Macam / Jenis Rahasia yang Disembunyikan Seseorang / Manusia

Rahasia ialah sesuatu yang disembunyikan yang tidak ingin diketahui oleh orang-orang yang tidak diinginkan.  Rahasia mampu bersifat personal atau pribadi dan mampu juga bersifat kelompok.  Rahasia sebaiknya dijaga dengan baik, kecuali rahasia-rahasia tertentu yang tidak baik untuk disimpan yang telah dijabarkan para artikel sebelumnya di website ini.  Ada banyak jenis macam ragam belakang layar yang dimiliki dan dijaga kerahasiaannya oleh manusia.

Macam-Macam / Jenis-Jenis Rahasia yang Biasa Tersembunyi Disembunyikan Manusia :

1. Rahasia Kejelekan / Keburukan Pribadi

Setiap orang pada umumnya memiliki sesuatu yang disembunyikan dari orang lain sebab merasa aib jikalau diketahui oleh orang lain.  Biasanya yang berafiliasi dengan sesuatu yang jelek atau buruk dari diri seseorang dijaga dengan baik biar tidak diketahui orang lain.  Contohnya ibarat suka mencabuti bulu hidung dikala sedang sendirian, suka menangis ketika menonton film drama, suka mencuri buah mangga tetangga dikala malam hari, dan lain sebagainya.

2. Rahasia Diri Sendiri

Rahasia pribadi seseorang yang yang satu ini berkaitan dengan hal-hal yang tidak memalukan bagi seseorang.  Rahasia pribadi belum tentu berupa keburukan yang mampu menjadikan rasa aib jikalau belakang layar tersebut dibongkar oleh orang lain.  Misalnya saja ibarat belakang layar resep kuliner enak, belakang layar trik bisnis, belakang layar harapan masa depan, belakang layar orang yang dicintai, dan lain-lain.

3. Rahasia Instansi / Organisasi

Suatu instansi baik instansi pemerintah maupun instansi swasta serta bentuk-bentuk organisasi lainnya biasanya memiliki sesuatu yang bersifat belakang layar dan tidak ingin diketahui oleh khalayak umum.  Contohnya yakni ibarat belakang layar data pembayaran pajak pada Kantor Pelayanan Pajak, data riwayat penyakit pasien pada rumah sakit, taktik promosi pada perusahaan dagang, dan lain sebagainya.

4. Rahasia Orang Lain

Mendapatkan amanah atau keyakinan dari orang lain untuk menjaga suatu belakang layar merupakan sesuatu hal yang wajar dalam kekerabatan sosial kemasyarakatan.  Orang lain memberi tahu sesuatu yang tidak boleh diberi tahu kepada pihak lain atau kita mengetahui sesuatu yang dirahasiakan seseorang tanpa diberi tahu lalu kita merahasiakannya demi kebaikan orang tersebut.

5. Rahasia Umum

Rahasia umum ialah belakang layar yang sudah banyak diketahui oleh orang banyak secara umum.  Biasanya belakang layar umum merupakan sesuatu yang tidak baik atau tidak terpuji.  Rahasia umum terus-menerus berlangsung sebab tidak ada ketegasan dari pihak yang berwenang sehingga hal-hal yang buruk tersebut terus terjadi.  Contoh dari belakang layar umum yaitu ibarat ada banyak kawasan pelacuran di jakarta, ada banyak oknum pemerintah yang korupsi, ada banyak oknum polisi lalu lintas yang sidang di tempat, dan lain sebagainya.