LOMBA FESTIVAL INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA INDONESIA (FIKSI) SMK TAHUN 2016

Siswa SMK merupakan sumber daya insan yang memiliki potensi dari segi karakter, kognitif, juga keterampilan di bidang keahliannya. Dengan beragam bidang keahlian yang dibuka di SMK, maka kegiatan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tingkat Nasional hadir guna mengekspresikan ide-ide gres siswa yang kreatif dan inovatif melalui hasil karya di bidang teknologi informasi, seni, ekonomi dan lainnya.
FIKSI SMK Tingkat Nasional merupakan aktivitas gres Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah di tahun 2016. Diharapkan akan menjadi aktivitas rutin yang akan mendorong pertumbuhan tunas-tunas wirausahawan muda yang penuh semangat.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tingkat Nasional Tahun 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 September 2016 di Bandung, Jawa Barat.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tingkat Nasional Tahun 2016 merupakan wahana atau ajang guna mewadahi siswa SMK yang memiliki bakat maupun minat berwirausaha, yang juga merupakan para calon pengusaha muda masa kini dan masa depan untuk menampilkan kreatifitas dan inovasi di aneka macam sektor sesuai dengan bidang keahlian ataupun minatnya.
PERSYARATAN UMUM KEPESERTAAN
Lomba FIKSI SMK



