Manfaat, Kegunaan Asam Karboksilat, Dampak, Bahaya, Senyawa Kimia

Manfaat, Kegunaan Asam Karboksilat, Dampak, Bahaya, Senyawa Kimia – Kegunaan asam etanoal dan asam metanoat akan dijelaskan pada materi di bawah ini.
a. Asam Etanoat
Asam etanoat (asam asetat) merupakan asam karboksilat yang paling penting. Zat ini dihasilkan secara industri dengan mengoksidasi asetaldehid, materi mentah yang didapat dari oksidasi etanol atau hidrasi asetilen. Asam asetat atau asam cuka, dibentuk ketika kuman acetobacter mengoksidasi etanol. Cuka pasar yang mengandung sekitar 5 persen asam asetat dalam air, telah digunakan selama berabad-abad untuk menyedapkan makanan. Orang pertama yang mensintesa asam asetat eksklusif dari unsur kimia yakni Adoph Kolbe (Jerman, 1818–1884) pada tahun 1845. Asam asetat digunakan pada pembuatan selulosa asetat, vinil asetat, obatobatan, pewarna, insektisida, materi kimia fotografi, dan pengawet makanan.
b. Asam Metanoat
Asam metanoat atau asam format dimanfaatkan pada pembuatan pewarna, insektisida, parfum, obat-obatan, dan plastik.
c. Asam karboksilat sebagai materi untuk membuat ester.
Asam karboksilat umumnya merupakan lemah asam, tetapi itu tidak berarti bahwa materi kimia ini tidak dapat bersifat korosif atau menjadikan ancaman lainnya. Selalu gunakan alat pelindung diri (APD) yang sempurna menyerupai kacamata dan sarung tangan ketika bekerja dengan asam karboksilat. Berhati-hatilah untuk melaksanakan penyimpanan atau jangan disimpan bersamaan dengan materi kimia yang tidak kompatibel (menimbulkan reaksi) menyerupai basa. Hindari menyimpannya di dalam kontainer lemari besi, yang dapat menjadikan korosi. Asam karboksilat mungkin juga dapat berupa senyawa yang mudah terbakar (titik nyala di bawah 37,8 oF) atau juga titik nyalanya di atas 37,8 oF.

Anda sekarang sudah mengetahui Kegunaan Asam Karboksilat. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.

Referensi :
Sukmanawati, W. 2009. Kimia 3 : Untuk SMA/ MA Kelas XII. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, p. 266.


Sumber http://www.nafiun.com/