Kitab Kitab Tuhan Pengertian Iman dan Hikmahnya

Hai semuanya, kali ini saya admin dari ingin membuatkan sebuah bahan penting untuk sahabat semua, yaitu kitab kitab allah dan para nabi penerimanya. Nah kita juga akan mencari tahu juga seberapa pentingnya doktrin kepada kitab Tuhan dam juga apa sih pesan yang tersirat beriman kepada kitab Tuhan tersebut.

Didalam agama kita (islam) terdapat 4 kitab yang wajib kita imani, yaitu:

  1. Kitab Taurat, yang diberikan kepada Nabi Musa as
  2. Kitab Zabur, yang diberikan kepada Nabi Daud as
  3. Kitab Injil, yang diberikan kepada Nabi Isa as
  4. Kitab Al-Quran, yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW
Nah kita wajib untuk doktrin kepada kitab Tuhan tersebut. Tidak hanya Al-Quran saja yang wajib kita imani, kitab-kitab terdahulu yang diturunkan kepada Nabi-Nabi terdahulu juga wajib kita imani.
Pengertian doktrin kepada kitab Allah
Tuhan SWT menurunkan semua kitab tersebut kepada para Nabi tujuannya yaitu biar semua umat menyembah hanya kepada-Nya, bukan kepada bulan, matahari, berhala dan benda-benda lainnya. Tujuan utama dari semua kitab diatas yakni itu, tapi banyak dari isinya sekarang ini yang sudah tidak murni lagi, kecuali Al-Quran. Isinya banyak yang sudah dirubah oleh insan yang menyebabkan kitab-kitab tersebut menjadi tidak murni lagi.
Berbeda dengan kitab sebelum-sebelumnya, kitab suci Al-Quran selalu dijaga keasliannya oleh Tuhan SWT. Tidak ada sedikitpun yang berubah semenjak pertama kali diturunkan kepada Tuhan SWT kepada Nabi Muhammad, hingga sekarang ini. Semua isinya masih otentik.
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tolong-menolong mengenai kitab kitab Allah dan apa saja sih isi yang terkandung didalamnya.

Pengertian Iman Kepada Kitab Kitab Allah

Iman berarti percaya. Berarti doktrin kepada kitab Tuhan mampu diartikan sebagai berikut:
Iman kepada kitab Tuhan yakni mempercayai dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari bahwa Tuhan SWT telah menurunkan kitab kitab-Nya kepada para Nabi-Nabi terpilih yang memiliki tujuan utama biar semua umat menyembah hanya kepada-Nya, bukan kepada lainnya.
Setelah kita mengetahui pengertian iman, selanjutnya kita coba kupas, isi dari masing-masing kitab suci tersebut itu apa, dan apa saja yang terkandung didalamnya.
Kitab Taurat
kitab kitab Tuhan Taurat
Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa as. Berbahasa ibrani dan memiliki isi pokok yang dikenal dengan nama Ten Commandements atau sepuluh firman yang diterima kepada Nabi Musa as dibukit Tursina yang ditujukan kepada Bani Israil.
10 Firman tersebut antara lain :

  1. Hormati dan cintai Tuhan satu saja
  2. Sebutkan nama Tuhan dengan hormat
  3. Kuduskan Hari Tuhan (Sabtu)
  4. Hormati Ibu Bapakmu
  5. Jangan Membunuh
  6. Jangan berbuat cabul
  7. Jangan mencuri
  8. Jangan berdusta
  9. Jangan ingin berbuat cabul
  10. Jangan ingin memiliki barang orang lain dengan cara yang tidak halal

Kitab Zabur
kitab kitab Tuhan Zabur
Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud as. Berbahasa Qibti. Kitab Zabur yang merupakan salah satu dari kitab-kitab Tuhan ini mengandung kumpulan ayat-ayat yang dianggap suci. Terdapat 150 surah dalam Kitab Zabur yang tidak mengandung hukum-hukum, tetapi hanya berisi nasihat-nasihat, pujian, hikmah, dan sanjungan kepada Tuhan Swt.
Secara garis besar, nyanyian rohani yang disenandungkan oleh Nabi Daud as. dalam Kitab Zabur terdiri atas lima macam: 
  1. Nyanyian untuk memuji Tuhan (liturgi).
  2. Nyanyian perorangan sebagai ucapan syukur.
  3. Ratapan-ratapan jamaah.
  4. Ratapan dan doa individu.
  5. Nyanyian untuk raja.
Adapun nyanyian kebanggaan dalam Kitab Zabur (Mazmur: 146) antara lain: 
  1. Besarkanlah olehmu akan Tuhan hai jiwaku, pujilah Tuhan.
  2. Maka saya akan memuji Tuhan. seumur hidupku, dan saya akan nyanyikan pujian-pujian kepada Tuhanku selama saya ada.
  3. Janganlah kau percaya pada raja-raja atau bawah umur Adam yang tiada mempunyai pertolongan.
  4. Maka putuslah nyawanya dan kembalilah ia kepada tanah asalnya dan pada hari itu hilanglah segala daya upayanya.
  5. Maka berbahagialah orang yang memperoleh Ya’qub sebagai penolongnya dan yang menaruh harap kepada Tuhan.
  6. Yang menyebabkan langit, bumi dan laut serta segala isinya, dan yang menaruh setia hingga selamanya.
  7. Yang membela orang yang teraniaya dan memberi makan orang yang lapar. Bahwa Tuhan membuka rantai orang yang terpenjara.

Kitab Injil
kitab kitab Tuhan Injil
Kitab Alkitab diturunkan kepada Nabi Isa as. Kitab injil diturunkan dengan tujuan sebagai petunjuk dan cahaya penerang bagi manusia, dalam hal ini berisi ihwal tauhid.
Alkitab yang kita temui sekarang ini sudah tidak asli lagi, alasannya yakni sudah dirubah oleh tangan insan menyerupai layaknya kitab suci taurat.
Didalam injil isi pokoknya yaitu supaya insan hanya menyembah satuTuhan saja yaitu Tuhan SWT, dan tidak menyekutukan-Nya. Seperti tertulis pada Q.S Al Hadd /57:27.
Kitab Al-Quran
kitab kitab Tuhan Al-Quran
Kitab Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang merupakan nabi terkahir yang ada dimuka bumi. Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Firman pertama yang turun yakni surat Al-Alaq ayat 1-5 yang diturunkan kepada Nabi ketika berada di gua Hira.
Al-Quran yakni kitab suci terakhir dan merupakan penyempurna dari kitab-kitab suci terdahulu. Al-Quran selalu terjaga keasliannya, alasannya yakni Tuhan sendirilah yang menjaga biar Al-quran selalu asli.
Isi dari Al-Quran ini mampu diadaptasi dengan perkembangan zaman, artinya mampu digunakan kapan saja hingga kiamat nanti. Kitab ini berlaku untuk semua umat yang ada didunia ini tanpa terkecuali.

Hikmah Iman Kepada Kitab Allah

  1. Meningkatkan keimanan kita bahwa Tuhan SWT telah menurunkan kitab-kitab sucinya kepada para Nabi terpilih.
  2. Hidup kita menjadi teratur dan sesuai dengan apa yang diridhai Tuhan SWT
  3. Membuat kita semakin Taqwa kepada Tuhan SWT
  4. Semakin membuat kita termotivasi untuk beribadah, terutama membaca kitab suci Tuhan SWT.
Nah sekian artikel mengenai kitab-kitab suci Allah. Mulai dari pengertian, isi pokok masing-masing kitab suci Tuhan dan juga hikmahnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share bila bermanfaat.