Manfaat Jahe untuk Mengurangi Efek Samping Kemoterapi

Manfaat Jahe untuk Mengurangi Efek Samping Kemoterapi – Ketika menjalani kemoterapi, pasien kanker sering mengalami efek samping ibarat kehilangan nafsu makan, mual atau kesulitan mengunyah dan menelan. Jahe mampu mengurangi efek samping tersebut.
Para dokter di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi, sekarang sedang mencari cara herbal untuk membantu pasien kanker mengatasi efek samping dari kemoterapi.
Ahli onkologi di rumah sakit tersebut telah bereksperimen dengan debu jahe untuk mengurangi keparahan muah, mudah yang ditimbulkan alasannya yakni kemoterapi (chemotherapy induced nausea vomiting atau CINV).
Manfaat Jahe untuk Mengurangi Efek Samping Kemoterapi Manfaat Jahe untuk Mengurangi Efek Samping Kemoterapi
Jahe (Foto: Thinkstock)
Mual dan muntah yakni efek samping paling utama pada pasien kanker setelah menjalani perawatan kemoterapi.
“Tingkat keparahan mual muntah yang diinduksi kemoterapi dapat dikurangi dengan jahe, eksperimen kami menyampaikan demikian,” Dr Sameer Bakhshi, dari Departemen Onkologi Medis, AIIMS, New Delhi, ibarat dilansir Indiavision, Jumat (21/7/2011).
Setelah keberhasilan penelitian tersebut, dokter di AIIMS dapat mengatakan bahwa ada kebutuhan untuk menyedian debu akar jahe dalam bentuk kapsul dalam dosis bervariasi untuk digunakan sebagai terapi pelengkap pada pasien yang mendapatkan kemoterapi dengan potensi muntah yang tinggi.
Dalam penelitian tersebut, peneliti memiliki secara acak 60 pasien berusia antara 18 sampai 21 tahun.
“Ini yakni penelitian double-blind acak institusional tunggal yang dilakukan di sentra kami di tahun 2009. Baik pasien maupun pewawancara pasien tahu perihal pasien yang diberikan dengan dosis debu akar jahe, “kata Dr Bakhshi, yang memimpin penelitian.
Dia mengatakan bahwa dosis yang diberikan sesuai dengan berat orang tersebut. Sementara pasien yang beratnya antara 20 kg sampai 40 kg diberikan 167 mg kapsul debu akar jahe, sedangkan pasien dalam kategori berat 40 kg sampai 60kg diberikan 400 mg.
Enam kapsul akar jahe diberikan pada interval waktu yang berbeda setelah mulai infus kemoterapi.
“Meskipun debu akar jahe efektif dalam mengurangi keparahan mual dan muntah akut, itu tidak menghilangkan gejala sepenuhnya. Kapsul ditoleransi dengan baik oleh bawah umur dan orang remaja muda dalam studi kami dan tidak ada efek samping,” katanya.
Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal of Pediatric Blood and Cancer.
Anda sekarang sudah mengetahui Manfaat Jahe untuk Mengurangi Efek Samping Kemoterapi.

Penulis : Merry Wahyuningsih
Sumber : detikHealth (Jumat, 22/07/2011 08:08 WIB)

Sumber http://www.nafiun.com/