Lama Waktu yang Dibutuhkan Untuk Sampai ke Planet Mars dari Bumi

Pergi ke planet lain merupakan impian yang dimiliki oleh banyak orang di dunia ini.  Jika pergi ke planet yang jauh-jauh di luar tata surya kita terlalu jauh, mungkin mampu pergi berkunjung ke planet lain yang ada di tata surya kita ini terlebih dahulu.  Planet yang paling bersahabat dengan planet bumi ketika ini yaitu planet mars dan planet venus.  Walaupun keduanya yaitu planet yang paling bersahabat dengan bumi, namun pada dasarnya jarak antara planet bumi dengan planet tetangga kita sangatlah jauh sekali.

Sejarah insan telah mencatat bahwa misi pengiriman robot tanpa awak ke planet mars pernah terjadi dan berhasil dilakukan di masa lalu.  Robot curiosity yang bertugas mencari berita ihwal planet mars berhasil mencapai planet mars dalam waktu delapan bulan sebelas hari.  Perjalanan yang sangat lama tersebut memang wajar sebab jarak antara planet bumi dengan planet mars pada waktu itu jaraknya mencapai kurang lebih 362 juta kilometer.

Jika insan harus bersabar menunggu di dalam pesawat antariksa untuk mampu hingga ke planet mars sepertinya tidaklah mungkin.  Waktu delapan bulan yaitu waktu yang sangat lama sekali bagi manusia.  Delapan bulan dihabiskan begitu saja di atas kendaraan.  Jika pulang lagi ke bumi maka lama perjalanannya menjadi dua kali lipat.  Namun kalau insan mampu menciptakan alat transportasi luar angkasa yang lebih canggih dari yang ada ketika ini mungkin hal ini mampu saja memangkas waktu tempuh perjalanan di angkasa raya.  Dengan kecepatan tiga kali kecepatan cahaya, maka waktu tempuh bumi ke mars yaitu kurang lebih 150 hari saja.