Manfaat Buah Tomat Untuk Mengurangi Risiko Depresi

Manfaat Buah Tomat Untuk Mengurangi Risiko Depresi – Buah tomat yang kaya akan kandungan likopen sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu buah tomat juga dapat mencegah kerusakan sel otak. Sebuah penelitian di Cina menemukan bahwa, konsumsi buah tomat bisa mengurangi risiko terkena depresi.

Sekitar hampir 20 % orang pernah menderita depresi pada perjalanan hidupnya. Uniknya, para wanita lebih rentan dan lebih banyak menderita deprsei dibandingkan dengan para pria. Selain itu para lansia juga sangat riskan terhadap depresi sebab kesehatannya yang sudah menurun dan pengaruh susana hatinya sperti, kesepian dan kehilangan pasangannya.

Manfaat Buah Tomat Untuk Mengurangi Risiko Depresi Manfaat Buah Tomat Untuk Mengurangi Risiko Depresi
Sebuah penelitian di China menyatakan tomat memperkecil resiko terserang depresi. (Foto: Thinkstock)
Dr. Kaijun Niu dari China’s Tianjin Medical University menemukan bahwa likopen ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis. Likopen bisa menurunkan kerusakan kesehatan sel otak yang terjadi akhir dari depresi.

Pada penelitian ini, para peneliti menganalisis catatan diet dan kesehatan dari 1000 orang pria dan wanita Jepang yang berumur 70 tahun ke atas.

Penelitian yang diterbitkan di Jurnal Affective Dissorder ini menunjukkan bahwa, para lansia yang mengkonsumsi tomat sebanyak dua sampai enam kali dalam seminggu memiliki risiko 46% lebih kecil terkena depresi, bila dibandingkan dengan para lansia yang hanya mengkonsumsi tomata satu kali dalam seminggu. Sedangkan konsumsi tomat tiap harinya, dapat menurunkan risiko depresi sampai 52 %.

Para peneliti menyebutkan kalau mereka belum yakin apakah likopen pada tomat eksklusif besar lengan berkuasa pada otak. Atau hanya mengurangi depresi dikala orang-orang menderita penyakit serius menyerupai kanker.

Secara keseluruhan para peneliti masih belum yakin, mengenai apakah likopen pada tomat menawarkan pengaruh secara eksklusif terhadap otak, atau hanya sekedar bisa mengurangi depresi pada orang-orang yang menderita penyakit kronis menyerupai kanker.

Pada hasil penelitian ini juga disebutkan bahwa, dengan menyertakan tomat di dalam teladan makan dapat menawarkan pengaruh yang baik untuk mencegah gejala dpresi. Namun, pengaruh ini tidak ditemukan pada buah-buahan dan sayuran lainnya.

Sumber : detikFood (Rabu, 05/12/2012 15:26 WIB)
Anda sekarang sudah mengetahui Manfaat Buah Tomat Untuk Mengurangi Risiko Depresi. Terima kasih sudah berkujung ke Perpustakaan Cyber.


Sumber http://www.nafiun.com/