Manfaat Gel Dan Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Gel Dan Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan – Lidah buaya atau aloe vera atau nama latinnya yakni Aloe barbadensis Milleer merupakan tanaman yang sering kita jumpai di sekitar kita. Lidah buaya juga merupakan tanaman obat keluarga. Sejak ribuan tahun lalu, tanaman ini sudah digunakan sebagai sebagai obat alami. Kali ini Perpustakaan Cyber akan menunjukkan berita mengenai manfaat pengecap buaya.

1. Gel Lidah Buaya
Gel pengecap buaya merupakan salah satu obat nabati tertua dan yang paling umum ada di rumah. Gel, getah dan jus pengecap buaya baik mentah maupun telah  diproses,  telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati aneka macam macam penyakit. Tidak ibarat banyak obat rumahan lainnya, beberapa manfaat pengecap buaya telah terlihat menjanjikan pada uji klinis awal dan manfaat yang lainnya telah terbukti secara meyakinkan. Menggunakan pengecap buaya untuk tujuan pengobatan sebaiknya tidak boleh menggantikan saran dari dokter atau resep obat.
Manfaat Gel Dan Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan Manfaat Gel Dan Jus Lidah Buaya Untuk Kesehatan
Gel, getah dan jus pengecap buaya baik mentah maupun telah diproses, telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati aneka macam macam penyakit.(Credit: Digital Vision/Photodisc/Getty Images)
1.1. Menyembuhkan Luka bakar
Menurut sebuah review  tahun 2007 diterbitkan di “Burns,” (jurnal Masyarakat Internasional untuk Luka Bakar), setidaknya empat studi telah menunjukkan bahwa luka bakar ringan yang diobati dengan pengecap buaya sembuh delapan hari lebih cepat daripada luka bakar yang tidak diberi pengecap buaya. Kajian tersebut menunjukkan bahwa, pengecap buaya kemungkinan efektif mengobati luka bakar tingkat pertama dan kedua. Meskipun diharapkan penelitian dengan kontrol klinis yang lebih ketat. Jangan pernah mencoba untuk mengobati luka bakar serius tanpa berkonsultasi dengan dokter.
1.2. Meredakan Sembelit 
Gel yang ada di dalam daun pengecap buaya mengandung zat yang disebut aloin, yang merupakan obat pencahar yang kuat. Menurut para peneliti di MayoClinic.com, sifat pencahar dari aloin telah dibuktikan secara ilmiah, meskipun tes pada obat pencahar yang mengandung pengecap buaya bersama dengan materi lain kurang meyakinkan. The University of Maryland Medical Center memperingatkan bahwa ada pencahar nabati lainnya, ibarat senna dan Cascara, yang lebih aman dan tidak terlalu keras.
1.3. Menyembuhkan Herpes Genital
MayoClinic.com telah menunjukkan pengecap buaya nilai “B” untuk efektivitasnya mengobati herpes genital pada pria. Sebuah studi yang di review di “Journal of Dermatology India” menemukan bahwa efek anti-inflamasi dari gel pengecap buaya lebih unggul dibandingkan dengan krim hidrokortison atau gel plasebo. Studi lebih lanjut diharapkan untuk mengkonfirmasi hal ini, dan gel aloe vera tidak boleh digunakan untuk menggantikan resep salep herpes dari dokter.
1.4. Meredakan Peradangan
Menurut sebuah studi pada tahun 1996 yang diterbitkan di “Journal of Natural Products,” pengecap buaya mengandung senyawa yang disebut C-glucosyl chromone yang mengurangi peradangan, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan kulit (lebih efektif daripada krim hidrokortison). Studi lebih lanjut diperlukan, sehingga berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum mencoba untuk mengobati sendiri ruam, luka bakar atau kondisi kulit lainnya.

2. Jus Lidah Buaya
Jus pengecap buaya terbuat dari daun tanaman pengecap buaya. Menurut situs yang mempelajari ihwal pengecap buaya, jus ini memiliki anti-inflamasi alami,. Lidah buaya paling sering digunakan untuk mengobati sunburns (luka bakar karena sinar matahari), karena sarat dengan asam amino yang menguntungkan. Dengan meminum jus pengecap buaya anda akan menerima aneka macam manfaat kesehatan. Anda dapat menemukan jus pengecap buaya dijual di toko makanan kesehatan, toko obat dan pedagang alami. Bicaralah dengan dokter anda sebelum minum jus pengecap buaya untuk mengobati kondisi medis.
2.1. Melancarkan Pencernaan
Menurut situs Maharishi Ayurveda, meminum jus pengecap buaya dapat membantu menormalkan fungsi sistem pencernaan Anda,. Jika Anda minum jus pengecap buaya yang terkonsentrasi sebelum makan, maka akan membuat enzim pencernaan anda mengalir dan membantu tubuh memecah  makanan yang sulit dicerna. Jus pengecap buaya juga membantu sistem pencernaan  anda lebih baik dalam menyerap nutrisi makanan. Minum jus pengecap buaya mencegah duduk perkara perut ibarat  kembung dan sembelit.
2.2. Mengurangi Anemia
Menurut situs Eat Healthy Live Health, kalau anda menderita anemia, suatu kondisi yang disebabkan oleh rendahnya jumlah sel darah merah, anda mampu menerima manfaat dari minum jus pengecap buaya. Cobalah minum jus pengecap buaya sebelum makan untuk merangsang sumsum tulang anda menciptakan sel-sel darah merah dan putih. Jus pengecap buaya juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan sakit kepala terkait dengan anemia, menurut situs tersebut. Diskusikan pendekatan ini dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum memulai pengobatan sendiri dengan menggunakan jus pengecap buaya.
2.3. Menurunkan Berat Badan
Menurut situs American Chronicle, jus pengecap buaya dapat digunakan untuk mendorong penurunan berat tubuh secara teratur. Menurut American Chronicle, minum jus pengecap buaya merangsang metabolism sehingga membantu tubuh anda memperabukan kalori lebih cepat. Anda dapat mengurangi jumlah waktu dari makanan yang menetapa di dalam sistem tubuh dengan minum jus pengecap buaya. Jus pengecap buaya membantu makanan bergerak melalui sistem pencernaan anda dan menunjukkan tubuh anda waktu yang lebih sedikit untuk menyerap kalori dari makanan yang anda makan, menurut situs tersebut. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum minum jus pengecap buaya untuk mendukung upaya penurunan berat tubuh anda.
2.4. Mengurangi Tingkat Gula di dalam Darah
Menurut International Journal of Phytotherapy dan Phytopharmacology, dalam sebuah studi yang dipimpin oleh Kwanghee Kim pada bulan September 2009, processed aloe vera gel (PAG) yang diberikan kepada tikus yang mengalami kelebihan berat tubuh tampaknya dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan mengurangi resistensi insulin dan juga menurunkan tingkat triacylglyceride dalam hati dan plasma darah. Kim dan rekan-rekannya menyimpulkan bahwa, dukungan PAG secara oral dapat mencegah perkembangan gejala diabetes mellitus non-insulin-dependent pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Hal ini menunjukkan bahwa, PAG menjanjikan untuk digunakan mengobati diabetes mellitus non-insulin-dependent.
2.5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Situs The Immune System Remedies mengklaim bahwa, dengan meminum jus pengecap buaya setiap hari dapat menunjukkan kontribusi untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Minum jus pengecap buaya mampu sangat membantu kalau anda menderita gangguan kekebalan kronis ibarat fibromyalgia, karena polisakarida dalam jus pengecap buaya merangsang makrofag (sel-sel darah putih yang melawan virus). Diskusikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan jus pengecap buaya sebagai pendorong sistem kekebalan tubuh.
Referensi Jurnal :
  1. Kwanghee Kim et al.; September 2009. Hypoglycemic and hypolipidemic effects of processed Aloe veragel in a mouse model of non-insulin-dependent diabetes mellitus. Phytomedicine, 16 (9): pp. 856-863. doi: 10.1016/j.phymed.2009.02.014
  2. Amar Surjushe, Resham Vasani, and D G Saple. 2008. ALOE VERA: A SHORT REVIEW. Indian J Dermatol, 53(4): pp. 163–166. doi:  10.4103/0019-5154.44785
Atikel ini merupakan terjemahan dari materi yang disediakan oleh Live Strong. Terima kasih anda sudah berkunjung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/