Macam-Macam Neuron Berdasarkan Fungsi dan Strukturnya

Hai teman semua, kali ini aku akan membahas wacana macam-macam neuron berdasarkan fungsi dan strukturnya. Nah bahan ini sendiri akan kita dapatkan dikala SMA kelas 2, dan akan dibahas lebih detail lagi pada kelas 3 dan kursi kuliah nanti.

Oke tidak usah basa-basi lagi, pribadi saja kita lihat macam-madam neuron berdasarkan fungsi dan strukturnya.

Berdasarkan struktur dan fungsinya, neuron dibedakan menjadi 3 jenis yakni neuron motoris, neuron sensoris, dan interneuron (neuron intermediet).

Macam-Macam Neuron dan Fungsinya

Macam-Macam Neuron dan Fungsinya

  • Neuron motoris, berperan dalam memberikan atau meneruskan rangsang dari sistem saraf sentra ke efektor. Neuron ini memiliki dendrit yang pendek dan akson yang panjang.
  • Neuron sensoris, fungsinya menghantarkan rangsangan dari reseptor ke sistem saraf pusat. Neuron ini biasanya memiliki dendrit yang panjang yang bekerjasama dengan reseptor dan memiliki akson yang pendek.
  • Interneuron (neuron intermediet), yakni neuron yang berfungsi mendapatkan rangsangan dari neuron sensoris atau neuron intermediet yang lain. Neuron jenis ini memiliki dendrit yang pendek serta akson yang pendek dan panjang.
Nah sekian artikel mengenai macam-macam neuron berdasarkan fungsi dan struktunya, biar bermanfaat bagi teman semua yang sedang mencari bahan ini. Jangan lupa like dan share ya sob artikel ini, satu share teman sangat berarti untuk aku dan kemajuan ini. Terima kasih.