Kumpulan Contoh Drama Singkat Persahabatan (Naskah)

Yo semua, kali ini saya akan mengembangkan artikel ihwal kumpulan rujukan drama singkat persahabatan dalam bentuk naskah tentunya. Nah artikel ini sangat berkhasiat untuk sobat yang sedang mempersiapkan pertunjukkan drama baik disekolah atau even lain.

Sobat mampu mengambil naskah drama singkat yang akan saya bagikan nanti, jadi sobat tidak perlu untuk membuat sebuah dongeng gres yang tentunya memakan waktu yang cukup lama dan tidak hanya itu sobat juga akan pusing alasannya yaitu belum mempersiapkan properti untuk menunjang penampilan sobat nantinya.

Untuk itu biar lebih menghemat waktu, sobat mampu mengambil contoh-contoh drama dibawah ini untuk sobat tampilkan, sehingga nantinya sobat tinggal memikirkan duduk perkara properti apa saja yang nantinya akan digunakan. Tapi sebelum sobat mempersiapkan properti, tentu sobat harus tahu jalan dongeng dari drama yang ingin sobat pilih nantinya. Makara sangat saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu dan merundingkannya dengan sobat sobat yang lain untuk memilih mana yang akan ditampilkan nantinya.

Contoh Drama Singkat

Oke sebelum kita menuju contoh, tentunya sobat harus memahami terlebih dahulu apa itu pengertian drama. Berikut ini penjelasannya :

Drama yaitu karya seni berisi dongeng yang diperankan oleh beberapa orang dan melaksanakan aneka macam kegiatan ibarat berdialog dan lainnya sesuai degan naskah yang sudah dibuat.

Nah selain pengertian, sobat juga harus tahu unsur-unsur drama. Berikut ini penjelasannya :

Unsur-unsur dari cerpen itu sendiri yaitu tema, latar atau setting, plot atau alur, Akting dan bloking, tata pentas, dan penokohan serta perwatakan.

Didalam sebuah cerpen terkandung aneka macam macam unsur diatas ibarat tempat, tema dan sebagainya. Untuk mampu menampilkan sebuah drama yang baik dan menarik, kita harus terlebih dulu mengerti tugas kita dalam cerita.

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan sobat kunjungi artikel saya berikut ini : Pengertian Drama dan Unsurnya

Contoh Drama Singkat

Oke kita berapa pada bahan inti sob, sekarang saya akan mengembangkan untuk sobat beberapa rujukan drama singkat yang saya peroleh dari aneka macam sumber. Berikut ini beberapa diantaranya :
# Contoh Drama Persahabatan
Contoh Drama Persahabatan
DARI MUSUH JADI SAHABAT
Narator       : alkisah terdapat 5 orang sahabat, mereka yaitu cinta,rendi,bryan,bunga,dan gigi, mereka sudah lama dekat semenjak mereka kelas 1 sd, masalahpun muncul saat ada izam,ramos,Bianca,dan Elisha, pengen tahu kelanjutan ceritanya?, pribadi saja kita saksikan ( keluar )
(suatu pagi di kelas)
Rendi           : cin,bry,bu,gi katanya ada anak gres loh
Cinta            : hah? Siapa?cowok atau cewek, terus dimana?
Rendi           : cewek ada, perjaka ada, di kelas kita
Bryan           : kalo ceweknya cantik – cantik saya bakal pacarin semua ah
Bunga          : ampun dah , bryan pikirin tuh nilai kau yang selalu kecil terus, gimana kau mampu naik kelas?
Gigi               : iya bryan, kita aja semuanya jomblo
Rendi           : ngapain lagi pacar – pacaran masih kecil , sekarang tuh fokusin belajar
Bryan           : ah kalian ini!, saya kan juga insan setiap insan pasti pernah jatuh cinta
Rendi           : ia, tapi jatuh cintanya ga sekarang bryan, nanti kalo udah mampu cari uang sendiri
Narrator      : datanglah murid gres itu yang sedang mereka bicarakan ( keluar )
Gigi               : hi, kalian murid gres ya?, kenalin saya gigi
Bianca         : dih, siapa juga yang mau kenalan sama lo ih ga level
Rendi           : (melihat ke arah izam)
Izam             : apa lo lihat – lihat gua!
Rendi           : ye… siapa juga yang lihatin lo gr amat dah
Elisha           : um hi nama saya Elisha
Bianca         : eh el ngapain sih lo kenalin nama lo ke mereka!
Elisha           : ya saya kan Cuma mau kenalan doang emang ga boleh ya?
Ramos         : ya ga boleh lh, kita itu beda ia anak kampung dan kita itu anak orang kaya
Bunga          : kan bokap nyokap lo yang kaya bukan lo yang kaya hahaha!
Rendi           : kita itu sama ga ada bedanya kok, kalian lahir dari seorang ibu dan kita berguru dengan pelajaran yang sama
Bianca         : dih lo itu orang miskin dan kita itu memang beda
Bryan           : miskin atau kayanya itu ga bakal di ambil di akhirat, yang di ambil itu amal kita
Izam             : haha pak uztad ceramah, woi ceramah bukan disini di masjid sono
Bunga          : emang apasih yang lo punya?
Ramos         : kita punya segalanya, semua mampu kita beli pake uang
Elisha           : hah? Emang kita mau beli apa pake uang?
Bianca         : Elisha, kalo lo ga ngerti mending lo diem!
Elisha           : gitu aja marah
Gigi               : ada yang ga mampu kalian beli pake uang!
Izam             : what?
Gigi               : urusan lo masuk surga atau neraka!
Ramos         : alah final zaman masih lama woi pake ngomongin surga atau neraka
Bryan           : emang lo ilahi yang tahu kapan kiamat? kita insan ga ada satu pun yang tau kapan itu terjadi
Izam             : wah songon lo ya!
Narrator      : izam ingin menghajar bryan yang selalu ceramah di depan izam tetapi bell masuk berbunyi
Narrator      : di percepat bell istirahat telah berbunyi semua siswa keluar berhamburan ada yang ke toilet, jungkir balik, ke kantin, lari – larian, dan masih banyak variasinya, rendi dan sahabatnya ke kantin, dan Bianca dan sahabatnya ke kantin juga , apa yang terjadi? (keluar)
Bryan           : mau pesen apa?
Rendi           : udah ah air putih aja deh males makan
Bunga          : sama saya juga males
Gigi               : saya juga, gara – gara ada anak baru
Rendi           : ouh iya, cinta mana ya?
Bryan           : lh gatau tuh
Gigi               : mungkin ia ga mau jajan
Bunga          : ya udah sana bryan pesenin ya
Bryan           : ya
Narrator      : bryan sudah membelikan minum untuk sahabat – sahabatnya, tetapi minuman itu di tumpahkan oleh Bianca dan sahabatnya (keluar)
Bryan           : duh kalian ini !!
Izam             : apa lo mau marah?!
Narrator      : datanglah sahabat bryan yang lain (keluar)
Bunga          : eh apaannih?
Bryan           : ini nih, anak gres ini tumpahin minum kita
Rendi           : ganti ga!
Bianca         : mau kita ganti?, ya kalo soal ganti ini doang mah kecil, tapi lo harus tunduk sama kita dan anggap kita ini bos lo!
Elisha           : emang kita kerja ya harus ada bosnya?
Ramos         : aduh Elisha kapan sih otak lo bener!?
Elisha           : kapan – kapan (sambil menyengir)
Gigi               : dih ogah banget , haha katanya lo orang kaya Cuma ganti kyk gini doang lo ga bisa?, kaya apa tuh kaya simpanse hah?
Bianca         : jaga ya lisan lo!
Narrator      : Bianca dan sahabatnya menyerang rendi dan sahabatnya kecuali cinta , alasannya yaitu eh alasannya yaitu cintanya ga ke kantin
Narrator      : datanglah cinta ke kantin (keluar)
Cinta            : eh eh eh ngapain sih lo gangguin sahabat gua udah sana pergi!
Elisha           : eh um, pergi ya pergi kemana?
Bianca         : diem deh Elisha, eh lo siapa pake ngatur-ngatur kita, emang lo lebih kaya ya dari pada kita?
Izam             : setau gua sih Cuma kita aja deh yang kaya disini
Cinta            : lah kalo kalian kaya ngapain sekolah disini kenapa ga sekolah di kawasan yang lain hah?
Elisha           : ya kita pindah kesini alasannya yaitu kita nakal
Bianca         : aduh elishaaaaaaa, diem deh!
Bunga          : ouh , gua tau sekarang ga ada lagi sekolah yang mau nerima kalian kan, ya mungkin Cuma sekolah ini yang mau nerima kalian
Ramos         : eh diem lo ya , kalo ga
Bryan           : woi lo berani sama cewek ya? Hah?
Rendi           : udah – udah bryan kita pergi aja deh dari sini dari pada memperbanyak duduk perkara sama mereka
Narrator      : rendi dan sahabatnya pergi dari Bianca dan sahabatnya (keluar)
Ramos         : haha bilang aja takut, pake ngehindar segala!
Bianca         : haha dasar losser
Izam             : emm, guys guys kan kata mereka, mereka itu sahabatkan, sama kyk kita kan?, mereka kompak banget , nah gimana kalo kita…
Elisha           : kalo kita kenapa?
Izam             : kalo kita, hancurin persahabatan mereka
Ramos         : gua setuju
Bianca         : gua setuju
Elisha           : saya ikutan saja deh
Ramos         : tapi zam, caranya gimana?
Izam             : oh gambang ketik ngehancurin persahabat spasi nomor saya kirim ke bapakmu, di jamin pasti kenamarah
Bianca         : serius woi
Izam             : gini caranya , lo dateng kerumah rendi ,cinta,bunga,gigi,bryan, terus kita bikin surat yang buat mereka sakit hati dan buar mereka pasti ga sahabatan lagi
Ramos         : bagus juga wangsit lo
Bianca         : tapi kita belum ada yang tahu rumah mereka di mana
Izam             : di buku tulis mereka kan ada alamat rumahnya
Ramos         : ohh iya ya
Elisha           : kapan nih misinya di mulai ?, hari ini juga?
Izam             : ga tunggu air laut rasanya manis, ya hari ini lah!
Narrator      : duh mundar – mandir mundar – mandir cabe deh kaki akyu, baiklah dan setelah Bianca dan sahabatnya menyusun rencana mereka akan melaksanakan rencana mereka itu sepulang sekolah
Narrator      : bell masuk pun berbunyi, di percepat bell pulang pun berbunyi (keluar)
Rendi           : saya pulang ya hingga jumpa besok
Bunga          : iya saya juga
Cinta            : iya saya juga
Gigi               : iya saya juga
Bryan           : iya kita semua juga, udah udah pulang lupain duduk perkara hari ini
Rendi           : iya
Narrator      : rendi dan sahabatnya pun pulang kerumah masing – masing ya iyalah masak kerumah sama – sama ,
Narrator      : setelah rendi dan sahabatnya pulang misi Bianca dan sahabatnya pun mulai berjalan Bianca kerumah gigi dan bunga, izam kerumah rendi, Elisha kerumah cinta , dan ramos kerumah bryan, di mulai dari rumah gigi(keluar)
Bianca         : permisi?
Gigi               : (membuka pintu) eh lo ngapain kerumah gua?, dan lo tau dari mana?
Bianca         : gua tau dari bunga ouh ya ini ada surat dari bunga lo
Gigi               : (membaca surat) hah, jadi selama ini di nusuk gua dari belakang I hate you bunga, emm bilangin ya sama bunga gua ga mau sahabatan lagi sama orang yang munafik kyk dia
Bianca         : ya ya udah ya gua pulang
Gigi               : iya
Narrator      : berlanjut kerumah bunga (keluar)
Bianca         : permisi
Bunga          : ( membuka pintu ), eh eh ngapain kau kerumah aku?, ada yang penting, tau dari mana juga rumah saya disini?
Bianca         : emm gua tau rumah lo dari gigi, dan ini ada surat dari gigi buat lo
Bunga          : ( membaca isi surat ), ga nyangka ya selama ini ia mau nyaingin ke pinteran aku, dan mau cari – cari kesalahan saya di kelas , bilangin ya sama gigi itu ga osah dateng kesini lagi, dan anggap kita udah ga sahabatan lagi!
Bianca         : iya ya udah ya gua pulang dulu
Bunga          : iya
Narrator      : selanjutnya dari rumah rendi
Izam             : assalammualaikum
Rendi           : waalaikum salam, eh eh ada apa ya?, kok lo tau rumah gua?
Izam             : jadi gini ini ada surat dari bryan buat lo ia titip ini ke gua pas kalian tadi bubar buat pulang, dan gua juga tau dari ia kalo ini rumah lo
Rendi           : (membaca surat) hah, tega banget sih bryan Cuma gara – gara hal itu doang, em zam tolong ya bilangin sama orang itu gua ga mau sahabatan lagi sama dia
Izam             : baiklah ya udah ya gua pulang assalammualikum
Renda          : ya waalaikumsallam
Narrator      : selanjutnya di rumah cinta
Elisha           : ini bukan ya rumahnya , em kyk nya iya deh, permisi
Cinta            : iya sebentar (membuka pintu) eh lo ngapain kesini?
Elisha           : emm ini ada surat dari rendi buat kamu
Cinta            : kok mampu di lo?
Elisha           :eeeeeeeee, tadi ia titip sama aku
Cinta            : oke, (membaca surat) haha selama ini ia Cuma manfaatin gua aja , Elisha bilangin ya ke rendi itu , saya ga mau jadi sahabat ia lagi
Elisha           : i…i…ya ya udah ya saya pulang
Cinta            : ya udah
Narrator      : terakhir di rumah bryan
Ramos         : permisi!
Bryan           : iya iya bentar (sambil membuka pintu) lh lo ngapain kesini ? lo tau dari mana rumah gua, ya kalo ga ada yang penting mending lo pulang
Ramos         : gua tau dari cinta rumah lo, nih ia nitip surat buat lo
Bryan           : apaan nih
Ramos         : lo baca aja sendiri
Bryan           : (membaca surat) haha ga suka ya sama gua haha, bilangin ya sama tuh cewek, jangan ke gr’ran deh gua suka sama dia, dan bilang gua ogah jadi sahabat ia lagi, udah pulang sana
Ramos         : ye ini aja udah mau pulang
Narrator      : setelah mereka memberika surat itu , mereka kumpul di sebuah kawasan (keluar)
Bianca         : gimana berhasil ga?
Izam             : kalo gua mah berhasil
Elisha           : saya juga
Ramos         : gua juga dong
Bianca         : kita lihat aja nanti besok kyk gimana
Narrator      : keesokan harinya disekolah
Bunga          : haha dasar ya orang ga tau diri
Gigi               : eh lo tuh yang  munafik
Bryan           : dasar cewek ke gr’an
Cinta            : dih siapa yang ke gr’an, haha dasar perjaka gesrek
Rendi           : apa lo ngatain gua
Narrator      : bunga,cinta,rendi,gigi,dan bryan mereka saling bermusuhan sekarang sedangkan dengan Bianca dan sahabatnya
Bianca         : yes lihat tuh mereka ga kompak lagi kan
Izam             : haha iya
Elisha           : tapi dosa tau bikin orang musuhan
Ramos         : udah ga apa-apa kali
Narrator      : pembicaraan Bianca dan sahabatnya di dengar oleh rendi dan sahabatnya
Bunga          : jahat banget sih kalian
Gigi               : bayangin ya kalo kalian di posisi kita gimana?
Rendi           : pasti kalian duka dan marahkan
Bryan           : emang ya kalian itu ga ada hati
Izam             : jujur ini semua wangsit gua kok, gua ngaku gua sebel sama kalian kenapa kalian itu selalu bersama ga pernah ga bersama, gua minta maaf
Bianca         : iya saya juga minta maaf udah ngatain kalian
Elisha           : saya juga minta maaf kalo saya ada salah sama kalian ya kalo ga ada ga osah di manfaafin
Ramos         : iya gua juga minta maafya, boleh ga kita jadi sahabat kalian?
Rendi           : boleh kok
Bunga          : iya boleh
Cinta            : boleh 
Gigi               : boleh sekali
Bryan           : boleh asal jangan kyk kemarin ya
(narrator masuk)
Narrator      : kesannya Bianca dan sahabatnya menjadi sahabat rendi dan sahabatnya, demikianlah dongeng dari musuh jadi sahabat, mohon maaf jikalau ada kata – kata yang kurang di mengerti
(seluruh pemain kumpul dan serempak mengucapkan terima kasih)

Sumber : http://eksantioktavia.blogspot.co.id
Nah itu ia rujukan naskah drama singkat tema persahabatan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share ya. Jika sobat ingin menemukan rujukan drama lainnya, sobat mampu berkunjung ke blog ini www.contohdramapersahabatan.clickTerima kasih.