tanah akan dihilangkan dan diganti dengan tulang yang baru. Sedangkan pada penderita osteoporosis, tulang yang rusak lebih banyak dibandingkan dengan tulang yang diregenerasi. Sekitar 80% orang yang mengalami osteoprosis ialah wanita, dan wanita yang mengalami postmenopause  memiliki risiko yang lebih tinggi menderita osteoprosis alasannya ialah mengalami penurunan produksi hormon estrogen. Hormon estrogen memiliki fungsi yang penting untuk menjaga kekuatan tulang dengan menjaga keseimbangan pergantian tulang.

Studi sebelumnya telah memperlihatkan bahwa, peminum alkohol moderat memiliki kepadatan tulang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak minum alkohol atau peminum berat, tetapi masih belum menyediakan alasan yang jelas. Peneliti menerka bahwa, alkohol bertindak menyerupai estrogen dalam mengurangi proses pergantian tulang.
Pada studi yang dilakukan sekarang dan dipublikasikan 11 Juli 2012 di Jurnal Menopause, para peneliti dari Laboratorium Skeletal Biology OSU mempelajari 40 wanita yang mengalami postmenopause tahap awal yang meminum alkohol satu sampai dua kali sehari. Para wanita tersebut tidak sedang dalam terapi hormon dan tidak memiliki riwayat patah tulang akhir osteoporosis.
Manfaat Minum Anggur Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita Manfaat Minum Anggur Untuk Mencegah Osteoporosis Pada Wanita
Mengkonsumsi alkohol yang cukup sebagai bab dari gaya hidup sehat, dapat meningkatkan kesehatan tulang wanita dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis. (Credit: photos.com)
Para peneliti menemukan bukti bahwa,terjadi peningkatan pergantian tulang (faktor risiko patah tulang akhir osteoporosis) pada ketika para partisipan berhenti minum alkohol selama 2 minggu. Hal yang lebih mengejutkan adalah, para peneliti menemukan bahwa, ketika para wanita tersebut kembali meminum alkohol, dalam jangka waktu kurang dari sehari proses pergantian tulang mereka kembali pada tingkat sebelumnya.
“Meminum alkohol secara cukup sebagai bab dari gaya hidup sehat dan diet yang mengagumkan serta berolahraga sangat menguntungkan untuk kesehatan tulang, terutama pada wanita postmenopause,” kata Urzula Iwaniec, seorang associate professor di  College of Public Health and Human Sciences,OSU, yang juga merupakan salah satu penulis pada penelitian ini. “Merupakan hal yang sangat tidak terduga, ketika melihat efeknya terjadi hanya dalam waktu kurang dari 24 jam.”
Penelitian ini penting, alasannya ialah memperlihatkan mekanisme seluler yang berafiliasi dengan peningkatan kepadatan tulang dari wanita postmenopause yang merupakan peminum alkohol moderat.
Para peneliti mengatakan, banyak pengobatan untuk mencegah tulang keropos sangatlah mahal, belum lagi efek samping yang ditimbulkan. Meminum alkohol secara berlebih dapat mengakibatkan efek negatif pada kesehatan, di lain sisi, dengan meminum alkohol secara cukup dan teratur dapat membantu wanita post menopause untuk menjaga kesehatan tulang mereka.
“Semua orang kehilangan tulang mereka seiring dengan penuaan, tetapi tidak semua orang mengalami osteoporosis,” kata Turner, yang juga merupakan salah satu penulis pada studi ini. “Dengan mengetahui faktor yang menghipnotis osteoporosis, menyerupai konsumsi alkohol secara moderat (cukup), dapat menyediaka berita kepada semua orang untuk meilih gaya hidupnya.”
Studi ini didanai oleh National Institutes of Health and the John C. Erkkila, M.D. Endowment for Health and Human Performance.
Referensi Jurnal :
Marrone, Jill A.; Maddalozzo, Gianni F.; Branscum, Adam J.; Hardin, Karin; Cialdella-Kam, Lynn; Philbrick, Kenneth A.; Breggia, Anne C.; Rosen, Clifford J.; Turner, Russell T.; Iwaniec, Urszula T. Moderate alcohol intake lowers biochemical markers of bone turnover in postmenopausal women. Menopause, 9 July 2012 DOI: 10.1097/GME.0b013e31824ac071
Arikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disedikan oleh Oregon State University, via Science Daily (11 Juli 2012).


Sumber http://www.nafiun.com/