1. BIDANG LOMBA PRODUK INOVASI SISWA SMK
a) Informasi Umum
Produk Inovasi Siswa SMK ialah bidang lomba dalam FIKSI yang menawarkan kesempatan kepada para inovator dari siswa-siswi SMK untuk menunjukkan hasil karya yang inovatif dan kreatif dalam bidang produk makanan dan/atau minuman, produk olahan makanan dan/atau minuman, produk inovasi di bidang fashion, produk teknologi (kecuali software), produk alat bantu dan perkakas, dan inovasi lainnya dibidang keahlian masingmasing. Produk Inovasi yang diunjukkan berupa barang faktual yang dapat menawarkan manfaat bagi masyarakat dan dapat memiliki nilai jual ke dunia industri.
b) Aturan Keikutsertaan Lomba
a. Pengiriman anjuran dilakukan secara online melalui website.
b. Saat didaftarkan ke lomba, karya produk inovasi sudah berupa produk jadi (bukan ide/wacana).
c. Hasil Produk Inovasi merupakan asli serta orisinil ciptaan siswa bukan jiplakan (plagiat) dan belum pernah menang dalam salah satu lomba manapun. Produk makanan dan/atau minuman, produk olahan makanan dan/atau minuman, produk inovasi di bidang fashion, produk teknologi (kecuali software), produk alat bantu dan perkakas, dan inovasi lainnya dibidang keahlian masing-masing.
d. Membuat Surat Pernyataan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) (Format Terlampir).
e. Sanksi apabila ternyata Produk Inovasi yang dilombakan menang merupakan hasil duplikasi atau jiplakan (plagiat) maka Panitia Berhak mencabut dan mengambil kembali semua penghargaan yang sudah diterima baik itu uang pembinaan, akta dan medali serta dinyatakan batal.
f. Bagi akseptor yang ditetapkan sebagai Finalis wajib membawa materi presentasi berupa produk yang diajukan dan file atau rekaman audio visual disimpan dalam flashdisk atau CD serta materi pendukung lainnya.
2. BIDANG LOMBA MARKETING DAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
a) Informasi Umum
Marketing ialah sebuah upaya yang sistematis dengan aneka macam cara untuk memperkenalkan produk kepada konsumen atau target pasar. Di dalam marketing ada aneka macam tools (alat) antara lain iklan keberadaannya tidak terpisahkan dalam upaya memasarkan, menjual, menghipnotis dan menarik minat konsumen dalam membeli suatu produk. Disisi lain Iklan Layanan Masyarakat wacana SMK merupakan sebuah upaya untuk memasarkan, menjual, menghipnotis dan menarik minat masyarakat untuk mengenal dan mau mendaftarkan dirinya untuk bersekolah di SMK. Tujuan lomba ini diperlukan siswa SMK dapat menuangkan wangsit kreatif melalui proses perencanaan seni administrasi promosi yang sempurna dalam bentuk Iklan Layanan Masyarakat wacana SMK. Diharapkan akseptor lomba dapat mengirimkan hasil karya lomba yang tak hanya kreatif dan inovatif (orisinil) tapi juga memiliki pesan iklan yang menjual dan kemasan design visual yang menarik.
b)  Aturan Keikutsertaan Lomba
Peserta wajib memenuhi persyaratan umum. a. Lomba Marketing: Promosi dan Iklan Layanan Masyarakat wacana SMK dapat diikuti kelompok dengan anggota terdiri dari 2 orang. b. Peserta yang berkelompok dapat berasal dari jurusan yang berbeda dalam satu sekolah dan diberi nama kelompok dengan nama yang menarik dan beretika sesuai dengan impian peserta. c. Peserta mendaftarkan diri melalui website. d. Membuat Surat Pernyataan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) (Format Terlampir). e. Untuk tahap seleksi akseptor hanya mengirimkan anjuran dalam bentuk softcopy dan akseptor yang ditetapkan sebagai finalis wajib mengirim karya dalam bentuk format audio (mp3) dan video (mp4) sebagai kelengkapan proposal.
3.BIDANG LOMBA LOMBA CIPTA KREASI SOFTWARE
a) Informasi Umum
Lomba Cipta KreasiSoftware ditujukan untuk mendorong banyak karya cipta kreasi siswa-siswi SMK di bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau pemrograman dalam bentuk aplikasi software mobile berbasis Android. Hasil cipta kreasi software ini diperlukan memberi manfaat luas kepada target pengguna dan bangsa Indonesia. Pendaftaran lomba secara online melalui website. Software dinilai oleh para juri yang kompeten di bidangnya. Peserta yang terpilih menjadi finalis akan diundang untuk presentasi di depan dewan juri pada aktivitas puncak FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) SMK 2016.
b) Aturan Keikutsertaan Lomba
a. Peserta wajib memenuhi persyaratan umum.
b. Peserta ialah siswa-siswi SMK yang aktif pada tahun anutan 2016/2017 terutama bidang keahlian yang berkaitan dengan teknologi informasi.
c. Satu kelompok akseptor hanya dapat mengirimkan satu karya cipta kreasi software aplikasi mobile Android.
d. Satu sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu kelompok untuk Cipta Kreasi Software.
e. Kreasi Software yang diajukan belum pernah memenangkan lomba sejenis dan merupakan hasil cipta kreasi sendiri (orisinil) dan bukan duplikasi.
f. Peserta wajib melaksanakan pendaftaran terlebih dahulu melalui website, dan menandatangani Surat Pernyataan HAKI.
g. Peserta wajib membuat dan mengirimkan anjuran dengan format sesuai ketentuan lomba dalam bentuk PDF.
h. Software yang dibuat menggunakan sistem database, metode pengembangan software dengan bahasa pemrograman Java, dan menggunakan tools pemrograman yang berlisensi gratis (Free) atau Open Source.
i. Peserta wajib mengirimkan instruksi sumber (source code) aktivitas dan aktivitas biner untuk Android (APK) yang diletakkan dalam penyimpanan di internet ibarat Google Drive, atau Google Play Store (untuk APK), atau yang sejenis.
j. Jika akseptor lolos ke babak final, maka akseptor diwajibkan hadir untuk presentasi, mem-build menjadi APK dan demo aplikasi di depan dewan juri.
SILAHKAN DOWNLOAD SURAT EDARAN LOMBA FIKSI SMK LAMPIRANNYA DISINI ATAU DISINI
SILAHKAN PANDUAN LOMBA FIKSI SMK DOWNLOAD LAMPIRANNYA DISINI ATAU DISINI


= Baca Juga =


Sumber http://ainamulyana.blogspot.com/