Konsultasi Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil

Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting adanya guna menjaga kesehatan perkembangan janin dalam kandungan. Ada banyak hal yang harus wanita hamil lakukan untuk menjaga kesehatan wanita hamil. Selain dengan menjaga asupan nutrisi, salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh wanita hamil ialah dengan rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan pribadi.

Sehubungan dengan kehamilan tersebut, jangan sungkan untuk menanyakan kepada dokter, berapakah usia kandungan anda. Biasanya, dokter akan menentukan berapa usia kandungan melalui 2 cara. Pertama, dokter akan bertanya kepada wanita hamil kapan terakhir kali menstruasi, karena semakin dini pemeriksaan, tentu saja alhasil akan akurat.

Selanjutnya, pada ketika konsultasi kesehatan ibu hamil, biasanya wanita hamil harus menjalani serangkaian pemeriksaan, ibarat cek darah dan TORCH. Pengecekan darah ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan wanita hamil secara keseluruhan, alasannya ialah pada umumnya wanita hamil seringkali mengalami anemia. Selain itu, wanita hamil juga harus melaksanakan prematial check up untuk mengetahui apakah wanita hamil menderita TORCH atau tidak.

Pada ketika konsultasi dokter, jangan lupa tanyakan bagaimana kondisi kehamilan. Secara garis besar, wanita hamil akan diminta untuk melaksanakan pemeriksaan USG guna mengetahui kondisi janin. Hal ini cukup bermanfaat supaya terhindar dari kantong kehamilan yang seringkali dialami oleh wanita hamil. Disamping itu, melaksanakan USG ini juga akan mendeteksi ada dan tidaknya kista dalam rahim wanita hamil.

Tak hanya itu, tanyakan juga komplemen ibu hamil yang mampu dikonsumsi. Secara garis besar, wanita hamil akan menganjurkan untuk mengkonsumsi komplemen atau vitamin yang mengandung asam folat. Biasanya, asam folat ini disarankan untuk dikonsumsi pada trimester pertama. Sedangkan tujuan dari sumbangan asam folat ini tak lain ialah untuk menunjukkan sistem imun kepada janin supaya terhindar dari cacat bawaan.

Selain bertanya tentang kehamilan dan kesehatan janin, ada baiknya kalau wanita hamil berkonsultasi mengenai keluhan yang ada, ibarat misalnya kaki terasa panas. Meskipun hal ini wajar terjadi pada wanita hamil, namun tetap konsultasikan keluhan ini supaya mendapat penanganan lanjutan. Dari keluhan ini, biasanya dokter akan menyarankan untuk merendam kaki wanita hamil dengan air hangat dan melaksanakan pijatan. Namun kalau dirasa kaki masih terasa panas, maka dokter akan menunjukkan tindakan medis.

Sehubungan dengan peregangan kulit yang terjadi pada perut, pada umumnya wanita hamil akan mencicipi gatal-gatal. Jika memang gatal masih dalam kondisi yang wajar, usapkan minyak essential untuk mengatasinya. Namun kalau gatal yang dirasa berlebihan, maka konsultasikan kepada dokter karena biasanya hal ini merupakan adanya gangguan hati dan peningkatan asam empedu.

Nah, itulah sedikit berita mengenai konsultasi yang harus dilakukan oleh ibu hamil seputar kesehatan ibu dan juga janin. Semoga berita ini bermanfaat.

Ringkasan:

  • Pentingnya melaksanakan konsultasi kepada dokter ketika sedang hamil.
  • Lakukan serangkaian pemeriksaan yang disarankan dokter untuk mendeteksi adanya hal yang tak diinginkan.
  • Jangan lupa, konsultasikan seputar keluhan ibarat kaki terasa panas dan kulit diarea perut yang gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *