Macam-Macam Mikroskop dan Fungsinya Beserta [GAMBAR]

Ada yang tahu macam-macam mikroskop yang ada didunia dikala ini?

Oke semua, kali ini saya akan membuatkan gosip mengenai jenis-jenis mikroskop dan fungsinya yang mungkin sobat belum ketahui.

Selama ini kebanyakan orang hanya tahu kalau mikroskop hanya satu, yang ada di lab-lab sekolah menyerupai itu.

Namun ternyata bumi itu luas sob, hahahah nah pernyataan itu juga berlaku untuk mikroskop.

Terdapat banyak sekali jenis mikroskop dengan fungsi yang berbeda-beda satu dengan yang lain.

Ada yang fungsinya hanya sekedar fungsi basic atau fungsi sederhana, ada yang lebih kompleks lagi dan ada yang sangat kompleks.

Semua itu tergantung dari kegunaannya atau untuk apa kita gunakan mikroskop tersebut.

Misalnya kalau kita hanya perlu meneliti sayatan struktur daun tumbuhan, kita mampu tuh menggunakan mikroskop cahaya.

Oh ya bagi yang belum tahu apa itu mikroskop cahaya, mikroskop ini yang sering sobat temui ketika praktikum di sekolah dikala SMP ataupun SMA, nah itu namanya mikroskop cahaya.

Ada juga mikroskop elektron dan masih banyak lagi jenis-jenisnya. Untuk itu silahkan simak artikel ini sampai tamat ya.

Oh ya sebelumnya, kalau sobat belum tahu ihwal bagian-bagian mikroskop dan fungsinya, silahkan untuk cek artikel saya sebelumnya melalui link diatas alasannya artikel itu sangat penting untuk sobat ketahui terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini.

Oke eksklusif saja kita mulai pembahasannya.

Macam-Macam Mikroskop Beserta Bagian dan Fungsinya

Oke sebelumnya kalau ada yang belum tahu pengertian mikroskop, saya akan menjelaskannya terlebih dahulu.
Menurut wikipedia…

Mikroskop adalah suatu alat yang digunakan untuk melihat benda/objek yang sangat kecil untuk dilihat dengan mata kosong. Mikroskop ialah alat bantu yang mampu dijumpai hampir disemua lab-lab untuk mampu melaksanakan pengamatan organisme dengan ukuran yang kecil atau mikroskopis.

Selengkapnya silahkan cek link berikut: Pemahaman Dasar Mikroskop.

Oke kita lanjut…

Terdapat beberapa pembagian mikroskop berdasarkan bentuk fisik dan kegunaannya, untuk mempermudah sobat dalam memahaminya, saya sudah membuat listnya dibawah ini.

List Macam-Macam Mikroskop:

#1. Jenis-Jenis Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensanya

➤ Mikroskop Monokuler

Macam-Macam Jenis Mikroskop dan Fungsinya

Pertama yaitu mikroskop monokuler atau satu lensa. Nah untuk mikroskop jenis ini, pasti sobat sering jumpai.

Jenis satu lensa ini yang sering kita jumpai di laboratorium-laboratorium sekolah dan hampir disemua daerah yang ada labnya terdapat mikroskop jenis ini.

Jika sobat meneliti suatu objek atau benda yang cukup kecil namun masih dapat terlihat sekilas dimata, maka sobat mampu menggunakan mikroskop jenis ini.

Contohnya menyerupai sayatan daun, struktur akar dan sebagainya.

➤ Mikroskop Binokuler

Macam-Macam Mikroskop beserta Gambarnya

Selanjutnya ada mikroskop binokuler atau 2 lensa. Nah untuk jenis ini cocok untuk digunakan dalam mengamati objek yang sangat kecil menyerupai basil atau virus.

Jika sobat masih pelajar SMP SMA, mungkin jarang atau mungkin belum pernah melihat mikroskop ini, namun kalau sobat masuk dingklik perkuliahan jurusan yang ada unsur medis-medisnya, mungkin ini akan menjadi benda yang dekat dengan sobat.

#2. Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya

➤ Mikroskop Cahaya

Selanjutnya ada mirkoskop cahaya yang mana menjadi sahabat sobat ketika praktikum biologi di lab ketika SMP atau SMA.

Mikroskop ini sangat mengandalkan adanya cahaya alasannya sumber energi satu-satunya hanya cahaya, entah itu sinar matahari atau cahaya lampu.

Tanpa cahaya kita tidak dapat mengoperasikannya. Sobat harus menguasai penggunaan mikroskop ini dan memahami banyak sekali fungsi dan kegunaannya sebelum mempelajari jenis mikroskop lainnya.

➤ Mikroskop Elektron

Next ada mikroskop elektron. Bisa dikatakan mikroskop ini sebagai hasil penyempurnaan dari mikroskop cahaya yang sebelumnya. Kan kalau sebelumnya sumber cahaya dari sinar matahari atau sinar lampu, nah untuk mikroskop ini sudah memiliki sumber cahaya sendiri. Adalah elektro statis dan dinamis yang mengatur banyak sedikitnya pencahayaan dalam mikroskop elektron ini.

Gambar yang dimunculkan berlipat-lipat lebih detail dari pada mikroskop cahaya. Untuk itu harganya lebih mahal dan banyak ditemui di lab-lab atau tempat-tempat penelitian.

Jenis-Jenis Mikroskop dan Fungsi Spesifiknya

Sebelumnya kita hanya membahas pembagian mikroskop secara umum saja, nah sekarang kita bahas lebih spesifik dan terang lagi.
Silahkan cek ulasan berikut…
#1. Mikroskop Cahaya
Untuk pembagian mikroskop cahaya secara spesifik, ada beberapa jenisnya, silahkan cek dibawah:
  • Mikroskop Fase Kontras (PCM), fungsi mikroskop fase kontras ini dipakai untuk melihat penampakan objek hidup dengan ukuran kecil (mikro) menyerupai jaringan atau sel makhluk hidup.
  • Mikroskop Medan Terang (BFM), dipakai untuk melihat penampakan objek atau benda hidup berukuran sangat kecil dan nyaris tidak nampak sema sekali.
  • Mikroskop Medan Gelap (DFM), mikroskop ini fungsinya sama dengan medan terang, hanya cara kerjanya saja yang berbeda.
  • Mikroskop Pendar (FM), dipakai untuk mendeteksi eksistensi benda asing/antigen menyerupai bakteri, virus, atau ricketsia yang akan sulit kalau digunakan dengan mikroskop biasa.
  • Mikroskop Ultraviolet (UM), yaitu hasil modifikasi dari mikroskop cahaya dimana sumber cahaya yang digunakan yaitu cahaya atau sinar ultraviolet.

#2. Mikroskop Elektron

Pembagiannya silahkan cek dibawah ini.
  • Mikroskop Elektron Scanning (SEM), dipakai untuk mengamati penampakan permukaan benda saja yang hanya terbatas pada benad konduktif saja. Resolusinya pun tidak lebih tinggi kalau dibandingkan TEM.
  • Mikroskop Elektron Transmisi (TEM), dipakai untuk mengamati penampakan fokus terkecil suatu benda. Penggunaannya cukup rumit dan membingungkan.
  • Mikroskop Stereo (SM), dipakai untuk melihat objek benda dengan detail baik dari fisik atau teksturnya dalam 3 dimensi.

Jika sobat penasaran dengan gambar-gambar dari mikroskop diatas, silahkan unduh melalui link berikut: Jenis Jenis Mikroskop dan Gambarnya Download

Nah itu beliau untuk artikel kali ini mengenai macam macam mikroskop dan pengertiannya, supaya bermanfaat.