Makanan Dan Minuman Pantangan Ibu Hamil

Pantangan Minuman Ibu Hamil

Perkembangan janin dalam kandungan merupakan masa yang rentan dari pengaruh yang terjadi. Hal ini mencakup dari rujukan kehidupan maupun keturunan sehingga akan berakibat pada gangguan perkembangan janin.

Memiliki bayi yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap ibu hamil, sehingga banyak sekali cara pun dilakukan semoga kesehatan si buah hati tetap terjaga. Bahkan, banyak sekali tradisi yang ada di masyarakat sehubungan dengan kehamilan. Beberapa tradisi ini memiliki tujuan untuk menjaga kehamilan hingga masa kelahiran.

Jika ditinjau secara medis, terdapat beberapa tradisi masyarakat yang memang tidak ada kaitannya dengan kesehatan. Hanya saja, pada dasarnya seorang wanita hamil dituntut semoga dapat menjaga asupan gizi guna mendukung tumbuh kembang janin pada masa kehamilan. Namun, selain memperhatikan asupan nutrisi ibu hamil, terdapat juga beberapa makanan pantangan yang harus dihindari selama hamil. Hal ini dilakukan semoga makanan yang diasup tidak mensugesti kesehatan dan perkembangan dari janin yang berada dalam kandungan.

Makanan pertama yang harus dihindari oleh ibu hamil ialah jenis makanan mentah. Nah, bagi Anda wanita hamil yang menyukai makanan Jepang ibarat sushi, ada baiknya untuk menghindari jenis makanan yang satu ini. Makanan mentah ibarat ini rentang terhadap bakteri, parasite, dan juga virus sehingga akan berakibat pada terganggunya janin. Maka dari itu, usahakan untuk mengolah sayuran maupun daging dengan matang semoga terbebas dari bakteri.

Selain makanan mentah, wanita hamil juga harus menghindari beberapa jenis makanan laut. Meskipun mengkonsumsi seafood atau makanan laut mengagumkan untuk  wanita hamil, namun hindari mengkonsumsi jenis ikan tertentu, ibarat mackerel, ikan todak dan tilefish. Jenis ketiga makanan pantangan untuk ibu hamil ini dikhawatirkan memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yang mana nantinya akan mengganggu perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Sedangkan untuk jenis minuman, wanita hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi jenis minuman yang mengandung kafein ibarat kopi dan teh. Jenis minuman ini dikhawatirkan akan menyebabkan keguguran atau lahirnya bayi dengan berat tubuh rendah. Namun, minuman jenis ini tidak serta merta dilarang, sebab wanita hamil mampu tetap mengkonsumsi asalkan dalam jumlah yang wajar, yakni sekitar 1-2 cangkir setiap harinya.

Terakhir, wanita hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi minuman beralkohol. Selain dapat mengganggu kesehatan, minuman beralkohol ini dapat menghambat asupan nutrisi janin yang ada dalam kandungan. Lebih parahnya, dengan mengkonsumsi minuman beralkohol ini akan menjadikan tersendatnya oksigen yang sangat diharapkan oleh bayi.

Demikian info yang mampu kami sampaikan seputar makanan dan minuman pantangan untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Ringkasan:

  • Menjaga asupan gizi ketika kehamilan sangat penting semoga tumbuh kembang bayi terjaga.
  • Ada beberapa makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, ibarat makanan mentah dan mengandung merkuri.
  • Selain makanan, minuman mengandung alkohol dan kafein sangat tidak dianjurkan dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *