Makhluk yang Paling Berani di Dunia dan Akhirat

Di masa lalu sebelum insan diciptakan semua makhluk dalam keadaan taat kepada Tuhan.  Terutama makhluk yang memang berafiliasi eksklusif dengan Tuhan sehingga mengetahui benar bahwa dirinya hanyalah makhluk ciptaan yang lemah dan hina di hadapan Tuhannya.  Apapun yang diperintahkan oleh Tuhan pasti akan berusaha dijalankan dengan sebaik-baiknya karena memang sudah mengetahui pasti sanksi apa saja yang akan diterima kalau melanggar perintah Tuhan.

Keadaan mulai berubah ketika Tuhan menciptakan makhluk gres yang lebih spesial dari makhluk yang sudah ada.  Makhluk itu berjulukan Manusia.  Tuhan menciptakan insan pertama yang berjulukan Adam dan insan yang kedua berjulukan Hawa.  Pada awalnya keadaan waktu itu biasa-biasa saja, namun ketika makhluk hidup senior yang diciptakan lebih dahulu diperintahkan untuk sujud kepada Adam terjadilah kekacauan.

Ketika diperintahkan untuk sujud, para malaikat pun semuanya sujud, namun ketika bangsa jin turut diperintahkan sujud maka ada yang membangkang tidak mau sujud.  Jin yang tidak mau sujud yaitu Iblis.  Iblis sangat berani tidak menjalankan perintah Tuhannya dan malah berniat jahat untuk menghancurkan hidup insan baik di dunia dan di akhirat.  Iblis mengemukakan alasannya dan juga meminta kekuatan khusus dari Tuhan (hidup abadi, kanal ke dimensi dunia manusia, menyesatkan orang yang tidak beriman, dll) untuk memuluskan niat jahatnya.  Tuhan pun oke dan perang kita dengan iblis pun dimulai hingga hari kiamat.

Iblis Adalah Makhluk yang Paling Berani

Mengapa iblis kita sebut sebagai makhluk yang paling berani di antara makhluk lainnya.  Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan yaitu karena iblis sangat berani mendapatkan resiko menderita selama-lamanya karena membangkang perintah Tuhan.  Iblis sadar betul bahwa ia berhadapan dengan Tuhan yang sangat ditakuti, namun tetap berani membantah hanya karena tidak oke atas perintah Tuhannya.  Berbeda dengan sebagian insan dan jin yang tidak pernah berafiliasi eksklusif dengan Tuhan di mana keberaniannya terhadap Tuhan hanya sesaat di dunia saja, namun di alam abadi akan menyesali perbuatannya dan meminta dikembalikan lagi hidup di dunia untuk mencari Ridho Tuhannya.

Dasar Dalil Iblis Sebagai Makhluk yang Paling Berani Di Seluruh Dunia dan Akherat

 Terjemahan Al-Quran QS. Al-Kahfi ayat 46 :

“Ingatlah ketika Kami berkata kepada para Malaikat, ‘Sujudlah kalian kepada Adam!’ maka mereka semua-pun sujud kecuali Iblis. Dia dari golongan jin dan membangkang dari perintah Allah.”

“Iblis itu dari golongan jin, dan beliau membangkang terhadap perintah Rab-nya. Akankah kalian menimbulkan beliau dan keturunannya sebagai kekasih selain Aku, padahal mereka yaitu musuh bagi kalian…”

Dari firman Tuhan SWT di atas dapat kita simpulkan bahwa iblis beserta komplotannya yang kita sebut sebagai setan dari golongan jin yaitu musuh yang positif bagi kita.  Saat ini jin yang jahat (setan dari bangsa jin) sudah beranak pinak dengan jumlah yang sangat banyak sehingga setiap insan saja ada jin pendamping pribadi yang siap menemani ke mana pun insan pergi.  Belum lagi ditambah dengan setan jin lainnya sebagai bonus baik diminta maupun tidak diminta oleh si insan tersebut.

Itulah sebabnya kita harus waspada dalam kehidupan kita sehari-hari.  Jangan hingga kita lebih takut kepada setan daripada takut kepada Tuhan kita Tuhan SWT.  Jangan mudah percaya dengan film dan juga cerita-cerita menyeramkan yang berafiliasi dengan makhluk halus alias makhluk gaib.  Karena kalau kita beriman dan takwa kepada Tuhan SWT maka setan pun takut kepada kita.  Jika mendapatkan celaka dan bencana dari setan pun itu semata-mata atas izin Tuhan SWT untuk menguji keimanan kita.  Semoga memberi manfaat pada kita semua, terima kasih.