Manfaat Jahe Untuk Meringankan Nyeri Otot

Manfaat Jahe Untuk Meringankan Nyeri Otot – Selama berabad-abad, jahe telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati aneka macam penyakit menyerupai pilek dan sakit perut.Tapi sekarang, para peneliti di University of Georgia telah menemukan bahwa konsumsi jahe setiap hari juga mengurangi nyeri otot akhir acara berat. Meskipun manfaat jahe telah diketahui dapat menghasilkan efek anti-inflamasi pada hewan pengerat, namun efek jahe pada nyeri otot insan belum diselidiki secara luas, kata Patrick O’Connor, seorang profesor di College of Departemen Pendidikan kinesiologi. Ia juga percaya bahwa jahe yang dipanaskan, mungkin dapat meningkatkan efek penghilang rasa sakit.
Jahe juga dikenal mengandung zat kimia yang bekerja hampir sama dengan obat anti-radang non-steroid menyerupai ibuprofen dan aspirin.

O’Connor melaksanakan dua studi yang menguji efek dari pengobatan pada nyeri otot menggunakan jahe mentah dan dan jahe panas. Efek ini diamati selama 11 hari. Rekan penelitinya yaitu Chris Black, tangan kanan profesor kinesiologi di Georgia College dan State University di Milledgeville, Matt Herring dan David Hurley, mahasiswa S3 UGA, dan seorang profesor kesehatan masyarakat di UGA’s College of Veterinary Medicine.
Manfaat Jahe Untuk Meringankan Nyeri Otot Manfaat Jahe Untuk Meringankan Nyeri Otot
Jahe dan jahe cincang. (Credit: iStockphoto/James Driscoll)
Peserta dalam penelitian, 34 relawan dan 40 relawan. Studi 1 dilakukan untuk mengamati efek dari jahe mentah sedangkan studi 2 dilakukan untuk mengamati efek jahe panas. Partisipan diberikan kapsul yang mengandung 2 gram jahe mentah (studi 1) dan jahe panas (studi 2) selama 11 hari. Tujuan penggunaan jahe panas yaitu untuk mengetahui efek plasebo dari konsumsi jahe.
Pada hari ke-8, partisipan diuji dengan cara mengangkat beban untuk mengukur cedera otot sedang pada lengan termasuk fungsi, peradangan dan rasa nyeri sebelum berlatih dan tiga hari kemudian. Tingkat dari kandungan kimia dalam badan juga diukur sebelum dan setelah berlatih.
Penelitian membuktikan, asupan jahe setiap hari mengurangi nyeri akhir latihan olahraga sekitar 25 persen. Sementara itu, menghangatkan jahe tersebut sebelum dikonsumsi tidak memiliki efek signifikan, bahkan efeknya hanya 23 persen.
“Biaya personal dan ekonomi dari rasa nyeri sangat tinggi. Nyeri otot umumnya merupakan salah satu jenis yang paling umum dari rasa sakit dan nyeri otot akhir acara berat secara khusus merupakan jenis paling umum dari cedera yang berafiliasi dengan olahraga atau rekreasi (misalnya, berkebun). Segala sesuatu yang dapat meringankan jenis sakit tersebut akan sangat diapresiasi oleh orang-orang yang mengalami rasa sakit tersebut. Kata O’Connor.
Studi ini diterbitkan dalam edisi September The Journal of Pain.Studi ini didanai oleh McCormick Science Institute.
 Referensi Jurnal :
Christopher D. Black, Matthew P. Herring, David J. Hurley, Patrick J. O’Connor. Ginger (Zingiber officinale) Reduces Muscle Pain Caused by Eccentric Exercise. The Journal of Pain, 2010; DOI: 10.1016/j.jpain.2009.12.013
Artikel ini merupakan terjemahan dari bahan yang disediakan oleh University of Georgia via Science Daily (3 Juni 2011). Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/