Makanan Padat Benutrisi dan Bergizi Untuk Bayi

Setelah bayi berusia lebih dari enam bulan, tentu membutuhkan makanan suplemen pendamping ASI, semoga kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhannya yang lebih banyak tetap terpenuhi. Hal ini mampu dilakukan dengan tetap menunjukkan ASI hingga usia bayi 2 tahun, semoga kekebalan tubuhnya lebih sempurna. Saat menunjukkan makanan padat pendamping ASI pada bayi anda harus mengenali tekstur dan rasa yang digemari oleh bayi.

Saat pertama kali bayi mengkonsumsi makanan pendamping ASI, biasanya akan mengakibatkan reaksi dan membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Pada masa ini, anda mampu mengenalkan aneka macam rasa cara memperbanyak variasi sayur, buah, protein, karbohidrat dan lemak sehat.

Adapun beberapa menu makanan pendamping ASI yang mampu anda berikan, diantaranya adalah:

  • Alpukat, mempunyai tekstur yang lembut sehingga dapat membantu bayi mengenal buah. Buah Alpukat mengandung vitamin A dan C, niasin, magnesium, zat besi yang tentu sangat baik untuk bayi anda. Adapun cara menyajikan ialah dengan menghancurkan daging alpukat dengan menggunakan blender atau sendok hingga teksturnya lebih lembut dan mudah diterima buah hati anda.
  • Kentang, mengandung karbohidrat yang mampu menjadi pengganti karbohodrat dari nasi. Kentang mengandung vitamin A, zat besi, protein dan potassium. Adapun cara pengolahan kentang untuk bayi ialah dengan memasak kentang menggunakan microwave atau direbus, setelah matang segera potong dan lembutkan.
  • Pisang, ialah buah yang mudah dilumatkan dan cocok untuk diberikan kepada bayi. Buah ini mengandung asam folat, potassium, selenium dan biotin yang akan memiliki kegunaan untuk buah hati anda.
  • Brokoli, banyak mengandung serat folat dan kalsium. Mengenalkan sayuran terlebih dahulu kepada bayi lebih baik, alasannya sayur mempunyai rasa lebih tawar dibandingkan dengan buah.
  • Yogurt, mampu diberikan kepada bayi sebagai makanan pendamping ASI dengan porsi yang sesuai. Yogurt memiliki kandungan lemak, karbohidrat dan protein yang tinggi. Tekstur Yogurt yang lembut dan rasanya tawar akan lebih mudah dikonsumsi oleh bayi.
  • Tahu, mempunyai tekstur lembut tentu dapat menjadi makanan pendamping ASI alternatif untuk bayi anda. Tahu biasanya rasa yang tawar dan memiliki nilai gizi dari kacang kedelai yang mencukupi sangat memiliki kegunaan untuk bayi anda. Kelebihan Tahu ialah dapat menyerap rasa, sehingga anda dapat menyajikan tahu dengan aneka macam rasa untuk buah hati. Adapun tahu, mengandung protein, zat besi dan kalsium yang akan mendukung kecukupan gizi bayi.

Beberapa makanan tersebut diatas memang baik untuk bayi, namun dikala menunjukkan makanan pendamping ASI, anda juga harus memperhatikan beberapa aspek ibarat makanan yang dapat menyebabkan alergi pada bayi. Hal tersebut tentu harus dihindari, dan mampu diketahui makanan apa saja yang memicu alergi adalah, tidak menunjukkan secara bersamaan beberapa jenis makanan dan amati apa yang terjadi.

    Ringkasan:

    • Makanan Pendamping ASI mampu mulai diberikan pada usia bayi 6 bulan, dan ASI diberikan hingga usia 2 tahun,
    • Makanan alternative untuk bayi yang mampu diberikan ialah Alpukat, Kentang, Pisang, Brokoli, Yogurt, Tahu.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *