Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan


Kulit pisang yang selalu kita buang sehabis dimakan isinya ternyata banyak memiliki manfaat baik terutama bagi kecantikan dan kesehatan. Jangan dibuang, karena membuangnya pun tak boleh sembarangan karena mampu membuat orang terpeleset dan jatuh.

Selain daging buah pisang yang sangat bergizi, ternyata episode kulitnya pun kaya akan banyak nutrisi dan karbohidrat. Hal ini nutrisi yang paling tinggi dalam kulit pisang yaitu serat jenis larut dan tak larut , vitamin B6, vitamin B12 , magnesium dan juga kalium menyerupai pada daging buahnya. Kandungan gula akan mencapai kadar tertinggi dikala kulit pisang telah berubah menghitam.

Berikut Manfaat kulit buah pisang untuk kesehatan, kecantikan, dan lainnya :
1. Untuk Kesehatan
Kulit pisang mampu dimakan mentah, namun tentu saja rasanya sepat dan tak enak. Namun dikala buah pisang sudah matang, kulitnya mampu menjadi lebih tipis, dengan memiliki rasa yang sedikit lebih manis dan lebih mudah untuk dikunyah. Sebagian orang memilih untuk merebus kulit pisang selama 10 menit atau lebih sebelum dimakan. Hal ini juga biasa dijus bersama dengan buah-buahan lainnya biar rasanya mampu lebih baik. Memakan kulit pisang akan memperoleh manfaat dari kandungan gizinya yang tinggi menyerupai yang sudah dijelaskan di atas.

Kalium juga banyak terdapat dalam kulit pisang, baca manfaat kalium disini. Sementara serat jenis larut dan tidak larut bermanfaat melncarkan pergerakan usus dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kulit pisang juga mengandung triptofan, yaitu kimia yang berperan meningkatkan kadar serotonin dalam badan serta mensugesti mood. Para peneliti di Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit buah pisang mampu meringankan depresi, hal ini karena efeknya terhadapi serotonin (merupakan neurotransmitter di otak yang ikut berperan dalam menyeimbangkan suasana hati dan emosi).

Penemuan lainnya bahwa memakan kulit dari 2 buah pisang sehari selama tiga hari meningkatkan kadar serotonin darah hingga sebesar 16 persen. Kulit pisang juga mengandung lutein, yaitu jenis antioksidan besar lengan berkuasa yang berperan melindungi mata dari dampak radikal bebas dan radiasi UV sinar matahari. Lutein juga telah terbukti bermanfaat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

2. Memutihkan gigi alami
Menggosok gigi dengan kulit pisang selama sekitar 1 menit setiap hari selama satu ahad mampu membuat gigi menjadi putih. Jadi, dikala makan buah pisang(1 buah sehari), jangan pribadi dibuang kulitnya, sehabis makan buahnya gosokkan kulitnya pada gigi.

3. Menghilangkan Kutil
Kutil yaitu kondisi umum yang seringkali datang tanpa diketahui darimana. Kulit pisang ternyata mampu membantu menghilangkan kutil dan mencegah tumbuh baru. Caranya cukup hanya dengan menggosok kulit yang ada kutilnya, atau menempelkan kulit pisang yang dilembutkan diatas kutil semalaman.

4. Menyembuhkan Jerawat
Jerawat mampu menjadi dilema serius kecantikan dan sulit di atasi, namun hanya dengan kulit buah pisang ternyata mampu disembuhkan. Caranya mudah, cukup pijatkan kulit pisang yang lembut pada wajah nda selama 5 menit setiap. Hasil akan terlihat dalam waktu seminggu kalau rutin dilakukan. Kaprikornus cobalah untuk menerapkan pada kulit secara rutin hingga bisul hilang.

5. Mengurangi Kulit Keriput 
Kulit pisang mampu membantu untuk menjaga kulit dan mencegah dehidrasi kulit. Caranya, ambil kulit pisang yang bersih, tambahkan kuning telur, kemudian haluskan untuk membuat pasta. Oleskan pasta kulit pisang dan kuning telur pada wajah Anda dan biarkan selama 5 menit. Cuci kemudian.

6. Menghilangkan nyeri
Oleskan bubur kulit pisang secara pribadi pada tempat kulit yang nyeri. Biarkan selama 30 menit hingga rasa nyeri hilang. Campuran minyak sayur dan kulit pisang juga mampu membantu menghilangkan rasa nyeri atau sakit.

7. Membantu menyembuhkan Psoriasis
Psoriasis yaitu radang kronis, mampu jawaban autoimun atau gangguan kekebalan badan yang ditandai dengan gejala umum pada kulit menyerupai bercak putih atau menyerupai bersisik tebal. Oleskan kulit pada tempat yang terkena psoriasis untuk membantu meringankannya. Kulit pisang memiliki sifat pelembab alami, serta mampu mengurangi rasa gatal. Dengan terapi kulit pisang, psoriasis mampu teratasi dalam waktu singkat.

8. Menyembuhkan bekas gigitan serangga
Gigit nyamuk mampu menjadikan reaksi gatal dan berwarna merah pada kulit, dan mampu cepat dihilangkan dengan kulit buah pisang. Caranya pijat kulit yang terkena gigitan nyamuk dengan kulit pisang, nggak butuh lama rasa gatal dan memerah pada kulit akan hilang.

9. Mengkilapkan sepatu kulit dan logam perak
Jika anda punya sepatu kulit, cobalah di gosok pakai kulit pisang. Serta pemanis atau souvenir dari perak, kalau digosok pakai kulit pisang akan pribadi terlihat bersih dan mengkilap.
Tips :
  1. Gunakan kulit buah pisang yang masih segar.
  2. Jangan menyimpan kulit pisang yang telah dikupas terlalu lama. Konsumsi pribadi setelah dikupas
  3. Simpanlah buah pisang di tempat yang sejuk dan kering, serta jauhkan dari panas atau sinar matahari langsung.
  4. Jangan menyimpan kulit pisang di kulkas
  5. Jangan membuang kulit pisang sembaran




Semoga bermanfaat