Lesson 1: Subject and Verb

Kita harus mengetahui bahwa kalimat bahasa Inggris haruslah memiliki sebuah subject dan sebuah verb. Di dalam soal-soal TOEFL, dilema subject dan verb ini sering membingungkan. Terkadang kalimat yang ada pada soal TOEFL tersebut tidak memiliki subject akan tetapi memiliki verb atau sebaliknya, bahkan mampu juga dalam soal TOEFL tersebut kalimatnya memiliki ekstra subject dan ekstra verb.
Makara dari sini mampu kita simpulkan bahwa permasalahan yang sering muncul dalam pertanyaan mengenai subject dan verb adalah:
  1. Subject atau verbnya tidak ada
  2. Subject dan verbnya tidak ada, atau
  3. extra subject dan extra verb
pola 1
……. Was backed up for miles on the freeway.
  1. Yesterday
  2. In the morning
  3. Traffic
  4. Cars
Pada pola ini kita mampu lihat bahwa terdapat kata kerja  was akan tetapi kalimat ini tidak memiliki subject. (C) yaitu balasan yang benar, alasannya yaitu kita ketahui bahwa “Traffic” yaitu singular subject, dan cocok dengan verb “was” yang merupakan singular verb. Jawaban (D) tidaklah benar alasannya yaitu cars adalah plural subject dan tidak benar jikalau dipasangkan dengan singular verb was. Jawaban (A) yaitu adverb dan tidak mampu berfungsi sebagai subject. Jawaban (B) salah alasannya yaitu bukan subject.
Conton 2:
The newspapers … every morning.
  1. delivery
  2. are delivered
  3. on time
  4. regularly
pada pola soal ini, kita ketahui bahwa kalimat tersebut memiliki subject “newspapers” dan tidak memiliki verb. Jawaban (A) salah alasannya yaitu kata delivery bukanlah verb melainkan noun. Jawaban (C) yaitu adverb dan tidak mampu berfungsi menjadi verb. (D) yaitu adverb. Makara balasan yang benar yaitu (B).
 
pola 3
The book …. Sent to you yesterday.
  1. It was
  2. Were
  3. Is
  4. Was
Contoh ini yaitu pola dari extra verb.  Jika kita perhatikan pada kalimat ini terdapat kata kerja sent  dan juga telah memiliki subject book. Akan tetapi kita memerlukan extra verb semoga kalimat ini menjadi benar. (A) yaitu balasan yang salah, alasannya yaitu terdapat kata it. Jika kita memilih A maka kalimat tersebut akan memiliki double subject dan ini tidak benar. (B) yaitu extra verb akan tetapi tidak sesuai dengan book  yang merupakan singular subject. (C) is tidak cocok bila kita letakkan pada kalimat tersebut, alasannya yaitu pola kalimat tersebut yaitu simple past tense (Pasif). Makara balasan yang benar yaitu (D) was adalah singular verb dan cocok bila dipasangkan denga singular subject book dan was dipakai dalam simple past tense.
Kesimpulan: Dalam bahasa Inggris, sebuah kalimat harus mempunyai subject dan verb.
Sekarang kerjakan kumpulan soal-soal di bawah ini;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *